Parpol. (net)

Selasa, 21 November 2017 - 11:21 WIB 12150000

Ada 4 Parpol Baru Peserta Pilpres 2019, Menurut Pengamat Suasana Politik Makin Ramai

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Hingga saat ini parpol yang akan ikut sebagai peserta Pemilu 2019 masih dalam tahap proses persyaratan administrasi, demikian Anggota KPU Provinsi Riau Divisi Hukum dan Pengawasan, Ilham Muhammad Yasir.

Ditemui di ruang kerjanya di Pekanbaru pada Selasa (21/11/2017) mengatakan, kepastian partai politik yang akan ikut atau sebagai peserta pemilihan umum baik pilpres maupun pemilihan legislatif 2019 baru akan diketahui pada tanggal 12 Februari 2018 mendatang.

Namun demikian sudah hampir bisa dipastikan, parpol peserta pemilu, disamping akan ada parpol lama yang sudah ikut pada periode sebelumnya, akan ada juga parpol baru yang belum ada sebelum-sebelumnya.

Dari 14 parpol sudah dinyatakan lengkap persyaratan administrasi sebelumnya, yaitu 10 parpol lama ditambah 4 parpol baru.

"10 Parpol lama yang sudah diproses itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat (PD), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Empat yang baru yang sudah diproses juga adalah Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Berkarya, Partai Garuda dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia)," kata dia.

Disamping itu menurut Ilham lagi, ada 9 parpol lain lagi yang wajib diimbau lagi untuk sebagai calon peserta pemilu berdasarkan apa yang disampaikan Bawaslu RI walau sebelumnya tidak termasuk yang bisa melengkapi persyaratan administrasi dan untuk melengkapi.

Parpol yang dimaksud adalah Partai Bulan Bintang (PBB), PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia),, Partai Idaman, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia, serta Partai Indonesia Kerja.

"Seluruh parpol itu sedang proses administras persyaratan sampai tanggal 1 Desember 2017 mendatang. Tanggal 12 Februari 2018 baru akan diketahui kepastian Parpol yang akan ikut atau peserta Pemilu. Kalau semuanya memenuhi persyaratan, akan ada 23 Parpol yang ikut. Khusus bagi Parpol baru, tanggal 15 Desember 2017 akan dilakukan uji faktual. Akan dilakukan pengecekan satu per satu ke lapangan," kata dia.

Salah seorang pengamat politik Riau dari Fisip UIR, Zaili Rusli, mengatakan, dengan adanya pertambahan parpol baru, akan dipastikan menambah 'hiruk pikuknya' suhu pplitik yang terjadi. Apalag dari sekian parpol baru yang akan muncul, ada beberapa parpol yang akan diminati nasyarakat.

"Seperti partai Perindo, saya pikir pasti lolos dan punya kans besar jadi salah satu pilihan masyarakat," kata dia.

Diakuinya juga, memang tidak semua parpol baru yang akan bisa memberikan 'perlawanannya' nanti.

Tapi ini kata dia tetap akan membuat ramainya suasana politik yang terjadi.

"Walau banyak juga muncul parpol baru, tapi saya rasa tidak semuanya yang diminati masyarakat. Persaingan masih akan tetsp didominasi partai-partai besar yang sudah ada. Ditambah beberapa saja parpol baru yang kita lihat 'serius' dibentuk, salah satunya seperti Perindo, yang lain saya rasa belum terlihat," kata dia. (RB/MC)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Hari ini Setya Novanto Dinonaktifkan

Selasa, 21 November 2017 - 08:52 WIB

Nazarudin Bilang Begini Setelah KPK Menahan Setya Novanto

Senin, 20 November 2017 - 16:07 WIB

Sekda Riau: Tahun Politik, Stabilitas Keamanan Terpenting

Minggu, 19 November 2017 - 23:32 WIB

Siapa Calon Pengganti Setya Novanto sebagai Ketum Golkar?

Minggu, 19 November 2017 - 10:30 WIB
Gerakan Antikorupsi

Catatan Najwa, Papa Kenapa

Sabtu, 18 November 2017 - 22:52 WIB

Rp75 Miliar APBD Riau untuk KPU, Sekda: Akan Dipenuhi

Rabu, 15 November 2017 - 12:17 WIB

Donald Trump Lebih Percaya Putin Ketimbang Intelijen AS

Minggu, 12 November 2017 - 19:17 WIB

Desa-desa di Riau Dapat Rp1 Miliar, Sedang Diperjuangkan

Jumat, 10 November 2017 - 11:16 WIB

Ratusan Kader PKS Riau Dilatih untuk Bisa Jadi Pemimpin

Jumat, 10 November 2017 - 10:44 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia