Carlos Slim Helu. (bbc)

Senin, 15 Mei 2017 - 01:56 WIB 36830000

Pria Tua Ini Miliki Uang Rp923 Triliun, Tapi Tinggal di Rumah Kecil dan Tak Hirau Sinterklas

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Carlos Slim Helu, adalah pria tua yang dimaksud, karena umurnya sudah lebih 68 tahun, dan tentunya dia adalah pengusaha sukses yang sempat dijuluki sebagai orang terkaya di dunia.

Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Carlos yang berasal dari Meksiko ini memiliki harta senilai US$ 67,2 miliar atau Rp 923 triliun (Kurs Rp 13.738 per dolar AS).

Namun Carlos yang tinggal di rumah sederhana yang ia beli 30 tahun lalu, dengan kamar yang tidak terlalu luas.

Berikut adalah penggalan kisah Carlos dikutib RiauBook.com dari berbagai sumber, BBC, Fortune dan Forbes.

BBC menyebut, kesuksesan Carlos Slim Helu merupakan salah satu manusia terkaya namun hidup dengan sangat sederhana.

Kesuksesan yang diraih tidak gampang, banyak rintangan dan juga pernah mengalami kegagalan.

Miliuner bidang telekomunikasi asal Meksiko, Carlos Slim Helu, memiliki kekayaan lebih 60 miliar dolar dan mengalahkan pendiri Microsoft, Bill Gates, sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Fortune.

Kinerja yang kuat dari perusahaan milik Slim di bursa saham Meksiko pada beberapa tahun lalu telah mendorong Gates ke urutan kedua, setelah tokoh terkemuka bidang perangkat lunak itu menduduki peringkat pertama orang terkaya sedunia selama sedikit-dikitnya satu dasawarsa.

Perluas Bisnis

Sementara itu Fortune menulis, Slim terus memperluas bisnis ponselnya maupun bisnis lain di seantero Amerika Latin.

Perusahaan-perusahaan keluarga Slim setara lebih dari lima persen produk domestrik bruto Meksiko tahun lalu, dan sepertiga perusahaan yang terdaftar di bursa saham Meksiko adalah perusahaan-perusahaan di bawah kendalinya.

Fortune menjulukinya John D Rockefeller masa kini, merujuk industrialis AS yang meraih kekayaan sangat besar pada awal abad 20.

Perusahaan milik Slim meliputi perbankan, otomotif dan telekomunikasi. Teléfonos de Mexico (Telmex) mengendalikan 92 persen saluran telepon di negara itu.

Dia lebih dikenal sebagai seorang yang cermat daripada seorang flamboyan. Layanan nirkabel America Movil miliknya, yang menguasai 70 persen pasar, awalnya adalah pabrik ban. Dia dikenal selalu mengenakan arloji plastik.

Sang Ayah

Ayahnya adalah seorang imigran asal Lebanon yang membuka toko di Mexico City pada 1902 dan selanjutnya membeli real estat komersial saat revolusi pada 1910.

Slim kuliah insinyur pada dasawarsa 60-an sebelum memulai karir sebagai pialang saham. Selanjutnya dia mulai mengambilalih berbagai perusahaan semasa krisis ekonomi di Amerika Latin pada dasawarsa 80-an.

Ketangguhan Slim dalam berbisnis banyak dipengaruhi sang ayah, Yusef Salim Haddad. Benar, Carlos yang lahir di Mexico City, 28 Januari 1940 itu adalah putra seorang Timur Tengah. Lebanon tepatnya.

Yusef yang merupakan seorang Kristen Lebanon sendiri datang ke Mexico pada 1902, setelah melarikan diri dari negaranya.

Sang ayah inilah yang membangun toko barang kebutuhan, yang diberinya nama La Estrella del Oriente (Bintang Timur).

Suatu hari, dia berspekulasi membeli beberapa real estat utama di pusat kota. Pilihan Yusef yang tepat itu segera mengubah kehidupan ekonomi keluarganya.

"Dia mengajarkan keberanian. Dia ajarkan, tak peduli seberapa jelek krisis yang terjadi, Meksiko tidak akan hilang. Bila saya mempercayai negara ini, investasi yang cermat akhirnya akan membayar," kata Carlos, memuji sang ayah. Sayang, pada tahun 1952, Yusef meninggal.

Kuliah di Mexico

Carlos yang menyandang gelar insinyur teknik sipil dari National Autonomous University of Mexico pada 1961 itu sempat juga mengajar Aljabar dan Linear Programming. Selain itu, dia juga sempat mengajar di lembaga internasional, Economic Commission for Latin America and the Caribbean (ECLAC).

Carlos ternyata seberani sang ayah. Pada tahun 1990 dia membeli Telmex dari pemerintah, dengan menggandeng Southwestern Bell Corp dan France Telecom.

Saat itu kondisi Telmex sangat morat-marit. Tanpa gentar, Carlos mengubah perusahaan yang merugi itu menjadi pencetak uang.

Sempat ia dikritik telah menaikan tarif telepon di negaranya. Namun, dengan tekad bulat untuk memperbaiki pelayanan telepon di Mexico, berupa tawaran sambungan lokal, interlokal, selular, internet dan direktori telepon, akhirnya kerja kerasnya berbuah manis.

Kerajaan telekomunikasinya mampu mencapai penjualan tahunan hingga 16 miliar dolar AS. Kini Telmex menjelma perusahaan telekomunikasi terbesar di Mexico.

Tak hanya itu, baru-baru ini Telmex American tercatat sebagai salah satu perusahaan disegani di New York Stock Exchange.

Kerajaan bisnis Carlos terus berkembang. Ia pula pemilik Prodigy Inc -- perusahaan jasa internet ketiga di AS. Tak hanya itu, Carlos pun kini mengendalikan perusahaan keuangan Grupo Financiero Inbursa, dan industri retail, Grupo Carso.

Di AS, Februari 2006 lalu Carlos mengincar CompUSA. Lewat perusahaannya, Grupo Sanborns, Carlos menawar CompUSA 800 juta dolar AS.

Ia juga tercatat sebagai anggota komisaris Philip Morris dan SBC. Jabatan Presiden New York Stock Exchange juga pernah diembannya. Sederet penghargaan mancanegara pernah diraih Carlos. Selain Merit Medal of Honor dari Kadin Mexico, ia juga sempat dianugerahi Golden Plate Award oleh American Academy of Achievement, serta Leopold II Commander Medal dari Pemerintah Belgia

"Kalau anda hidup berdasarkan pendapat-pendapat orang, sama saja anda mati. Saya tidak mau hidup sambil memikirkan bagaimana orang akan mengenang saya," kata Slim. Terdapat kritik bahwa Telmex sebenarnya memonopoli.

Dia mencemooh Gates dan para dermawan lain seperti maha guru bidang investasi, Warren Buffett, karena mendermakan banyak harta mereka.

"Kemiskinan tidak diatasi dengan pemberian sumbangan. Membangun usaha adalah lebih berguna bagi masyarakat, dibanding berkeliling seperti Sinterklas," konon katanya. (RB/fzr/bbc/fortune)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Wan Thamrin Dua Kali 'Gusur' Andi Rachman

Minggu, 14 Mei 2017 - 22:34 WIB

Intip Kehidupan Shireen Sungkar

Sabtu, 13 Mei 2017 - 19:19 WIB

Siapa Sangka, Wanita Seksi ini Usianya 50 Tahun

Jumat, 12 Mei 2017 - 12:08 WIB

Foto-foto Nia Ramadhani Lahirkan Anak Ketiga

Kamis, 11 Mei 2017 - 09:17 WIB

Ini Nenek Paling Seksi di Dunia Maya

Rabu, 10 Mei 2017 - 10:35 WIB

Donald Trump Pecat Dirut FBI

Rabu, 10 Mei 2017 - 10:02 WIB

3 Siswi SMK Terbaik di Riau, Ini dia

Jumat, 05 Mei 2017 - 13:14 WIB

Panggil Saja Andi Rachman

Senin, 01 Mei 2017 - 23:07 WIB

Manusia Tertua Dunia, Mbah Gotho Meninggal Dunia

Minggu, 30 April 2017 - 21:25 WIB

Cari Judul Berita





Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize