Ist.

Rabu, 17 Mei 2017 - 13:23 WIB 1450000

Kantor Berita PBB Angkat Kehidupan Nekat Nelayan Indonesia Hingga Jadi Finalis Dunia

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Kehidupan nekat para nelayan di Pulau Kaledupa, Indonesia, menjadi sorotan bagi media yang menjadi kantor berita Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), bahkan tema menyedihkan itu membuat media ini menjadi finalis di The Society of Publishers di Asia (SOPA) Announces 2017 Awards for Editorial Excellence.

The Society of Publishers di Asia (SOPA) adalah sebuah organisasi yang didedikasikan untuk praktek terbaik dalam penerbitan profesional, disajikan 17 kategori penghargaan untuk jurnalisme yang beredar di dunia setiap tahun, Choice SOPA untuk Editorial Excellence gala dinner di konvensi Hong Kong dan Exhibition Centre, pada 15 Juni 2017.

Lewat surat elektronik yang diterima RiauBook.com pada Rabu (17/5/2017), salah satu finalis dalam penghargaan bergensi itu untuk kategori video kemanusiaan adalah IRIN (formerly terintegrasi informasi jaringan Regional) bertindak sebagai sebuah kantor berita yang berfokus pada kemanusiaan cerita di daerah yang sering dilupakan.

Kali ini, IRIN, kantor berita PBB untuk koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengangkat tema/judul; "Mengapa Fisherman Indonesia Mempertaruhkan Semuanya".

Dalam videonya, IRIN mengisahkan kehidupan seorang nelayan di Pulau Kaledupa, Indonesia, yang sehari-hari melakukan aktivitas pencarian ikan.

Pria yang menjadi narasumber IRIN adalah seorang dewasa berkumis, sebelah mata dan tangannya telah rusak terkena bom ikan yang dibuatnya sendiri.

Namun nelayan malang yang kehilangan mata dan tangan sebelah kirinya itu tetap melakukan aktivitas pencarian ikan seperti biasanya, menggunakan bom yang membuat trumbu karang di Pulau Kaledupa kian rusak dan musnah.

IRIN dalam kisahnya, bertujuan untuk menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya kelestarian trumbu karang untuk keberlanjutan hewan-hewan laut di masa yang akan datang.

Dengan video bertema yang menggugah hati itu, IRIN berhasil menjadi finalis dalam ajang bergengsi untuk penghargaan media di seluruh dunia oleh The Society of Publishers di Asia (SOPA).

Media yang berpartisipasi untuk berkompetisi menjadi juara di 17 kategori, termasuk dua kategori baru yang dimulai tahun ini.

Keunggulan dalam jurnalistik inovasi dan keunggulan dalam video pelaporan adalah untuk mencerminkan berkembangan lanskap media daerah dan dalam penggunaan alat-alat digital dan video pendek.

Entri dinilai oleh panel juri dari lebih dari 100 profesional media, termasuk wartawan, editor dan kolumnis dari beberapa publikasi yang paling berpengaruh di kawasan itu, bersama dengan akademisi dari sejumlah sekolah jurnalisme terkemuka di Asia.

Para pemenang akan diumumkan pada SOPA Awards Gala Dinner yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Juni 2017 di Hong Kong Convention and Exhibition Centre.

SOPA 2017 Awards for Excellence Editorial didukung oleh Invest Hong Kong (Platinum Sponsor), Google dan Facebook (keduanya menjadi sponsor utama).

FleishmanHillard, Media OutReach dan Teknologi Tinggi Printing Group Limited memberikan SOPA dengan dukungan masing-masing pada public relations, Newswire dan jasa percetakan. (RB/fazar/rls)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Bandara Changi Singapura Ditutup

Selasa, 16 Mei 2017 - 22:45 WIB

Berikut Daftar Nama 4 Kapolres yang Baru

Selasa, 16 Mei 2017 - 14:13 WIB

Donald Trump Sedang Cari Direktur FBI Baru

Minggu, 14 Mei 2017 - 07:31 WIB

Korut dan AS Berdamai?

Sabtu, 13 Mei 2017 - 18:31 WIB

Cari Judul Berita





Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize