Ilustrasi hamparan perkebunan. (net)

Minggu, 03 September 2017 - 17:04 WIB 1850000

Wagubri Bicara Soal PAD, dari Pemanfaatan Sektor Perkebunan hingga Penguatan Dinas ESDM dan Bapenda

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menumpahkan pemikirannya terkait penguatan pendapatan asli daerah (PAD). Ada banyak yang beliau sampaikan, dimulai dari memaksimalkan sektor perkebunan hingga penguatan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Pendapatan Derah (Bapenda).

Sejumlah sektor yang selama ini potensinya terabaikan juga harus dapat dimaksimalkan agar bisa menjadi tumpuan untuk pembangunan.

Menurut Wan Thamrin, perlunya berpikir lebih keras lagi dalam menggenjot sektor-sektor yang memungkinkan untuk meningkatkan PAD. Karena Riau yang selama ini terbuai dengan Dana Bagi Hasil (DBH) migas tak lagi bisa diandalkan.

"Inilah yang harus dikejar. Coba kita berpaling mata, tak lagi semata mengharapkan mimpi-mpin DBH yang besar, tapi bagaimana menciptakan PAD yang bisa dihandalkan," kata Wan Thamrin belum lama ini.

Apalagi menurut Wan lagi, sektor migas ke depan ada kecenderungan menurun meski masih berpluktuatif. Karena itu, pihak terkait harus berani mengambil langkah-langkah perbaikan dalam berpikir, agar perekonomian dan pembangunan tetap berjalan baik. Di antaranya menggenjot PAD dari sektor Perkebunan, kehutanan pertambangan.

Khusus sektor perkebunan menurut Wan Thamrin, sangat memungkinkan dimaksimalkan lagi dengan alasan luasan hamparan perkebunan yang ada di Riau.

"DBH itu kita jadikan saja pendapatan yang konstan. Tapi bukan PAD dari pajak kendaraan, bukan itu. Dalam undang-undang itukan PBB itu ada lima, satu dan dua milik kabupaten kota. Yang tiga sampai lima milik provinsi. Nah ini sudah instens nggak. Ada PBB Perkebunan, Kehutanan dan Pertambangan," ujar Wan.

Jutaan hamparan hektar mulai dari sawit dan karet harusnya menjadi aset yang luas biasa untuk meningkatkan PAD. Bukan sebaliknya, Riau hanya kebagian asap. Wan bahkan mengaku telah memberikan masukan kepada Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman agar tidak ragu menggenjot di sektor perkebunan ini.

"Masa iya, perkebunan seluas ini di Riau cuma asap aja dibaginya. Sudah semestinya kita menerima hasilnya. Kalau prinsip saya, kemarin saya ngomong sama pak Gubernur, keras saja pak. Kalau menerima fadahnya, kita babat saja," tegas Wan Thamrin.

Selain di sektor perkebunan, sektor pertambangan juga mestinya bisa lebih ditingkatkan lagi. Seluruh potensi itu harus diinventarisir lagi berapa jumlah potensi yang bisa dimanfaatkan bahkan yang belum tergali di kabupaten kota di Riau. Hal ini pulalah yang menjadi harapan ke depan, dua jabatan yakni Kepala Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau yang saat ini sedang dilakukan assesment, mesti memiliki komitmen dan kemampuan yang kuat untuk mengenjot PAD di Riau.

"Karena hapal betul, saya mantan Kadispenda. Waktu pembahasan undang-mundang pertama di Jakarta mewakil Provinsi Riau ikut menelurkan undang-undang itu. Kemudian sayakan mantan Kadistamben (sekarang ESDM)," ujar Wan lagi.(RB/)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
redaksi riaubook

Berita Terkini

Asep Ruhiat: Saya Dibesarkan Media

Minggu, 03 September 2017 - 13:46 WIB

Doa Biaggi untuk Valentino Rossi yang Patah Kaki

Sabtu, 02 September 2017 - 10:01 WIB

Gubernur Riau Senyum Sepanjang Jalan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 22:43 WIB

Heboh Lagi, SBY Jabat Tangan Megawati

Jumat, 18 Agustus 2017 - 13:42 WIB

Inikah Wanita Pertama yang akan jadi Presiden Singapura?

Selasa, 08 Agustus 2017 - 09:43 WIB

Ini Profil Peraih Beasiswa Sayap Garuda

Senin, 07 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Arlizman Agus Tak Lagi Jabat Kadishub Riau

Senin, 31 Juli 2017 - 14:23 WIB

Masih Adakah Ketua DPR RI Sejujur Sartono?

Selasa, 18 Juli 2017 - 20:06 WIB

Rahasia Sukses Rudi Fajar

Senin, 17 Juli 2017 - 11:36 WIB

Arief Hidayat Kembali Jabat Ketua MK

Jumat, 14 Juli 2017 - 13:43 WIB

Pengamen Ini Menguasai Semua Genre, Termasuk Jazz

Selasa, 11 Juli 2017 - 09:51 WIB

Jenderal Tito Ingin Pensiun Dini dari Kapolri

Senin, 10 Juli 2017 - 15:06 WIB

Mengejutkan, Muzdalifah Gugat Cerai Suami

Senin, 03 Juli 2017 - 09:51 WIB

Akhirnya, Anak Menteri Susi Sah Jadi WNI

Sabtu, 24 Juni 2017 - 06:12 WIB

Senja di Malam Ramadan Ke-20.

Kamis, 15 Juni 2017 - 01:12 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia