Suasana Nobar SMP Se-Pangkalan Kerinci.

Sabtu, 30 September 2017 - 21:27 WIB 2130000

Nobar G30S PKI, Siswa SMP Terperanjat Indonesia Punya Sejarah Kelam Pemberontakan

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Sekitar 1.000 Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, nonton bareng Film G30S PKI yang ditaja Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (KB FKPPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) Pelalawan, di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Sabtu (30/9/2017).

Terlihat hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Pelalawan Syafruddin, Danramil 09/LGM, Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Usril, Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Bernas Warsono, Kepsek SMPN 3, Kepsek SMPN 1 Abu Thoyib, Kepsek SMPN 2 Lubis, Wakil Ketua P2RP2A Kabupaten Pelalawan Yulmida, serta para guru dan orang tua murid.

Kadisdik Kabupaten Pelalawan Syafruddin dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa kegiaatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian anak negeri dalam menjaga dan sekaligus mengingatkan perjalanan sejarah bangsa ini yang pernah kelam akibat pemberontakan G30S PKI. "Kita sangat mendukung kegiatan nobar yang digelar KB FKPPI dan PPM Kabupaten Pelalawan ini, dimana untuk kembali mengingatkan betapa negara kita ini punya tragedi yang cukup tragis ditahun 1965 yang lalu," ujar Kadisdik.

Masih menurutnya lagi, kegiatan nobar ini sudah dilakukan oleh seluruh warga masyarakat dengan maksud untuk dapat menciptakan dan meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan disaat-saat negara ini mulai diterpa krisis mental dan moral

"Nilai kebangsaan dan nasionalisme itu mulai memudar dan dikhawatirkan benih-benih pergerakan PKI dan intoleran bakal bermunculan sehingga diperlukan penguatan nilai-nilai nasionalusme dan jiwa patriotik bagi putra bangsa," jelas Syafruddin dengan tegas.

Padahal semacam PKI sudah sangat jelas terlarang dan merupakan juga dilarang beraktifitas di bumi indonesia. Apalagi akhir-akhir ini disaat intoleran muncul ditengah masyaeakat, kegiatan simpatisan maupun pendukung PKI juga ikut muncul.

"Ini sangat perlu diwaspadai bagi generasi muda. Para siswa sangat penting diberi pemahaman betapa PKI itu merupakan musuh negara yang pernah menorehkan luka di hati rakyat indonesia," kata dia lagi.

Kata Ia lagi bahwa apa yang sudah terjadi jangan terulang lagi, sehingga kejadian yang pernah dialami bangsa ini dapat menjadi contoh dan pemahaman yang baik bagi generasi bwrikutnya.

"Jelas bagi siswa-siswa yang lahir diatas tahun dua ribuan tidak pernah tahu persis bagaimana pemberontakan G30 SPkI itu terjadi. Mungkun hanya sebatas baca buku. Nah hari ini kita dapat menyaksikan bentuk dari kekejaman yang dilakukan PKI kepada putra-putra terbaik bangsa," ungkap Kadisdik Syafruddin.

Begitu juga dengan Danramil 09 /LGM Kapten Art Esron Sihotang saat memberikan sepotong kata narasi dihadapan siswa SMP nobar ini, menyebutkan bahwa pemutaran film ini sudah merupakan arahan dari pimpinan TNI untuk lebih mempererat rasa kebangsaan dan jiwa nasionalisme. "Jadi kita berharap dengan adanya nobar ini akan dapat lebih mempertebal rasa persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Selanjutnya Esron Sihotang kembali menambahkan betapa nabar ini akan dapat mengingatkan akan perjalanan sejarah bangsa indonesia yang pernah mengalami suatu bentuk revolusi pemberontakan yang berujung tewasnya putra terbaik bangsa. "Akibat kekejaman yang mereka lakukan (PKI, reds) sampai membuat generasi penerus untuk selalu mengingatnya. Nah nobar inilah jalan terbaik buat geerasi muda yang belum pernah tahu akan G30S PKI itu terjadi dan akan dapat melihatnya dengan jelas dan terperinci," kata dia.

Diakhir kata, Danramil yang cukup dekat dengan organisasi ini mengucapkan terima kasih atas kesediaan KB FKPPI dan PPM melaksanakan nobar ini. "Semoga siswa SMP ini dapat memetik hikmahnya," kata E Sihotang. (RB/ton)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
anthon dalemunte

Berita Terkini

KB FKPPI dan PPM Kabupaten Pelalawan Gelar Nobar G30S PKI

Sabtu, 30 September 2017 - 19:56 WIB

IBI Mitra Pemerintah, Itu Kata Bupati Yopi

Jumat, 29 September 2017 - 13:12 WIB

Penuh Haru, Pisah Sambut Kapolres Kepulauan Meranti

Jumat, 29 September 2017 - 11:30 WIB

Meranti Tuan Rumah MTQ Riau 2018, Ini Harapan Bupati Irwan

Kamis, 28 September 2017 - 11:11 WIB

Warga Meranti Apresiasi Dana Desa

Kamis, 28 September 2017 - 11:06 WIB

RTRW Bukan Hukum Newton, Ketika Ada Aksi Baru Ada Reaksi

Senin, 25 September 2017 - 12:15 WIB

Polantas Rohul Konvoi Bersama Geng Motor

Senin, 25 September 2017 - 09:45 WIB

Mau Nikah Siri Daftar Lewat Online? Sudah 2.700 Pendaftar

Minggu, 24 September 2017 - 20:24 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia