Ilustrasi. (net)

Rabu, 11 Oktober 2017 - 20:35 WIB 2490000

Di Meranti Jaringan Listrik PLN Sering Konsleting

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Tidak ingin kejadian kebakaran rumah akibat hubungan arus pendek, anggota DPRD Kepulauan Meranti, Riau, Muzamil Baharudin minta kepada pihak PLN Rayon Selatpanjang agar melakukan berbagai tindakan.

Seperti sosialisasi bahaya listrik, dan cara pengamanan yang tepat, serta melakukan pengecekan di rumah-rumah penduduk terkait standarisasi instalasi listrik yang ada di rumah-rumah penduduk.

Dengan demikian kejadian yang memilukan bahkan merenggut nyawa masyarakat itu tidak perlu terjadi lagi.

Selain itu anggota dewan terhormat ini juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, agar ekstra hati-hati berhadapan dengan listrik.

Penggunaan listrik di rumah harus benar-benar aman dan jangan coba-coba menyambung listrik dari rumah ke rumah tanpa persetujuan instansi terkait.

Selain itu, terhadap alat-alat yang menggunakan listrik, jangan terpasang secara terus menerus, jika sudah selesai digunakan segra dicabut.

Kadang seperti setrika misalnya walau sudah selesai menyetrika, namun tetap terbiark terhubung dengan listrik, itu sangat beresiko.

Banyak lagi alat-alat elektronik yang tidak digunakan agar dijauhkan dari arus listrik. Seperti carger telepon genggam, yang secara tidak sadar kita biarkan tersambung ke saklar hingga 24 jam.

Jika alat itu tidak tahan lagi menerima arus, mulailah menjadi panas dan akhirnya meleleh. Akibat lelehan itulah maka akan timbul percikan api untuk selanjutnya menjalar kemana-mana.

Demikian diungkapkan Muzamil kepada RIAUBOOK.COM usai menyaksikan kebakaran rumah warga di Desa Insit yang terjadi baru-baru ini diduga kuat karena terjadinya hubungan pendek.

Menurut dia, kasus kebakaran rumah akibat korsleting listrik di Meranti rasanya cukup tinggi, terutama untuk 3 tahun terakhir. Kita heran, apakah terjadi musibah itu akibat human error atau peralatan listrik maupun instalasi di rumah rumah yang sudah tidak layak pakai lagi.

Untuk itulah kita berharap pihak PLN agar segera turun melakukan pemeriksaan sekaligus memberikan pengarahan,sehingga kedepan kasus serupa tidak akan terulang lagi," kata politisi Partai Demokrat itu.

Manager PLN Rayon Selatpanjang Anas, menanggapi harapan masyarakat itu kepada RIAUBOOK.COM Rabu (11/10/2017) mengatakan, akan mempelajari terlebih dahulu persoalan yang terjadji dengan kasus kebakaran rumah tersebut.

Anas menyebutkan, listrik jika diperlakukan dengan cara yang benar akan membantu tugas-tugas masyarakat. Hanya saja memang terkadang penggunaan alat-alat listrik dipaksakan.

Misalnya satu saklar listrik hanya terbatas untuk 2 atau 3 sambungan saja. Tapi dipaksakan dengan melebihi kapasitasnya. Tentu saja terjadi reduksi yang pada akhirnya akan merusak alat dimaksud.

Alat yang rusak itu tapi tetap terbiar dan menyantol dengan arus, ini menjadi pemicu terjadinya arus listrik hubungan pendek. Bahkan selanjutnya akan mengundang datangnya api.

Jadi sebaiknya penggunaan listrik di rumah harus benar-benar aman dan tidak sembarangan memperlakukan listrik. Ada aturan baku dari pihak PLN untuk merubah instalasi listrik maupun penggunaan kabel serta alat-alat listrik di rumah haruslah alat yang standar.

Secara simultan, PLN senanatiasa melakukan sosialisasi penggunaan listrik kepada masyarakat, sebab listrik dewasa ini sudah menjadi sebuah kebutuhan sekunder dalam berbagai aktivitas masyarakat.

Jadi memperlakukan listrik dengan benar maka insya Allah akan terhindar dari bahaya,"sebut Anas. (RB/jos)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Laka Maut, Seorang Wanita di Inhu Tewas Mengenaskan

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 21:23 WIB

Tega, Suami Bakar Isteri dan Anaknya, Ini Kronologinya

Jumat, 06 Oktober 2017 - 22:21 WIB

HUT ke-72 TNI Dipusatkan di Jalan Gajah Mada Pekanbaru

Kamis, 05 Oktober 2017 - 09:51 WIB

Baru Saja, Rumah Anggota DPRD Riau Dilempar Molotov

Selasa, 03 Oktober 2017 - 10:23 WIB

TNI AL Tangkap 15 Perompak, Begini Kronologisnya

Senin, 02 Oktober 2017 - 12:12 WIB

Ibu-ibu Temukan Perwira TNI Meninggal di Kamar Kos

Senin, 02 Oktober 2017 - 11:13 WIB

Seorang Kakek Ditemukan Tewas Membusuk di Pinggir Jalan

Jumat, 29 September 2017 - 21:35 WIB

Telantarkan Janda, Ketua DK PERADI Pekanbaru Bantah Menipu

Selasa, 26 September 2017 - 10:40 WIB

Foto-foto Kebakaran Maut di Meranti, 3 Orang Tewas

Minggu, 24 September 2017 - 14:22 WIB

Kebakaran Maut di Meranti, 3 Orang Tewas Terpanggang

Minggu, 24 September 2017 - 14:08 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia