Lafran Pane, Foto : Istimewa

Kamis, 09 November 2017 - 01:06 WIB 2660000

HMI Cabang Dumai Sebut Lafran Pane Layak Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dumai, menilai Prof Lafran Pane memang layak diangkat sebagai pahlawan nasional.

Sekretaris umum HMI Cabang Dumai, Ilham Maarif mengatakan, bahwa pemberian gelar pahlawan nasional sangatlah layak diberikan kepada Lafran Pane oleh Pemerintah Republik Indonesia.

"Gagasan ayahnda Lafran Pane dalam mendirikan HMI pada 5 Februari 1947 silam, berhasil membangkitkan semangat mahasiswa pada saat itu untuk ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari agresi militer Belanda," kata Ilham Maarif, Kamis (9/11/2017).

Disebutkannya, sumbangsih Lafran Pane yang mendirikan dan menjalankan organisasi HMI, telah melewati berbagai fase kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dikatakannya, pemberian anugerah gelar pahlawan nasional untuk pendiri HMI tersebut akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Kamis (9/11/2017) di Istana Negara tidak terlepas dari peranan penting oleh tim panitia yang ditunjuk oleh Majelis Nasional (MN) Korps Alumni HMI (KAHMI) dan dipimpin oleh Akbar Tanjung.

Dikatakannya juga, perjuangan untuk pemberian kehormatan tertinggi untuk Lafran Pane penuh lika liku, dimana sebanyak 27 kali seminar dilaksanakan di 27 Perguruan Tinggi (PT) di hampir seluruh wilayah Republik Indonesia.

"Perjuangan ini sebagai bentuk kecintaan dan semangat yang luar biasa dari para anggota HMI dan Alumni HMI untuk menjadikan tokoh pendiri HMI yang sangat dihormati dan sebagai panutan itu untuk mendapatkan kehormatan tertinggi dari Negara Republik Indonesia yaitu sebagai Pahlawan Nasional," katanya.

Disebutkannya juga, sebagai kader HMI, pihaknya memberikan apresiasi kepada Akbar Tanjung, yang mendorong dan menghadiri langsung seminar di 27 Perguruan Tinggi, dan bahkan sebagian Rektor memberikan statement yang menyatakan bahwa Prof Lafran Pane layak dan pantas untuk menyandang gelar Pahlawan Nasional.

"Dalam usia bang Akbar yang tidak muda lagi, memberikan pembelajaran yang sangat berarti kepada kami (red, kader HMI) yang relatif lebih muda tetapi tidak dapat mengikuti langkah dan gerakan beliau yang begitu sangat luar biasa, semoga bang Akbar Tanjung diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjaga moral dan kepedulain Alumni HMI lainnya dalam menghantar masa depan adik-adik kader HMI," katanya mengakhiri.(RB/Iwan).

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
iwan

Berita Terkini

LAM Riau Sepakat Panggil Surhadiman Amby dan Kordias

Rabu, 08 November 2017 - 16:10 WIB

Mau jadi Agen Penggerak Integritas? Ikuti Workshop KPK

Rabu, 08 November 2017 - 15:08 WIB

Cara Registrasi Kartu Perdana

Minggu, 05 November 2017 - 11:09 WIB

Alexis Tutup, Pengusaha Hiburan pun Kecewa

Selasa, 31 Oktober 2017 - 15:36 WIB

Ritual Menyimah Kampung di Desa Dusun Tua Pelang

Senin, 30 Oktober 2017 - 11:56 WIB

Dumai Tanpa Kumuh, Mungkinkah?

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 10:17 WIB

Anton Medan Bakal ke Inhu

Jumat, 27 Oktober 2017 - 16:01 WIB

TP PKK Inhil Raih Juara I Kategori Menu Sarapan Pagi

Jumat, 20 Oktober 2017 - 12:15 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia