Syamsuar: Siak Adalah Riau dan Ini Bukti Prestasi Negeri Melayu

RIAUBOOK.COM - Siak merupakan kabupaten yang saat ini telah menjadi ikon bagi Provinsi Riau karena begitu banyak prestasi ditorehkan, bahkan banyaknya kegiatan wisata yang dilaksanakan membuat daerah ini sejajar dengan Jawa Barat.

"Semuanya dilakukan dengan ikhlas, tanpa ada maksud dan tujuan politik, tujuannya adalah mengenalkan Riau ke tingkat nasional bahkan internasional," kata Bupati Syamsuar ditemui RiauBook.com di ruang kerjanya di Kantor Bupati Siak, Senin (15/1/2018) siang.

Syamsuar menunjukkan sejumlah piagam penghargaan yang dia raih selama memimpin Siak tujuh tahun terakhir.

"Ini adalah bukti Siak mampu untuk bersaing secara nasional, bukan ini dibeli," Syamsuar menambahkan.

Siak bahkan menjadi satu-satunya kabupaten yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai jaminan bersih kinerja pemda.

Prestasi lainnya, Pemerintah Kabupaten Siak juga mendapat penghargaan sebagai salah satu kabupaten terbaik dalam penyelenggaraan PTSP dari Pemerintah Pusat.

Melalui Menteri Perindustrian RI Saleh Husein pada 2016 lalu, memberikan piala kepada Bupati Syamsuar karena menjadi salah satu kabupaten terbaik dalam penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan Piagam dari Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata menobatkan Kabupaten Siak sebagai salah satu daerah yang menerima anugrah Pesona Indonesia tahun 2017.

Sepanjang 2017, bahkan Siak telah berhasil meraih 24 penghargaan di tingkat provinsi maupun nasional sebagai berikut:

1. Penghargaan terhadap dukungan dan kontribusi bagi MAN IC sempena hari Amal Bakti Kementrian Agama RI, Jakarta, 21 Januari 2017.

2. Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Lalu Lintas dibidang Transportasi Darat Tahun 2016, Jakarta, 31 Januari 2017.

3. Penghargaan dari Kapolri terkait pemberian bantuan 119 rumah Kantor Bhabinkamtibmas kepada Polda Riau sebagai sarana dan prasarana penunjang tugas kepolisian di jajaran Polres Siak, Pekanbaru, 3 Maret 2017.

4. Penghargaan menjadi terbaik pertama pada hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Pemda di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan nilai 64.50 (kategori B), Pekanbaru,

21 Maret 2017.

5. Penghargaan Pencapaian Standar Nasional Provinsi (SNP), Pekanbaru, 22 Maret 2017

6. Penghargaan bertajuk Indonesia Green Award 2017, atas konsistensi semangat dan komitmen menerapkan kebijakan pembangunan berwawasan lingkungan, Jakarta, 3 Mei 2017.

7. Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2017 Kategori Alarm Persalinan yang diserahkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB), Asman Abnur, kepada Bupati Siak, Syamsuar, di Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Sabtu 20 Mei 2017.

8. Penghargaan dari instansi vertikal di Provinsi Riau diberikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Riau atas kinerja dan kapabilitas Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Siak, Pekanbaru, 30 Mei 2017.

9. Penghargaan keaktifan Pemkab Siak dalam membantu kelancaran tugas kepolisian dalam memelihara Kamtibmas melalui pembangunan 119 rumah kantor Bhambinkamtibmas dari 122 desa yang ada di Kabupaten Siak, yang diserahkan oleh Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian sempena HUT ke 71 Bhayangkara, Jakarta, Senin 10 Juli 2017.

10. Penghargaan Anugerah Paramesti karena Pemkab Siak dinilai berkomitmen dalam menerapkan kebijakan zonasi Kawasan Tanpa Rokok, diserahkan langsung oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit H.M. Subuh, Yogyakarta, 12 Juli 2017.

11. Penghargaan satu-satunya kota layak anak di Riau tahun 2017 dengan Predikat Madya (karena sudah dua kali berturut mendapat penghargaan KLA tahun 2013 dan 2015 dengan Kategori Pratama, dan 2017 ini kali ketiga), dan Penghargaan Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Gratis Anak tahun 2017, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise. Pekanbaru, Sabtu 22 Juli 2017.

12. Penghargaan Piala Adipura tahun 2017 (sudah 3 Piala Adipura yang diraih Siak yakni 2014, 2016 dan 2017). Siak juga menerima penghargaan untuk Kategori Pasar Terbersih, yang langsung diserahkan oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian LHK di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017.

13. Penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2017 Kategori Alarm Persalinan yang diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, bertempat di Stadiun Manahan Solo, Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Jumat 25 Agustus 2017.

14. Penghargaan Anugerah Pandawa dan Juara III kategori Nakula Sadewa yang diterima oleh Green Generation Kabupaten Siak pada Jambore Generasi Hijau Nasional 2017 di Bontang, Kalimantan Timur, 20-26 Agustus 2017.

15. Juara II Stand terbaik pada Nusantara Expo (Pameran Budaya), yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tanggal 18-22 Oktober 2017.

16. Penghargaan sebagai penerima penghargaan Gerakan menuju 100 Smart City, yang diserahkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi di Jakarta, Rabu 15 Noveber 2017.

17. Penghargaan kepada situs sejarah, Istana Siak terpilih sebagai situs sejarah terpopuler kedua (juara II) dalam penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia (API). Penghargaan oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara di studio Metro Tv, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, pada malam API, Sabtu 25 November 2017.

18. Penghargaan sebagai Kab/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI, dan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Riau yang memperoleh penghargaan tersebut. Diserahkan oleh Plt. Dirjen BANGDA Kemendagri Ir. Diah Indrajati di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa 28 November 2017.

19. Juara 1 Kategori kawasan terpencil/sangat terpencil yang diraih oleh Kelompok Lavender 1 Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak dalam perlombaan Asuhan Mandiri, Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur. Penghargaan tersebut di serahkan oleh Dirjen pelayanan kesehatan Bambang Wibowo, yang di serahkan di Novotel Solo, Provinsi Jawa Tengah, selasa 28 November 2017.

20. Penghargaan predikat Implementasi Kepatuhan Tertinggi dari Ombudsman Republik Indonesia. Dalam acara penganugerahan predikat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik bertempat di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa 5 Desember 2017.

21. Pada tanggal 15 Desember 2017 dilakukan penandatangan piagam komitmen Siak sebagai salah satu kota Pusaka milik Bangsa Indonesia.

22. Penghargaan keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dalam Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan tahun 2016 dengan Pencapaian Standar Tertinggi. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Provinsi Riau, Pekanbaru 18 Desember 2017.

23. Penghargaan Anugerah Predikat sebagai Pemerintah Daerah yang memiliki Inisiatif dalam membangun Iklim Investasi Daerah yang baik, Penghargaan tersebut diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerjasama dengan Lembaga Asing Australia Indonesia Partnership for Economic Govermance (AIPEG), Jakarta, Senin 18 Desember 2017.

24. Penghargaan untuk Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Siak, karena masuk ke dalam Kategori KPA yang di Danai oleh APBD Mandiri, untuk Partisipasi, Kerjasamanya dan Dedikasi dalam Penanggulangan HIV-AIDS di Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau tahun 2017, yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Prov Riau, H. Wan Thamrin, di Pekanbaru, 29 Desember 2017. (RB/admin)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Hawk Eye, Pilot Tempur Ini Sudah 1.000 Jam Terbang

RIAUBOOK.COM - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan penerbang Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, yaitu Lettu Pnb Syahrevy Enrico "Hawk Eye"…

Foto

Wanita Cantik Ini Anggota DPD RI, Dia Komentar Soal Istana Siak Dibakar

RIAUBOOK.COM - Intsiawati Ayus, wanita cantik ini merupakan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau, dia komentar soal upaya…

Foto

Giring Tidak Lagi di Nidji, Penggantinya Bams eks Samsons?

RIAUBOOK.COM - Grup band Nidji hanya menyisakan lima personel setelah Giring Ganesha keluar dari formasi dan kini tinggal; Rama (gitar),…

Foto

Pesan Gubernur Riau untuk Para Isteri Pejabat yang Baru

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berpesan kepada para isteri pejabat baru agar memberi dukungan atas tugas yang diemban suaminya…

Foto

Gubernur Lantik Tiga Orang Pejabat Eselon II, Ini Dia Orang-orangnya

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melantik tiga orang Pejabat Pratama (Eselon II) sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin…

Foto

Tahun 2018, Jeff Bezos jadi Orang Terkaya di Dunia, Pemilik Facebook Peringkat 5

RIAUBOOK.COM - Memiliki harta berlimpah tentu menjadi impian dan dambaan setiap orang, cara mencapainya tentu harus dengan kerja keras seperti…

Foto

Pemimpin Korut Kim Jong-un Ulang Tahun

RIAUBOOK.COM - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan berulang tahun pada 8 Januari, dan pemerintah negara itu dilaporkan tak…

Foto

Hore, Empat Personil dan Satu PNS Polres Inhu Naik Pangkat

RIAUBOOK.COM- Empat Bintara Polri personil Polres Indragiri Hulu (Inhu), Riau, dan satu orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polri yang bertugas…

Foto

Mayjen TNI Djoko Setiadi Kepala Badan Siber, Presiden: Harus Mampu Jangkau Keamanan Warga

RIAUBOOK.COM - Mayjen TNI Djoko Setiadi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).Setelah…

Foto

Gubernur Lantik Bang Kumis Jadi Ketua Dewan Kesenian Riau

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melantik Raja Yoserizal Zen atau yang sering dikenal Bang Kumis sebagai Ketua Umum Dewan…

Foto

Baik Buruk Para Tokoh Nasional yang Menjadi Sorotan Sepanjang 2017

RIAUBOOK.COM - Situasi politik di republik ini sempat mengalami kekacauan luar biasa bahkan sempat menganggu stabilitas keamanan yang menimbulkan ketidaknyamanan…

Foto

Kisah Warga Kampar Tuntut Ilmu ke Negeri Kincir Angin

RIAUBOOK.COM - Kerja keras takkan pernah mengkhianati hasil. Itulah adagium yang pas untuk menggambarkan perjuangan dan kerja keras seorang anak…

Foto

AKBP Edy Sumardi Sibuk Amankan Natal Tapi Tetap Bantu Kaum Dhuafa

RIAUBOOK.COM - Wakapolresta Pekanbaru, Riau, AKBP Edy Sumardi P SIK sibuk mengurus pengamanan Natal dan tahun baru, namun dia masih…

Foto

Wanita Ini Cantik Seperti Boneka, Wajahnya Tanpa Noda

RIAUBOOK.COM - Setiap wanita tentu mendabakan kecantikan, dan menjadi sempurna layaknya boneka tentu menjadi hal yang sangat langka.Namun berbeda dengan…

Foto

3 Orang Sukses di Dunia Karena Ibu Tunggal

RIAUBOOK.COM - Ada banyak bukti yang menunjukkan kehebatan ibu tunggal, dan tahukah? Ada banyak orang sukses yang dibesarkan oleh ibu…

Foto

Gubernur Riau Naik Ojek di Jakarta, Begini Ceritanya

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman tampak menikmati perjalanan menumpangi kendaraan sepeda motor yang merupakan ojek online sebagai alternatif agar…

Foto

Terpilih Secara Aklamasi, Aristo Pimpin IKA FKIP UR Inhu

RIAUBOOK.COM - Aristo dipercaya memimpin Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR) Kabupaten Indragiri…

Foto

Malam Taaruf Muslimat NU, Zulaikhah: Ini Adalah Ciri Khas Muslimat NU

RIAUBOOK.COM - Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali akan melakukan pelatihan kepada Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus…

Foto

Kaki Palsu dari Gubernur Riau untuk Siswa SMP di Kuansing, Si Penderita Tumor Diberi Rp5 Juta

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berkunjung ke Desa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Selasa (12/12/2017).Di desa…

Foto

Mantap! Jurnalis Riaubook.com Agus Suhaili Terpilih Jadi Ketua KNPI Kecamatan Sabak Auh Siak

RIAUBOOK.COM - Agus Suhaili terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Sabak Auh periode…

Pendidikan