Peserta OSN berfoto dilokasi candi Muara Takus

Kamis, 06 Juli 2017 - 19:46 WIB 6080000

700 Peserta OSN Kunjungi Candi Muara Takus

Share ke BBM

RIAUBOOK - 700 peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-16 tahun 2017 yang terdiri dari pelajar SMA, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliah baik negeri dan swasta beserta pendamping mengunjungi Objek wisata candi Muara Takus di kecamatan tiga belas Koto Kampar kabupaten Kampar Provinsi Riau, pada Kamis (6/7/2017).

Deborah Christine Immanuel peserta dari SMAK 7 BPK Penabur Jakarta merasa kagum oleh keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia, khususnya Riau. "Masih merasa tidak percaya kalau saya baru saja melihat Candi Muara Takus secara langsung karena selama ini hanya melihat melalui buku pelajaran atau Internet," ungkap Deborah.

"Pengalaman yang menarik adalah saya dapat berwisata ke sini bersama-sama peserta OSN yang tidak akan terulang dua kali. Juga karena ada perlombaan foto instagram yang diadakan oleh dinas pariwisata Riau jadi pengalaman berfoto dengan teman pun jadi lebih seru dan menarik," ungkapnya lagi

Deborah juga menuturkan, melihat kondisi Riau yang sangat panas dapat menjadi penghalang wisatawan untuk berkunjung ke Candi Muara Takus. Menurutnya, pengelola dapat membangun fasilitas berupa kipas-kipas besar atau air mancur dari bawah sehingga udara lebih sejuk seperti yang ada di tempat wisata lainnya, dan Deborah juga berharap agar meningkatan pembangunan infrastruktur yang memadai.

"Agar wisatawan dapat mudah mengakses jalan ke Candi Muara Takus saya harap infrastruktur menuju lokasi dapat ditingkatkan. Dan kepada pengelola dapat mengadakan acara rutin yang menampilkan kebudayaan melayu sehingga dapat semakin menarik wisatawan, seperti yang diadakan di Candi Prambanan setiap Selasa malam," tutur Deborah.

Hal yang sama juga dituturkan oleh Danil peserta OSN dari SMA Negeri 1 Papua Barat, menurutnya kunjungannya ke candi Muara Takus sangat membuat bangga, karena merupakan pengalaman hidup pertamanya melihat candi.

"Objek wisata candi wisata bagus tempatnya bagus dan bersih. Di Papua Barat tidak ada candi, inilah pertama kalinya saya melihat candi, saya harap kondisi jalan menuju lokasi ini harus ditingkatkan," kata Danil.

Peserta OSN dari SMAN 34 Jakarta, Farah Clarissa juga turut mengungkapkan pengalamannya menurutnya, candi Muara Takus memiliki keunikan tersendiri serta nilai edukasi yang tinggi. Sambutan dari masyarakat sadar wisata dan pengelola tempat sangat ramah dan lokasi ini sangat bagus untuk berfoto.

"Candi Muara Takus memiliki keunikan tersendiri serta nilai edukasi yang tinggi. Didepan candi muara takus, langitnya cerah berawan sehingga menambah nilai estetika dari foto saya. Dan orang-orang yang berada di candi muara takus menyambut dengan ramah peserta OSN," ungkap Farah Clarissa.

Farah menyarankan kepada pengelola dan pemerintah daerah agar lebih mempromosikan situs kebudayaan candi muara takus dan mendirikan kegiatan ekonomi kreatif disekitar candi muara takus, agar banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke candi Muara Takus, sehingga pendapatan ekonomi masyarakat setempat meningkat dan wilayah sekitarnya akan mengalami perkembangan.

OSN ke-16 tahun ini diselenggarakan dari tanggal 2 Juli 2017 hingga 8 Juli 2017 di kota Pekanbaru, diikuti oleh sekitar 1.280 siswa, terdiri dari berbagai jenjang pendidikan dasar, menengah, dan atas baik negeri dan swasta, selain itu ada 2.024 orang partisipan yang terdiri dari panitia pusat, daerah, pendamping, pembina, dan dewan juri. (RB/cbc)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Redaksi Riaubook 2

Berita Terkini

Pantai Muara Lasak Padang yang Kotor, Banyak Beling

Selasa, 04 Juli 2017 - 21:44 WIB

Maskapai ini akan Hilangkan Kursi Pesawat

Selasa, 04 Juli 2017 - 11:05 WIB

Pulang Kampung, Obama Piknik ke Bali dan Jogja

Sabtu, 24 Juni 2017 - 05:47 WIB

Balimau Kasai, Wisata Kampar Jelang Ramadan

Jumat, 09 Juni 2017 - 12:22 WIB

Danau Wisata Tanjung Putus Sunyi Inilah Penyebabnya

Senin, 05 Juni 2017 - 19:37 WIB

Pesawat JetBlue Terapkan Boarding dengan Scan Wajah

Senin, 05 Juni 2017 - 11:29 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia