Sejumlah benda tak lazim berada dalam perut Hendro

Kamis, 13 Juli 2017 - 15:49 WIB 1860000

Ngeri! Pria Situbondo Telan Benda Tajam untuk Kurangi Rasa Sakit Perut

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Sejumlah benda-benda tak lazim mulai keluar dari perut Hendro Wijatmiko (30), pasien RSD dr Soebandi Jember. Diantaranya ada pisau, paku, sendok, garpu dan lain-lain.

Benda—benda itu keluar saat pasien asal Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo itu Buang Air Besar (BAB).

"Mulai hari Minggu, dia sudah bisa buang air besar. Dan pada saat buang air besar itu kita evaluasi. (Hasilnya), benda—benda yang berada di dalam perut Hendro sudah mulai berkurang.

Kemarin waktu dicek, ada tutup odol (pasta gigi), kemudian ada baterai, terus ada plastik," kata Humas RSD dr Soebandi Jember, Justina Evi Tyaswati dikutip dari detik.com, Kamis (13/7/2017).

Berkurangnya benda—benda tak lazim di perut Hendro ini, juga diperkuat dengan hasil foto rontgen terbaru. "Tampak dari foto rontgennya memang kondisinya (benda—benda di perut Hendro) menjadi jarang dan turun," kata Evi.

Namun untuk benda—benda tajam, menurut Evi, masih tetap berada di dalam perut Hendro. Beberapa benda tajam itu, posisinya juga ada yang telah bergeser. "Yang benda—benda tajam itu dengan sendirinya tidak bisa bergerak. Tapi ada juga yang sudah bergeser," sambung Evi.

Secara keseluruhan, kondisi Hendro saat ini sudah mulai membaik. Kondisi usus Hendro juga sudah tidak membengkak. Ini terlihat dari perut Hendro yang terlihat normal. "Sudah membaik, jadi ususnya sudah bergerak, karena dia sudah bisa normal, tidak bengkak, kondisi perutnya sudah mulai kempis, kemudian tidak ada pendarahan," terang Evi.

Hendro sendiri ketika diwawancara mengaku sudah mulai enak makan. Namun asupan makanan masih tidak begitu banyak seperti biasanya. Bentuk makanan juga harus tergolong lunak. "Mulai enak makan, Tapi tidak banyak, takut sakit perut. Makannya masih bubur halus. Kadang juga ada sayuran dan sedikit buah," katanya.

Selain itu, pria ini juga mengaku sudah mulai lancar BAB. "Masih sakit perut. Tapi setelah buang air besar sakitnya berkurang. Sempat mual—mual juga. Waktu buang air besar juga sempat keluar tutup odol dan baterai," kata Hendro.

Hendro mengalami sakit hebat di perut selama 3 hari. Setelah dilakukan rontgen di Rumah Sakit Situbondo, diketahui terdapat benda tajam seperti paku, sendok dan pisau di dalam perut pria berusia 30 tahun itu.

Hendro pun dirujuk ke RSD dr Soebandi untuk dilakukan pemeriksaan dan observasi, termasuk melakukan rontgen ulang. Keluarga minta Hendro dioperasi setelah observasi dianggap tuntas.

Hasil pemeriksaan sementara, benda tajam itu berada dalam perut karena sengaja ditelan oleh Hendro.

"Karena dia sakit perut, kemudian dia menelan benda-benda tajam itu, (diantaranya) paku, terus tutup botol," kata Humas RSD dr Subandi Jember Justina Evi Tyaswati.

Dokter sendiri, lanjut Evi, juga masih melakukan pemeriksaan bagaimana Hendro bisa menelan sejumlah benda membahayakan tersebut. Sebab, ketika ditelan, tentu proses nya harus melewati tenggorokan dan organ tubuh lainnya.

"Ini masih kita lihat, kita masih periksa. Tenggorokannya terluka atau tidak, kita masih belum tahu," kata Evi.

Untuk menangani kasus ini, Tim dokter RSD dr Soebandi Jember melakukan operasi mengangkat sejumlah benda tajam di perut Hendro Wijatmiko (30). Ada dua tindakan medis yang akan dilakukan pasien yakni membuka usus lalu mengeluarkan benda tajamnya atau sekalian memotong ususnya.

"Kita saat operasi itu dilihat, ada tidak robekan di usus. Kemudian setelah itu kalau tidak ada, kita kan juga membuka ususnya, jadi seberapa jauh, itu saja yang akan dilihat dulu," kata Humas RSD dr Soebandi Jember, Justina Evi Tyaswati, Kamis (13/7/2017).

Jika ternyata kondisi ususnya masih bagus, maka yang akan dilakukan adalah membuka usus, mengeluarkan benda tajamnya, lalu menutup usus dengan cara dijahit. Namun juga kondisi usus sudah rusak, maka pemotongan akan dilakukan.

"Kalau ternyata ususnya jelek, ya dilakukan tindakan pemotongan (usus)," tambah Evi. (RB/dtc)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
muhardi

Berita Terkini

KBRI Ankara 'Mencari' WNI yang Dinikahi Militan ISIS

Selasa, 11 Juli 2017 - 18:54 WIB

Seorang Pendaki Jatuh ke Jurang Gunung Slamet

Senin, 10 Juli 2017 - 12:19 WIB

Bom 'Panci' Meledak di Bandung

Sabtu, 08 Juli 2017 - 21:22 WIB

Ibu ini Melahirkan Darurat di Tol Cipali

Senin, 03 Juli 2017 - 09:25 WIB

Helikopter Basarnas Jatuh di Jateng

Minggu, 02 Juli 2017 - 19:59 WIB

Kawah Sileri Dieng Meletus, 10 Orang Terluka

Minggu, 02 Juli 2017 - 19:53 WIB

Cari Judul Berita





Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize