Ilustrasi. (net)

Rabu, 04 Oktober 2017 - 07:50 WIB 1180000

Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Berbisnis dengan Teman

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Menjadi pebisnis tentu harus memiliki rekanan, dan untuk membangun mitra, tidak jarang melibatkan teman atau sahabat.

Sayangnya, bisnis dengan teman tak jarang menuai perselisihan karena beragam alasan. Ujung-ujungnya, pertemanan putus atau saling melapor ke pihak berwajib.

Anda tentu tidak ingin seperti itu. Anda ingin berbisnis dengan teman secara menyenangkan dan menguntungkan. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, hindari lima kesalahan fatal berikut.

1. Terlalu percaya kepada teman

Anda mungkin mengenal dekat teman yang diajak berbisnis. Oleh karena itu, Anda sangat memercayai perannya dalam bisnis tersebut. Ini adalah kesalahan yang harus Anda hindari. Mengapa? Karena yang namanya orang, apalagi kalau sudah berurusan dengan uang, tak jarang berkhianat atau berbohong.

Solusinya? Jangan percaya kepada orang semata, namun Anda harus memiliki sebuah sistem yang mengendalikan bisnis Anda. Sistem ini berupa jaminan mutu (QA) dan pengendali kualitas (QC) yang Anda dan teman Anda bisa jalankan bersama.

2. Menghitung profit secara irasional

Satu hal yang mengasyikan bagi Anda saat akan memulai bisnis adalah perhitungan profit di atas kertas. Semakin mengasyikkan lagi kalau profit tersebut bertambah karena sejumlah parameter yang diusulkan teman Anda. Anda pun terpesona dengan profit di atas kertas tersebut sehingga mungkin berpikir bahwa menjalankan bisnis itu semudah membalikkan telapak tangan. Di kondisi ini, Anda sudah menghitung profit secara irasional.

Faktanya, bisnis itu penuh lika-liku dan perjuangan. Profit di atas kertas tidak selalu sesuai dengan fakta di lapangan. Oleh karena itu, gunakan logika Anda dalam menghitung profit saat akan memulai bisnis. Jangan terlalu terbuai janji manis teman Anda yang berbusa-busa mendewakan profit.

Jika diperlukan, masukkan faktor-faktor yang tidak terduga saat menghitung profit tersebut (misalnya kurs rupiah, jumlah pelanggan yang lebih sedikit, dan masalah lain yang terkait). Akan lebih baik lagi kalau Anda meminta nasihat dan rekomendasi seorang perencana keuangan terpercaya untuk urusan keuangan bisnis Anda.

3. Tidak membuat surat perjanjian

Jangan pernah berbisnis dengan teman tanpa surat perjanjian. Mengapa? Karena tanpa surat perjanjian, Anda lemah di mata hukum bila ada perselisihan dengan teman Anda di kemudian hari. Selain itu, dengan tidak adanya surat perjanjian, Anda akan membuang-buang waktu dan uang Anda.

Tidak bisa ditawar, buat perjanjian dengan teman saat akan memulai bisnis tersebut. Cantumkan pembagian tanggung jawab, pembagian profit, dan penyelesaian perselisihan yang mungkin terjadi. Kalau perlu, bayar notaris atau pengacara sehingga surat perjanjian tersebut menjadi lebih baik.

4. Tidak punya jadwal pertemuan rutin

Banyak orang yang berbisnis dengan teman tidak melakukan pertemuan rutin sehingga bisnis mereka terbengkalai, berjalan di tempat, atau bahkan merugi. Untuk itu, Anda jangan seperti mereka. Anda harus memiliki jadwal pertemuan bisnis dengan teman Anda.

Anda bisa melakukannya seminggu, dua minggu, atau sebulan sekali. Hal ini penting karena dengan adanya pertemuan bisnis ini, Anda dan teman bisa mengevaluasi atau mengkaji ulang sejauh mana bisnis Anda berjalan. Dengan kata lain, dalam pertemuan tersebut, Anda bisa mengetahui program apa yang berjalan baik dan program apa yang belum sesuai rencana.

Sebagai contoh, penjualan mingguan turun. Anda dan teman Anda menganalisis faktor apa yang berpengaruh pada penurunan tersebut. Setelah diketahui akar penyebabnya, Anda bisa menentukan langkah selanjutnya guna meningkatkan penjualan. Dengan demikian, bisnis Anda dan teman dapat dikendalikan dengan benar.

5. Tidak fokus

Salah satu faktor yang menyebabkan sebuah bisnis gagal adalah ketidakfokusan pemiliknya. Penyebabnya bisa berupa coba-coba atau tergoda menjalankan bisnis lain yang tampaknya lebih menguntungkan. Tentu saja, Anda tidak boleh seperti itu. Buatlah komitmen antara Anda dan teman Anda untuk sama-sama berfokus membesarkan bisnis Anda. Kesampingkan terlebih dahulu ide-ide bisnis lain sebelum bisnis yang sedang dijalankan sukses.

Faktanya, banyak pengusaha sukses yang berfokus pada bisnisnya. Dengan demikian, mereka mampu menghadapi segala masalah yang menghadang. Memang benar mereka tertatih-tatih terlebih dahulu, namun setelah itu mereka mampu membesarkan bisnisnya sehingga segala hal lain menjadi lebih mudah.

Menjalankan bisnis dengan teman memiliki keunikan dan tantangan sendiri. Hindari lima kesalahan di atas saat Anda berbisnis dengan teman Anda sehingga bisnis Anda menjadi sukses. Jangan kompromi dengan kesalahan-kesalahan tersebut jika Anda tidak mau pertemanan putus karena permasalahan bisnis. (RB/tipspengendaliandiri)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Terjadi Inflasi di Riau, Ini Penyebabnya

Selasa, 03 Oktober 2017 - 23:14 WIB

Ekspor Riau Terus Naik, Berikut Catatannya

Senin, 02 Oktober 2017 - 15:05 WIB

Harga Sawit Riau Terus Naik, Ini Sebabnya

Jumat, 29 September 2017 - 10:14 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Pekanbaru

Rabu, 27 September 2017 - 23:04 WIB

OJK: Kami Dorong Pemda Riau Terbitkan Obligasi

Rabu, 27 September 2017 - 09:43 WIB

Kepala OJK Riau Diminta Bantu Pak Gubernur

Rabu, 27 September 2017 - 09:30 WIB

Kabar Gembira, Seluruh Bank BUMN akan Turunkan Suku Bunga

Selasa, 26 September 2017 - 09:43 WIB

Persiapan Riau Expo 2017 Semakin Matang

Senin, 25 September 2017 - 02:30 WIB

Minat? Saham Facebook Dilepas untuk Beramal

Minggu, 24 September 2017 - 15:30 WIB

Harga Minyak Dunia Naik ke Level Tertinggi

Kamis, 21 September 2017 - 08:03 WIB

BI Gelar Diskusi Bareng Pemimpin Media di Riau

Rabu, 20 September 2017 - 11:13 WIB

Potensi SDA Riau Besar, Namun Terkendala SDM yang Terbatas

Selasa, 19 September 2017 - 11:43 WIB

Himpunan Alumni IPB Jalin Kerjasama Dengan Bank Riau Kepri

Senin, 18 September 2017 - 21:47 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia