Ilustrasi alien. (kpc/net)

Sabtu, 11 November 2017 - 21:12 WIB 3170000

Mau Ketemu Alien? Datang ke China

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Kehidupan di alam semesta masih ada yang misteri, termasuk keberadaan alien yang sejauh ini dipercayai tapi belum pernah ditemukan bukti otentik.

Dalam hal bertemu alien, negara yang bisa dibilang cukup beruntung adalah China. Mereka punya teleskop radio terbesar di dunia yang telah mengalahkan besarnya teleskop Arecibo di Puerto Rico. Dengan teleskop yang bernama teleskop Sperikal Apertus lima ratus (FAST), China bisa mendapatkan energi elektromagnetik dari luas angka.

Pembangunan FAST ini sendiri selesai pada tahun 2016. Lalu, pada Agustus 2017, pemerintah China tak tangung-tanggung menawarkan hibah sebesar 1,9 juta dolar AS (Rp. 25,5 miliar) bagi yang mau menjadi direktur utama operasi ilmiah.

Sebetulnya, kita tak perlu heran melihat China menjadi pencari alien. Ross Andersen, dalam tulisannya di The Atlantik edisi Desember mengatakan, usaha pemerintah China (mencari alien) telah berlangsung sejak lama. Setidaknya sejak tahun 1980an melalui investasi besar dalam penelitian ilmiah.

Seperti dikutip Newsweek pada Kamis (9/11/2017), hingga tahun 2020, pemerintah negeri tirai bambu akan mengucurkan dana untuk penelitian dan pengembangan sebesar 1,2 triliun dolar Amerika Serikat.

Alokasi sebesar 2,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) itu termaktub dalam rencana lima tahun China ke-13 yang berlaku sejak Maret 2016. Menariknya, salah satu prioritas pengeluaran ilmu pengetahuan itu digunakan untuk eksplorasi ruang angkasa.

Memiliki satu teleskop FAST juga tak membuat China puas. Mereka berencana membangun kembali teleskop elektromagnetik serupa dan menempatkannya di sisi gelap bulan.

Selain China, pemerintah Amerika Serikat sebelumnya punya program Pencarian Kecerdasan di Luar Bumi (SETI). Untuk hal ini, Pemerintah Amerika Serikat menggunakan teleskop Arecibo. Sayangnya, saat ini teleskop itu mengalami kerusakan ringan akibat badai maria.

Tak hanya pemerintah, pencarian alien juga dilakukan oleh kalangan ilmuwan. Contonya saja Universitas California, Barkeley, Amerika Serikat yang juga turut berperan dengan program SETI@home. Dalam proyek ini, mereka mengundang individu menyumbangkan kemampuan komputasi untuk membantu para ilmuwan menganalisis data.

Di samping itu, ada pula kelompok ilmuwan yang mengambil fokus tentang apa yang harus kita (manusia) harus ucapkan saat pertama kali bertemu alien. Kesalahan dalam menyapa mungkin saja membuat tetangga asing manusia itu marah.

Organisasi bernama Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI) mengumpulkan para ahli untuk menjawab "masalah" tersebut.

"Mengakui tujuan besar untuk melakukan kontak dengan peradaban luar bumi, sebelum transmisi METI International terlibat dalam konsultasi luas dengan para ahli dari ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial, ilmu humaniora, dan bidang lainnya untuk mendorong pendekatan yang bertanggung jawab terhadap pengiriman pesan," tulis organisasi tersebut dalam situs web resmi mereka, dilansir RiauBook.com dari kompas.

Sayangnya, menurut Andersen dalam tulisannya, pengiriman pesan kepada alien masih merupakan sebuah kontroversi. Belum ada analisis mengenai baik-buruknya hal tersebut.

Jadi meski China mempunyai teleskop FAST atau METI sedang mencoba mengirim pesan kepada alien, namun hingga saat ini alien belum pernah ditemukan. (RB/kpc)



Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

IKBR Meranti Gelar Musda ke II 17-18 November 2017

Sabtu, 11 November 2017 - 07:48 WIB

Akhir November 2017 Cetak Sawah Baru Meranti Rampung

Jumat, 10 November 2017 - 21:18 WIB

Pemkab Inhu Gelar Upacara Peringatan Pahlawan Ke-72

Jumat, 10 November 2017 - 11:26 WIB

Sandiaga Uno: KPK akan Bantu Pemprov DKI Wujudkan WTP

Kamis, 09 November 2017 - 23:55 WIB

Ketua KPUD Siak Lantik 70 PPK, Ini Pesan Agus Salim

Kamis, 09 November 2017 - 22:06 WIB

Negara ini Akui Jenis Kelamin Ketiga

Kamis, 09 November 2017 - 18:48 WIB

Distribusi Gas Elpiji di Kepulauan Meranti Lancar

Kamis, 09 November 2017 - 18:44 WIB

KPU Inhu Lantik Puluhan Anggota PPK

Kamis, 09 November 2017 - 17:18 WIB

Kodim 0302/Inhu Gelar Pisah Sambut Dandim

Rabu, 08 November 2017 - 13:22 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia