Bupati Siak Syamsuar saat berfoto bersama pejabat Kementrian PUPR Jakarta Selatan, Kamis (16/11/17). (RB/Agus)

Senin, 20 November 2017 - 00:05 WIB 4270000

Kementerian PUPR Hibahkan 764 Aset untuk Kabupaten Siak, Apa Saja?

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan hibah aset Barang Milik Negara (BMN) bidang infrastruktur permukiman sebanyak 764 aset kepada Pemerintah Daerah serta yayasan atau lembaga, alah satunya Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak.

Ditemui usai acara, Kepala Dinas PU Tarukim kabupaten Siak Irving Kahar mengatakan, pihak Kementerian PUPR memberikan bantuan kepada Pemkab Siak, melalui Ditjen Cipta Karya yang telah direalisasikan sejak tahun 2014 yang lalu. Oleh karena itu dilakukan pemindahtanganan atau penyerahan aset Barang Milik Negara kepada Pemerintah Daerah.

"Tadi kita melakukan penandatanganan naskah dan berita acara serah terima hibah barang milik negara. Alhamdulillah, kita telah dapat bantuan bolduzer untuk persampahan, sanitasi untuk perumahan dan pemukiman, serta bantuan air minum dan irigasi," jelas Irving Kahar, di Ruang Pendopo Kementrian PUPR Jakarta Selatan, Kamis (16/11/17).

Sementara ditempat yang sama Bupati Siak, Syamsuar, mengharapkan adanya bantuan pipa untuk air bersih dari kecamatan Lubuk Dalam sampai ke kecamatan Kerinci Kanan, dikarenakan kecamatan tersebut belum memperoleh air bersih.

"Kita berharap tahun depan bisa dikerjakan pemasangan pipa air bersih sepanjang 11 Km, kemudian penataan rumah kumuh yang ada di kecamatan Tualang, Minas dan Kandis," ujar Syamsuar.

Selain itu kata Syamsuar, kalau bisa Pak Mentri meresmikan ruang terbuka hijau dibawah jembatan Siak, yang telah dibangun oleh Kementrian PUPR dan akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Siak.

Dilain pihak Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, menjelaskan, daerah yang menerima hibah ini, yaitu kabupaten yang telah memiliki kinerja baik dalam program Pamsimas, dan memiliki alokasi anggaran APBD tahun 2017 untuk pembiayaan pengembangan infrastruktur air minum perdesaan.

"Bantuan ini kami prioritaskan kepada pemerintah daerah yang mempunyai perhatian untuk memberikan pelayanan dasar air minum, khususnya kepada masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan," jelasnya

Aset tersebut diserahkan kepada 176 penerima hibah yang terdiri dari 8 Pemerintah Provinsi, 32 Pemerintah Kota,135 Pemerintah Kabupaten, serta 1 yayasan (Mangkunegara Surakarta).

Rilis yang dikutip dari Kementerian PUPR menyebutkan, total nilai aset tersebut mencapai Rp. 1,32 triliun yang mencakup bidang air minum sebanyak 348 aset senilai Rp. 625,4 miliar, bidang penyehatan lingkungan permukiman sebanyak 114 aset senilai Rp. 292,3 miliar, bidang pengembangan kawasan permukiman sebanyak 63 aset senilai Rp. 107,6 miliar, bidang penataan bangunan sebanyak 88 aset senilai Rp. 278,2 miliar dan bidang tanggap darurat permukiman sebanyak 99 aset senilai Rp. 17,5 miliar. Perolehan aset tersebut bersumber dari dana APBN melalui DIPA Direktorat Jenderal Cipta Karya atas aset yang selesai dibangun pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2016. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
redaksi riaubook

Berita Terkini

Anies Janji Alokasikan Dana untuk Guru PAUD Se-DKI

Minggu, 19 November 2017 - 22:01 WIB

Prediksi Malam Ini Kiamat, Nyata Atau Tidak?

Minggu, 19 November 2017 - 18:59 WIB

Menuju Riau 1, Pasangan Harris-Yopi Makin Harmonis

Jumat, 17 November 2017 - 17:21 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia