Plt Kepala Bapenda Rohul Jonni Muchtar. (MC)

Kamis, 07 Desember 2017 - 06:55 WIB 6660000

Bapeda Rohul Genjot PAD dan Berhasil, Banyak Daerah Lain Berdatangan Mau Tahu Kiatnya

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Pihak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, telah berhasil menggenjot penerimaan pendapatan asli daerah (PAD), hal tersebut mendapat sorotan dan akhirnya banyak daerah lain yang ingin berkunjung ke daerah itu untuk mencari tahu kiatnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bapenda Rohul Jonni Muchtar kepada wartawan, Rabu (6/12/17) menyebutkan, dengan gencarnya mengoptimalkan potensi penerimaan daerah yang belum tergarap selama ini di Kabupaten Rohul, ternyata mendapat perhatian dari sejumlah kabupaten/kota di Riau dan provinsi tetangga yang berkunjung ke Bapenda Rohul.

Tentunya, lanjut Jonni, dengan adanya kunjungan dari sejumlah Pemkab dan Pemko di Provinsi Riau dan Provinsi tetangga ke Bapenda Rohul untuk melakukan sharing dan kiat kiat Pemkab Rohul dalam mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah.

"Atas nama Pemkab Rohul, kita mengucapkan terimakasih dan apresiasi positif kepada 8 kabupaten/kota yang telah berkunjung ke Bapenda dalam tiga bulan terakhir.

Karena kebijakan pemerintah daerah dan inovasi inovasi yang telah dilakukan Bapenda dinilai sangat potensi untuk dikembangkan didaerah mereka," dia berujar.

Sejumlah kabupaten/kota yang melakukan sharing informasi dan kiat kiat Pemkab rohul dalam mengoptimalkan pendapatan daerah diantaranya Kabupaten Pelalawan, Kampar, Bengkalis di Provinsi Riau, dan luar Riau seperti Kabupaten Asahan, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi dan Kabupaten Sawahlunto Provinsi Sumbar.

"Satu lagi, program Magister (S-2) Universitas Riau yang berencana dalam waktu dekat akan berkunjung ke Bapenda Rohul , sekedar sharing tentang rencana Pemkab Rohul kedepan yang konsen dalam mengoptimalkan potensi daerah," kata dia.

Disinggung apa yang ketertarikan Kabupaten/kota di Provinsi Riau dan Provinsi tetangga yang berkunjung ke Bapenda Rohul, Jonni mengatakan, ketertarikannya terkait kebijakan pemerintah daerah terobosan, inovasi dan program peningkatan pendapatan daerah yang sudah dilakukan Bapenda Rohul.

Seperti kerja Tim Terpadu ke berbagai perusahaan, strategi peningkatan pajak BPHTB dan launching program Desa Mandiri PBB-P2 yang pertama di Indonesia.

"Itu (program Desa Mandiri PBB P2) merupakan suatu inovasi yang betul betul murni lahir dari Bapenda Rohul," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah desa sangat antusias dan menyambut luar biasa dengan adanya program Desa Mandiri PBB P2 yang diserahkan pengelolaannya oleh Kabupaten ke desa. Karena dengan diserahkan pengelolaannya Desa Mandiri PBB P2, akan lebih optimal.

"Karena selama ini PBB P2 menjadi salah satu penerimaan daerah didalam item pendapatan Kabupaten Rohul yang tak tergarap maksimal.

Masalahnya data yang tidak akurat. sekarang data itu silahkan desa yang perbaiki. Kita beri kewenangan dan berikan aplikasi dan mengangkat tenaga administrasi dan kita latih adminnya untuk mengolah data PBB didesa. Jadi kedepan tidak ada lagi keluhan lagi desa ke Bapenda terhadap data yg mereka disampaikan tidak bisa dirubah," dia mejelaskan.

Sekarang data PBB itu sama Desa, tambahkanya, silahkan pemerintah desa mengolah data itu sendiri.

"Kami akan cetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang, sesuai dengan usulan dari desa, karena sistimnya sudah online," kata dia. (RB/MC)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Tahun Depan Ditarget 30 Ranperda Riau Disahkan

Rabu, 06 Desember 2017 - 14:53 WIB

Belum Sah, APBD Perubahan Rohil Ditaksir Rp1,8 Triliun

Senin, 13 November 2017 - 20:30 WIB

Anies Diajak Jokowi Resmikan Tol Becakayu

Jumat, 03 November 2017 - 09:18 WIB

Gedung PAUD Anak Bangsa Desa Rawa Sekip Diresmikan

Rabu, 01 November 2017 - 14:14 WIB

Proyek Jalan Sultan Syarif Kasim Terkendala Material

Jumat, 27 Oktober 2017 - 02:06 WIB

Apa Kabar Proyek Tol Pekanbaru-Dumai

Senin, 23 Oktober 2017 - 16:36 WIB

Bupati Irwan: Perlakuan untuk Daerah Harus Adil

Jumat, 20 Oktober 2017 - 10:54 WIB

DPD REI Riau Gelar Musyawarah Daerah XI

Rabu, 18 Oktober 2017 - 14:20 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia