MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti ke X Tahun 2018 Resmi Dibuka

RIAUBOOK.COM - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-X tahun 2018 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, secara resmi dibuka Bupati H. Irwan di Desa Semukut- Kecamatan Pulau Merbau.

Kegiatan ini menjadi e agenda tahunan kabupaten d sekaligus dalam rangka kelanjutan syiar Islam di bumi tanah jantan tersebut.

secara Bupati Kepulauan Bupati Irwan dalam sambutannya mengharapkan agar perlombaan membaca dan menghafal ayat-ayat Al Qur'an tersebut juga dapat menghasilkan Qori dan Qoriah yang handal yang mampu mencapai prestasi lebih tinggi lagi. Baik untuk tingkat kabupaten, propinsi, bahkan tingkat nasional juga internasional.

Kesempatan inilah digunakan sebaik mungkin, untuk mengasah kemampuan para peserta, khususnya bagi para anak didik sejak dini.

Bupati menegaskan dari perlombaan ini d nantinya akan hasilkan Qori dan Qoriah l yang mampu mengharumkan nama daerah. Dan kepada para peserta juga diharapkan tidak hanya pandai melantunkan alunan irama dan ayat ayat suci tersebut, tapi juga harus mampu menjabarkan itu dalam kehidupan sehari hari. Demikian juga seluruh masyarakat agar semakin memahami makna isi Al Qur'an yang terkandung didalamnya.

Sehingga pelaksanaan MTQ secara berkelanjutan, baik dari tingkat desa, kecamatan serta tingkat kabupaten ini tentu akan memberikan nilai nilai luhur yang terkandung dalam AlQuran tersebut. Sehingga ridho dan kemakmuran semakin nyata di tengah masyarakat kita, 'sebut Irwan Senin malam baru lalu.

Turut hadir bersama Bupati Meranti, Mantan Gubernur Riau H. Wan Abu Bakar, Ketua Kanwil GP Anshor Riau Purwaji, Asisten I Sekdaprov Riau H. Ahmadsyah Harofie, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, Ketua DPRD Kepulauan Meranti H. Fauzy Hasan, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. La Ode Proyek, Kepala Kantor Departemen Agama Meranti Darwison M.Ag, Kajari Meranti Budi Prasodjo, Ketua Komisi A DPRD Meranti Edi Masyudi, Ketua PKK Meranti Hj. Nirwana Irwan, Ketua BKMT Meranti Hj. Syamsiar Said Hasyim, Dewan dan Majelis Hakim MTQ, Kepala Dinas/Badan, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Syaputra SH, Kabag Kesra Meranti Husni Gamal, serta para Kepala Bagian Sekda, Para Camat, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda dan ribuan masyarakat yang memadati lokasi.

Pembukaan MTQ Kabupaten Meranti Ke-X Tahun 2018, diawali dengan pengibaran Bendera MTQ dan Hymne, penyerahan piala bergilir oleh Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan kepada Ketua Panitia untuk diperebutkan, terakhir pemukulan beduk sebagai tanda dibukanya secara resmi lomba baca, tulis dan hafal Al-Quran tersebut.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ Ke-X Kabupaten Meranti H. Jonizar, dalam sambutannya antara lain mengatakan pelaksanaan MTQ hendaknya dapat meningkatkan tali silahturahmi, serta memperkokoh ukuah Islamiah antar sesama umat Islam. Sekaligus sebagai pembelajaran membaca dengan benar serta memahami maupun mengamalkan wahyu Illahi itu dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu menurutnya sesuai dengan tujuan pelaksanaan MTQ yakni meningkatkan kemampuan membaca, menghafal dan memahami serta mengamalkan isi kandungan Al-Quran.

Meningkatkan kwalitas hidup generasi muda sehingga termotivasi untuk membaca, memahami dan mengamalkan Al-Quran. Dan yang tak kalah pentingnya adalah sebagai ajang seleksi menjaring Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili Meranti nantinya unruk mengikuti ajang perlombaan yang lebih tinggi lagi.

Diakhir sambuat Irwan mengucapkan selamat dan terima kasih yang sebesar kepada semua pihak yang besarnya kepada semua pihak yang telah mensukseskan MTQ tingkat kabupaten ttwtaebut, seraya berharap moment tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar hingga sampai penutupan.

Irwan juga sempat menyinggung posisi Meranti pada perlombaan MTQ tingkat Propinsi Riau, dimana tiga tahun terakhir Meranri mampu mempertahankan posisi Runner Up.

'Sementara pada ajang MTQ sebelumnya yakni di Tahun 2010 lalu Meranti hanya mampu menduduki peringkat 10 dari 12 Kabupaten Kota. Kini dalam 3 tahun terakhir berhasil menaikan posisi menjadi Runner Up berturut-turut. Semoga kedepan dapat menjadi yang terbaik di Provinsi Riau," harapnya.

Kepada seluruh peserta yang bertarung dalam MTQ kali ini, Bupati Irwan meminta untuk mempersembahkan kemampuan terbaiknya sehingga keluar menjadi yang terbaik untuk mewakili Meranti diajang yang lebih besar baik tingkat Provinsi maupun Nasional nantinya.

"Kepada Ketua LPTQ Riau, juga disampaikan harapan agar dapat memberikan tempat seluas luasnya kepada Qori dan Qoriah Meranti untuk memperkuat khafilah Riau nantinya. Jangan ada lagi Qori berprestasi Meranti justru memperkuat Provinsi lainnya," pinta Irwan.

Untuk diketahui, banyak Qori dan Qoriah terbaik Meranti yang tidak terpilih mewakili Riau untuk berloma di MTQ Nasional, justru dicater oleh Provinsi Kepulauan Riau dan berhasil menjadi juara.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Sekdaprov Riau H. Ahmadsyah Harofie mengucapkan terima kasih kepada Qori dan Qoriah Kabupaten Meranti yang telah memberikan andil dan peran ditingkat Provinsi dan Nasional, saat ini tercatat 6 orang Qori Meranti akan Wakil Riau pada ajang MTQ Nasional yang akan digelar di Provinsi Sumatera Utara.

"Terima Kasih kepada Kabupaten Kepulauan Meranti yang Qori dan Qoriahnya telah memberikan andil besar pada MTQ Tingkat Nasional dengan keluar sebagai juara," ucapnya.

Terakhir Kepala Kemenag Meranti Darwison M.Ag, yang dalam sambutannya menceritakan sekelumit sejarah MTQ yang merupakan lomba baca, tulis dan menghafal Al-Quran untuk pertama kali dicetuskan oleh KH. Ahmad Dahlan yang menjabat Menteri Agama di Era 1960-an. Dan terus berlanjut hingga saat ini.

MTQ dapar menjadi media bagi umat muslim dalam memenuhi kewajibannya yakni, selalu membaca Al-Quran dalam kehidupan.

Sesuai perintah Allah 'Iqro' yang artinya bacalah mengandung makna Al-Quran harus dibaca dengan baik sesuai tuntunan syariat, tajwid dan dibaca dengan suara yang indah. Kedua kewajiban mensiyarkan Islam. Dan ketiga menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari.

"Berdasarkan hasil penelitian ahli, majunya sebuah negara dipengaruhi oleh sejauh mana masyarakatnya mencitai Al-Quran dan sejauh mana memahami isi kandungannya," ucapnya lagi.

Sebagai tambahan, MTQ ke-X tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau itu diikuti 349 peserta berasal dari utusan 9 Kecamatan. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 5 (lima) hari kedepan.

Adapun cabang-cabang yang akan diperlombakan dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) kali ini adalah Cabang Tilawah anak-anak, Cabang Tilawah Remaja, Cabang Tilawah, Cabang Tartil Qur'an, Cabang Qira'ah Sab'ah, Cabang Hifdzil Quran, Cabang Tafsir Quran, Cabang Khattil Quran, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran dan Cabang Musabaqah Menulis Isi Al-Quran (M2IQ). Masing-masing cabang tersebut dibagi dalam kategori anak, remaja, dewasa, Cacat Netra. (Adf).

foto

Terkait

Foto

Riau Terima Penghargaan BKN Award

RIAUBOOK.COM - Sempena kegiatan Rapat Koordinasi Kepegawaian yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada tanggal 11 juni 2018 di…

Foto

Firdaus Persembahkan Perkantoran Baru Tenayan Sebagai Kado HUT Pekanbaru ke 234

RIAUBOOK.COM - Layaknya yang berulang tahun pastilah mendambakan sebuah kado minimal ucapan selamat dari yang special, tidak terkecuali Pekanbaru yang…

Foto

Wan Syamsinar, Mengangkat Marwah Negeri lewat Tenun Songket Riau

Wan Syamsinar, 64 tahun, ibarat penjaga nyala obor warisan seni dan budaya Melayu. Semangatnya tak pernah surut dalam menekuni kerajinan…

Foto

Paripurna DPRD Riau Terkait Ranperda Susunan Kelembagaan, Pengisian Jabatan & Masa Jabatan Kepala Desa Adat

RIAUBOOK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menggelar rapat paripurna yang salah satunya beragendakan penyampaian jawaban kepala daerah…

Foto

Wulan Sary, Kartini Zaman Now

Wulan Sary tak merasa canggung memimpin 11 rekan kerja laki-laki. Bidang pengeboran minyak, yang identik dengan dunia laki-laki, tak menjadi…

Foto

Peringatan Hari Bumi Sedunia, Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Sampah tak selamanya identik dengan masalah. Melalui pemanfaatan dan pengolahan yang baik, sampah dapat bernilai ekonomis. Seperti yang dilakukan Karang…

Foto

Pekanbaru Targetkan Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan

RIAUBOOK.COM - Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018, Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan, dimana…

Foto

Target Pengelolaan Sampah Kota Pekanbaru Dalam Rangka Peduli Sampah Nasional 2018

RIAUBOOK.COM - Sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, hingga berusia 10 (sepuluh) tahun, sampah masih menjadi…

Foto

Pembangunan Jaringan Gas Kota Pekanbaru Percepat Wujudkan Smart City

RIAUBOOK.COM - Kota Pekanbaru melalui program Kementerian Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah mulai membangun pipa jaringan gas bumi (jargas) sejak…

Foto

RSUD Madani Menepis Asa Layanan Berkualitas

RIAUBOOK.COM - Semakin kesini layanan kesehatan berkualitas adalah idaman seseorang yang sakit, selain kesembuhan kenyamanan dalam berobat adalah yang utama.Seorang…

Foto

Wakil Walikota Minta Warga Pekanbaru Tidak Membakar Lahan

Foto

Peserta KOMWIL I APEKSI Kagumi Pembangunan Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - 24 Walikota dan Ratusan peserta Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (MUSKOMWIL I APEKSI) memuji…

Foto

Keterbukaan Informasi, Upaya Memupuk Kepercayaan Publik

SISTIM keterbukaan informasi publik bukanlah hal yang tabu lagi, tapi saat ini sudah menjadi kewajiban bagi penyelengara pemerintahan untuk menerapkan…

Foto

Destinasi Wisata dan Budaya Inhu Ternyata Sangat Mengagumkan

RIAUBOOK.COM - Selama ini hanya segelintir orang yang tau jika di Kabupaten Inhu banyak terdapat objek atau destinasi wisata alam…

Foto

Bukti Keberhasilan Pendidikan, Pelajar Inhu Miliki Segudang Prestasi

RIAUBOOK.COM - Salah satu bukti jika pembangunan bidang pendidikan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) dibawah kepemimpinan Bupatinya,…

Foto

Festival Pancing Udang Para Pemburu 'Si Jepit Biru' Miliki Prospek Jadi Iven Tahunan

RIAUBOOK.COM- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan membuka Festival Pancing Udang Para Pemburu 'Si Jepit Biru'. Bupati mengatakan,…

Foto

Diskominfo Inhil Kunjungi Dewan Pers

RIAUBOOK.COM- Dalam rangka mencari masukkan seputar eksistensi media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Indragiri Hilir (Inhil) kunjungi Kantor Dewan…

Foto

Maulid Nabi Merupakan Tradisi Peringati Hari Lahir Rasulullah SAW

RIAUBOOK.COM- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyebut, gelaran Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah tradisi untuk memperingati…

Foto

Bupati Inhil Hadiri Pisah Sambut Kapolres

Foto

Sambu Group 50 Years Anniversary, Bupati Nyatakan Mr Tay Juhana Sebagai Tokoh Pengembang Kelapa Inhil

RIAUBOOK.COM- Pada perayaan Sambu Group 50 Years Anniversary, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan, Mr Tay Juhana…

foto

Pendidikan