Kepala SKK Migas Sumbagut Sambut Pengurus PWI Riau

RIAUBOOK.COM - Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau berkunjung ke Kantor Perwakilsn SKK Migas Sumbagut, Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru, Senin (28/01/2019) pagi.

Kunjungan silaturahmi pengurus PWI Riau ke Kantor Perwakilan SKK Migas Sumbagut ini dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019 dan Hari Ulang Tahun PWI ke-73.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan pengurus PWI Riau diterima langsung oleh Kepala SKK Migas Sumbagut Avicenia Darwis, jajaran Humas SKK Migas Sumbagut, perwakilan SPR Langgak dan perwakilan EMP Bentu.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan pengurus PWI Riau langsung dipimpin Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang. Ikut hadir dalam rombongan PWI Riau tersebut antara lain Sekretaris PWI Riau Amril, Wakil Sekretaris Jinto Lumban Gaol, Bendahara PWI Riau Oberlin Marbun, Wakil Bendahara Herlina, Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga yang juga Ketua Panitia HPN 2019 Tingkat Provinsi Riau Abdul Kadir Bey, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Anthony Harry dan sejumlah pengurus lainnya.

Dikesempatan itu, Kepala SKK Migas Sumbagut Avicenia Darwis mengawali pertemuan memperkenalkan dirinya kepada pengurus PWI Riau.

Dikatakannya, dirinya baru dua bulan ini menjabat SKK Migas Sumbagut menggantikan Hanif Rusdy yang sudah memasuki masa pensiun.

"Saya belum sebulan disini. Saya mesti belajar banyak nich Pak Zul. Karena saya terhitung 14 Januari dilantik sebagai kepala perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut menggantikan Pak Hanif Rusdi. Dan jabatan kepala SKK Migas Sumbagut sempat kosong selama satu bulan. Tanggal 15 Januari saya harus ada disini. Karena itu, saya masih melihat-lihat dan memperkenalkan diri untuk mengakrabkan diri membangun komunikasi dan koordinasi kegiatan-kegiatan SKK Migas di Sumbagut. Sehingga, tentunya kegiatan industri hulu migas ini bisa berlangsung seperti apa yang kita harapkan," terang pria kelahiran Palupuah Sumatera Barat ini yang sebelumnya Vice President Operational ini.

Dikatakan pria hobby traveling ini, tugas dan fungsi SKK Migas ini memang sederhana sekali sebetulnya tugasnya adalah menghadirkan lifting sebanyak-banyaknya dan cost recovery sekecil-kecilnya.

"Jadi kita bermain diefisiensi, karena memang mau tidak mau industri migas ini dipres lagi oleh price. Dinamika price ini akan berdampak langsung pada aktivitas industri migas. Disisi lain, industri migas kita itu sudah berjalan di kilometer berapa. Apakah lapangan-lapangan kita itu sudah, mengecut atau bahkan sudah menopause. Nah kita juga harus hati-hati disitu. Kita bermain di ruang mana. Oleh karena itu, masalah komunikasi dan koordinasi kita tentang itu menjadi hal penting. Sehingga kepentingan kita dalam industri migas bisa berjalan dengan baik," papar Avicenia.

Terkait kunjungan silaturahmi pengurus PWI Riau ke SKK Migas Sumbagut ini, sebut Avicenia, tentunya saling berkunjung, saling bersilaturahmi menyatukan pandangan.

"Sehingga kita bisa melihat industri migas ini pada sisi yang sama, untuk kepentingan yang sama. Itu yang kita harapkan," ujar Avicenia.

Sementara itu, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang mengawali sekapur sirih mengucapkan selamat datang kepada Avicenia Darwis sebagai Kepala SKK Migas Sumbagut yang baru di Pekanbaru ini.

"Selamat datang Pak. Pak Avi, saya ingin menyampaikan pertama; sebagai orang Melayu kami ini terkenal dengan pantun. Kalau pantuan ini sudah biasa, tapi yang ingin kami sampaikan itu adalah tunjuk ajar," tutur Zulmansyah.

Di Negeri Melayu ini, sebut Zulmansyah, ada tunjuk ajar Melayu. Contohnya Apa Tanda Melayu Bermartabat, Dengan Semua Orang Mereka Bersahabat. Apa Tanda Melayu Bertuah, Bersama Sahabat Tak Akan Pernah Saling Menyalah. Jadi tunjuk ajar ini sebenarnya sangat populer di Riau, tapi jarang dipakai. Yang banyak dipakai pantun.

"Tapi yang banyak dipakai pantun-pantun jenaka Pak. Disini Gunung Disana Gunung. Di tengah-tengahnya SKK Migas. Kawan-kawan Ini Pada Bingung Kalau Tidak Dibantu SKK Migas," ujar Zulmansyah.

Dikatakan Zulmansyah, PWI Riau memiliki 1.029 anggota. Bahkan hampir 1.030 anggota, karena yang satu lagi sedang dalam proses.

"Kalau konstituen Dewan Pers, ada tiga di Riau yaitu PWI, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Kalau AJI sekitar 40 orang anggotanya. Sedangkan IJTI lebih sedikit lagi. Jadi PWI ini memang organisasi paling besar yang diakui oleh Dewan Pers. Tapi yang tidak diakui oleh Dewan Pers ada 37 lagi. 37 organisasi wartawan ini sedang berjuang untuk diakui oleh Dewan Pers," beber Zulmansyah.

Sepanjang SKK Migas hadir di Kota Pekanbaru, sebut Zulmansyah, hubungan antara PWI Riau dengan SKK Migas Sumbagut sudah sangat baik. Meski memang ada pasang surut, tapi lebih kepada misskomunikasi.

"Nah kami atas nama wartawan di PWI menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada SKK Migas yang selama ini selalu mensupport semua event-event PWI baik yang bersifat pendidikan, sosial, olahraga dan lain-lain. Dan kami merasa betul manfaat dari SKK Migas, terutama sekarang lebih terkoordinir. Dulu kalau kami mengharapkan bantuan dari teman-teman KKKS, kami datang lobby dan terkadang kawan-kawan ada yang sampai marah-marah. Tapi sekarang cukup sampai ke SKK Migas dan SKK Migas langsung bilang hey bantu ini, bantu ini. Lebih nyaman yang seperti itu Pak. Dan kami terima kasih sekali pada waktu itu kepada Pak Hanif yang sudah memprakarsai agar supporting untuk kegiatan-kegiatan wartawan lebih terkoordinasi supaya tidak tumpang tinding. Akhirnya beliau selalu mengkomunikasikan dengan teman-reman KKKS, nanti kalau membantu PWI bersama-sama," terang Zulmansyah.

Tahun ini, sambung Zulmansyah, dalam banyak rangkaian kegiatan PWI itu kegiatannya sudah dibagi. Misalnya untuk Lomba Karya Jurnalistik, Lomba Karya foto jurnistik itu dibantu oleh BNP dan SPR Langgak. Kemudian untuk kegiatan olahraga misalnya, dibantu oleh KKKS lain. Bantuan untuk donor darah juga disiapkan oleh teman-teman Chevron.

"Kami tentu merasa bahagia. Karena dengan bantuan seperti itu teman-teman akan lebih ringan dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas sosial," ujar Zulmansyah.

Yang kedua pada kesempatan ini, lanjut Zulmansyah, PWI Riau menyampaikan undangan kepada Kepala SKK Migas Sumbagut Avicenia Darwis dan teman-teman KKKS lain untuk bisa hadir pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) di Surabaya pada tanggal 09 Februari 2019 bersama Presiden RI Joko Widodo.

"Tapi untuk tingkat Provinsi Riau kita agendakan oada 27 Maret 2019 bersama Gubernur Riau yang Insya Allah yang terpilih kemarin Pak Syamsuar," sebut Zulmansyah seraya menyampaikan setiap tahun pada malam puncak HPN itu PWI selalu memberikan penghargaan.

'Itulah apresiasi kami yang bisa kami lakukan sementara untuk mengapresiasi teman-teman yang selalu berkomitmen membantu PWI," ujar Zulmansyah lagi.

Tapi secara tugas di lapangan, sebut Zulmansyah, teman-teman di PWI sangat akomodatif. Karena mungkin negeri melayu, dikembangkan itu jurnalisme akomodatif (jurnalisme berkawan-kawan), saling membantu.

"Kita sangat terbuka dengan informasi apapun tentang SKK Migas maupun tentang K3S," ucap Zulmansyah.(rls)

foto

Terkait

Foto

Pemkab Siak Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran Rumah di Sabak Auh

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siak menyerahkan bantuan kepada keluarga…

Foto

Aliansi Mahasiswa Riau Peduli Keadilan Demo Minta Toro Divonis Bersalah

RIAUBOOK.COM - Aliansi Mahasiswa Riau Peduli Keadilan (AMR-PK) menggelar aksi demo di depan Pengadilan Negeri Pekanbaru, Senin (28/1/2018), mereka menuntut…

Foto

Kategori B, Akuntabilitas Kinerja Pemkab Siak Masih Terbaik di Riau

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten Siak, kembali menjadi yang terbaik di Provinsi Riau, dengan pencapaian kategori B untuk Laporan Hasil Evaluasi…

Foto

Koramil 12/Pwk Sabak Auh Gotong Royong Bersihkan Sisa-sisa Kebakaran Rumah Warga di Sabak Permai

RIAUBOOK.COM - Koramil 12/Pwk Sabak Auh ikut melakukan gotong royong, bersama masyarakat setempat untuk membersihkan sisa-sisa kebakaran rumah seorang warga…

Foto

Dewan Pers Tak Temukan Hoax Atau Fitnah Tabloid Indonesia Barokah

RIAUBOOK.COM - Dewan Pers tidak menemukan indikasi hoax atau fitnah dalam tulisan terbitan tabloid Indonesia Barokah yang dianggap menyudutkan Prabowo…

Foto

RAPP Salurkan Bantuan Banjir untuk Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu

RIAUBOOK.COM - Meluapnya Sungai Subayang, yang berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu telah merendam…

Foto

Sulitnya Menghubungi Mobil Pemadam Kebakaran BOB

RIAUBOOK.COM - Penghulu (Kepala Desa) Sabak Permai Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Kamarudin menyesali sikap perusahaan BOB tidak membantu menurunkan…

Foto

Diduga Konsleting Listrik, Rumah RW di Sabak Permai Dilalap Si Jago Merah

RIAUBOOK.COM - Musibah bagi keluarga Bahrudin ketua Rukun Warga (RW) 02 Dusun Sabak Auh, Kampung Sabak Permai Kecamatan Sabak Auh…

Foto

MPKT Siak Puji Syamsuar Peduli dengan Karang Taruna, Indra: Beliau Berhasil Membina dan Komunikasi Baik dengan Pemuda

RIAUBOOK.COM - Berhasilnya Bupati Siak H Syamsuar sekaligus pembina Karang Taruna Kabupaten Siak, meraih penghargaan Lencana Adhitya Karya Martavha Yodha…

Foto

Kabar Gembira bagi Pencari Kerja, Ada 34 Ribu Lowongan di Jepang 'Jatah' untuk Riau

RIAUBOOK.COM - President & CEO DSJ Holdings Inc Japan, Izumi Hara, pengusaha asal Jepang jadi tamu istimewa Bupati Siak yang…

Foto

Peduli dengan Karang Taruna, Syamsuar Terima Penghargaan Lencana Adhitya Karya Martavha Yodha dari Kemensos

RIAUBOOK.COM - Pembina utama Karang Taruna Kabupaten Siak H Syamsuar menerima penghargaan Lencana Adhitya Karya Martavha Yodha dari Kementerian Sosial…

Foto

Pamitan di Dayun, Syamsuar Dipakai Blangkon dan Bicara Pengelolaan Ladang Minyak CPP Block Dikelola Daerah

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak H Syamsuar kembali melakukan silaturahmi ke setiap Kecamatan di Kabupaten Siak, kali di Kecamatan Dayun, Syamsuar…

Foto

Supirman Blusukan ke Rohil, Berjanji Kembalikan Kejayaan Kemaritiman Pesisir Riau

RIAUBOOK.COM - Tokoh masyarakat Riau Supirman berkunjung, blusukan ke Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bertemu dengan Bupati Suyatno dan sejumlah…

Foto

Syamsuar Ingin Anak Siak Jadi Pengusaha yang di Kepalanya Lekat 30 Juz Quran

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten Siak tahun 2019 ini, berencana mengirim 100 pelajar berprestasi dalam dua tahap, untuk belajar ke Sekolah…

Foto

Siak Targetkan Raih Adipura Kencana Tahun Depan

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak H Syamsuar minta semua pihak terkait tidak cepat berpuas diri atas raihan anugerah Adipura kategori kota…

Foto

Alwi Shihab Datang ke Siak Tawarkan Peluang Investasi di Timur Tengah, Salah Satunya Bidang Pariwisata

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak H Syamsuar, bertemu utusan khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan Organisasi kerjasama Islam (OKI), Dr…

Foto

4 Februari DPRD Siak Paripurnakan Peresmian Pengunduran Diri Syamsuar Jadi Bupati

RIAUBOOK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak menjadwal 4 Februari Ini untuk melakukan peresmian pengunduran diri sebagai Bupati…

Foto

Sungai Siak Disulap Seperti Melaka, Waterfront City jadi Daya Tarik

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten Siak berencana mengemas peluang dan daya tarik wisata Sungai Siak di Siak Sri Indrapura, dengan mendandani…

Foto

Masyarakat Minas Diminta Bersiap Jemput Multiplier Effect Tol Sumatera

RIAUBOO.COM - Bupati Siak H. Syamsuar dihadapan masyarakat Minas mengatakan, bahwa tugas melaksanakan pembangunan itu tidak mengenal kata usai. Syamsuar…

Foto

Warga Siak Urus E-KTP Setiap Hari Rata-rata 500 Orang

RIAUBOOK.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak menangangi rata-rata masyarakat yang hendak berurusan dengan E-KTP sebanyak…

Pendidikan