foto

Mustafa Kamal: Tak Ada Yang Bisa Memisahkan Kas-Bagus Kecuali Maut

RIAUBOOK.COM - Ketua Tim Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) PAN Riau Mustafa Kamal menegaskan tidak ada yang bisa memisahkan pasangan Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) atau menentang SK DPP PAN kecuali maut menghampiri.

"Hal-hal yang bisa membuat dukungan PAN itu ditarik atau batal hanya hal-hal yang fatal. Mohon maaf, seperti meninggal dunia atau sakit yang memang begitu mengganggu aktifitas pasangan calon tersebut," kata Mustafa Kamal lewat telekomunikasi, (4/7/2020).

Semua pihak kata dia harus menghormati keputusan DPP PAN dan jangan konyol untuk menentang atau justru membuat keputusan-keputusan yang bertentangan.

"Sebagai kader DPW PAN Riau, semua harus patuh dan tunduk pada keputusan DPP," kata dia.

Menurut dia, isu yang berkembang dalam perkara Amril Mukminin merupakan terpaan lawan politik yang harus dihadapi bukan justru diamini.

Kata dia, semakin besar terpaan yang melanda pasangan Kas-Bagus, itu artinya semakin banyak yang mencemaskan pasangan itu melenggang pada Pilkada Bengkalis mengingat elektabilitas keduanya terus memuncak.

"Jadi baik PAN atau pasangan Kasmarni-Bagus Santoso, sama-sana tidak bisa mundur atau menarik kembali dukungan yang telah ditetapkan, kecuali adanya hal-hal fatal seperti yang saya sebutkan," katanya.

Dia sebelumnya juga menegaskan, tidak ada rencana evaluasi untuk pasangan Kasmarni-Bagus Santoso setelah SK dukungan DPP PAN terbit untuk mendukung pasangan Kas-Bagus (KBS).

"Sampai hari ini tidak ada rencana evaluasi dukungan untuk pasangan Kasmarni-Bagus Santoso, dan semua pihak harus menghormati keputusan yang diambil oleh DPP PAN," kata politisi senior Mustafa Kamal.

Sosok Paling 'Seksi'

Sosok Kasmarni menjadi satu-satunya calon kepala daerah yang paling 'seksi' untuk Kabupaten Bengkalis, Riau, dan Bagus Santoso bersama PAN telah menentukan pilihan yang ideal.

Akademisi Fisipol Universitas Riau Saiman Pakpahan dihubungi RiauBook.com pada Minggu malam (21/6/2020) mengungkap dua setting isu yang baik untuk pasangan Kasmarni-Bagus Santoso.

"Pertama tentang koalisi PAN dengan partai lain yang menempatkan Kasmarni sebagai pasangannya sehingga memunculkan banyak prediksi dan dugaan-dugaan positif," kata Saiman.

Saiman turut mengungkap kejayaan massa lampau dan sekarang yang dipandang sangat menguntungkan pasangan Kasmarni-Bagus Santoso.

Dia jelaskan, bahwa saat ini Kasmarni merupakan jaringan kekuasaan bagi Bupati Amril Mukminin yang sebelumnya mampu menguasai basis suara di Mandau dan Pinggir.

Sementara PAN, lanjut dia, pada era sebelumnya melalui Herliyan Saleh juga berhasil memikat hati masyarakat Bengkalis.

"Maka kemudian, akan ada memori publik pada PAN di Bengkalis

terkait pasangan Kasmarni dan Bagus Santoso," kata dia.

Sementara itu, lanjut Saiman, jika dilihat dari partai, maka partai punya kemampuan untuk melakukan pembacaan koalisi dengan partai-partai lain.

"Dan partai lain tentu harus mendorong kader partainya itu untuk dipasangkan dengan individu potensial, dan begitu idealnya jika berbicara norma politik," katanya.

Maka, lanjut dia, komunikasi politik antarpartai tentu akan sangat baik dimatangkan atau diselesaikan di tingkat partai yang berbeda.

Hal itu menurut Saiman amat penting mengingat koalisi antarpartai menentukan kekuatan untuk meraih kekuasaan di Bengkalis.

"Lalu platfom partai mana yang diangggap sesuai untuk meraih kekuasaan itu bisa diraih? Tentunya PAN sudah melakukan analisis yang matang," katanya.

Akademisi ini juga menjelaskan, Kasmarni merupakan birokrat yang memiliki kekuatan politik besar di Bengkalis, terlebih jaringan yang sejauh ini masih melekat.

Maka ketika ada kebuntuhan, demikian Saiman, maka dianggap penting karena ujung kesimpulan komunikasi politik antarpartai walaupun melalui upaya 'bypass' dengan orang yang memiliki jaringan kuat dan dengan orang yang memiliki kekuasaan.

Dengan kondisi Kasmarni yang 'seksi' itu, lanjut dia, maka kemudian wajar ada upaya atau usaha untuk mendorong Kasmarni agar terjun ke dunia politik dengan asumsi dia masih punya kekuatan birokrasi.

"Pun sejauh ini Mandau dan Pinggir masih menjadi basis bagi Kasmarni yang hingga kini memang memiliki jaringan yang kuat," katanya.

Secara politik, lanjut dia, Kasmarni menjadi 'seksi' untuk dilirik oleh partai-partai untuk merebut kekuasaan di Bengkalis.

"Maka PAN wajar menjatuhkan pilihan ke Kasmarni dengan menempatkan kader partainya Bagus Santoso," kata dia.

Pilihan itu menurut dia bukan menjadi persoalan karena partai memiliki pandangan tersendiri untuk merebut atau mempertahankan kekuasaan di Bengkalis.

Dalam konteks keterwakilan dan distribusi politik suara itu, demikian Saiman, maka pilihan PAN tidak ada persoalan dan itu menjadi salah satu kemampuan partai untuk melihatnya.

"Kalau dilihat dari peta sebaran suara, karena pilkada bicara tentang pemilih.

Peta untuk sebaran pertama Pilkada Bengkalis ada di Pulau Bengkalis dan bahkan lebih banyak suara ada di Mandau dan Pinggir yang menjadi basis Kasmarni," katanya.

Dan Kasmarni melalui kontestasi politik Amril periode sebelumnya, menurut dia juga akan mampu dan berhasil menguasai wilayah itu sehingga wajar kemudian PAN membuka pintu koalisi dengan argumentasi tersebut.

Untuk diketahui, Bagus Santoso yang didorong PAN untuk berpasangan dengan Kasmarni merupakan kader PAN yang telah berkali-kali menjabat sebagai legislator di Bengkalis dan legislator di DPRD Riau.

Sosok Bagus Santoso dipandang mampu membawa PAN kembali berjaya di Bengkalis bersama birokrat 'seksi' yang memiliki jaringan kuat di wilayah Mandau dan Pinggir. (fzr)

foto

Terkait

Foto

Ketua Tim Pilkada PAN Riau Mustafa Kamal Tegaskan Tak Ada Evaluasi, Hormati Keputusan DPP

RIAUBOOK.COM - Ketua Tim Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) PAN Riau Mustafa Kamal menegaskan tidak ada rencana evaluasi untuk pasangan Kasmarni-Bagus…

Foto

Pemprov Riau Sebaiknya Tunggu Putusan Pengadilan Atas Kasus Amril Mukminin

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Provinsi mengusulkan pemberhentian sementara Bupati Bengkalis non aktif Amril Mukminin ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Usulan itu…

Foto

DPP PAN Terbitkan SK untuk Kasmarni-Bagus Santoso Maju di Pilkada Bengkalis

RIAUBOOK.COM - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Nomor : PAN/A/Kpts/KU-SJ/053/V/2020 tentang persetujuan…

Foto

Eet-Samda Pasangan Ideal Kawinan Golkar-PKS, Jangan Sampai Turun Mesin

RIAUBOOK.COM - Nama Politis Golkar Indra Gunawan atau yang akrab disapa Eet turut mencuat untuk meramaikan kontestasi pada Pilkada Bengkalis,…

Foto

Ahmad Syah Harrofie Sosok Paling Matang untuk Bengkalis, Tunggu Lirikan Partai

RIAUBOOK.COM - Jika diamati secara mendalam, dari nama-nama yang muncul ke permukaan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkalis, Riau, maka…

Foto

Kasmarni Paling 'Seksi' untuk Bengkalis, Bagus Santoso dan PAN Tentukan Pilihan Ideal

RIAUBOOK.COM - Sosok Kasmarni menjadi satu-satunya calon kepala daerah yang paling 'seksi' untuk Kabupaten Bengkalis, Riau, dan Bagus Santoso bersama…

Foto

Akademisi : Kasmarni-Bagus Santoso Pasangan Ideal Rebut Hati Masyarakat Bengkalis

RIAUBOOK.COM - Akademisi Universitas Riau Saiman Pakpahan menilai bakal calon Bupati Bengkalis Kasmarni dan Bagus Santoso yang baru saja resmi…

Foto

Gelar Rakor Perdana, Bawaslu Riau Bahas Strategi Pengawasan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

RIAUBOOK.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau menggelar rakor koordinasi (Rakor) perdana dengan Bawaslu daerah kabupaten/kota di wilayah setempat…

Foto

Airlangga Hartarto Bakal Capres 2024

RIAUBOOK.COM - Partai Golkar akan mengusung Airlangga Hartarto (AHA) maju di Pilpres 2024 mendatang sebagai calon presiden, demikian Waketum DPP…

Foto

Andi Rachman Mundur, Syamsuar Ketua Golkar Riau

RIAUBOOK.COM - Pelaksanaan Musda DPD Golkar Riau yang seyogyanya dilaksanakan pada 1 dan 2 Maret 2020 terpaksa ditunda dan segera…

Foto

DPP Golkar Diminta Ambil Alih Musda Riau, PDK Kosgoro: Semua Tahu Syamsuar Kader Golkar

RIAUBOOK.COM - Pengurus Daerah Kolektif (PDK) Kosgoro 1957 Riau menyatakan meminta kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar untuk mengambil…

Foto

Hanura Usung Abu Mansyur Matridi di Pilkada Kabupaten Pelalawan

RIAUBOOK.COM - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk penetapan calon Bupati…

Foto

Inilah Capres Termuda Pemilu AS 2020

RIAUBOOK.COM - Lahir di South Bend, Indiana pada 19 Januari 1982, bulan ini, Buttigieg genap berusia 38 tahun. Dengan…

Foto

Ini Dia Capres Homo dari Demokrat untuk Amerika

RIAUBOOK.COM - Amerika Serikat (AS) sebentar lagi menggelar pemilihan umum, dan calon presiden yang kini menjadi sorotan publik dari Partai…

Foto

Hindari Sengketa Proses Pilkada, Tim Advokat Nurhadi-Toni Koordinasi dengan Bawaslu Inhu

RIAUBOOK.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, didesak untuk melakukan pengawasan terhadap tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu dan peserta…

Foto

Sandiaga Uno dan Anies Capres Potensial 2024, Jika Berhadapan dengan Prabowo Keduanya Tak Maju

RIAUBOOK.COM - Pengusaha Sandiaga Uno sebelumnya diungkap menjadi Capres potensial untuk Pilpres 2024, begitupun Anies Baswedan yang sekarang menhabat Gubernur…

Foto

Rapat Paripurna DPRD Inhu Rusuh, Sekda Hendrizal Tinggalkan Ruangan

RIAUBOOK.COM - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri hulu (Inhu), Riau, Senin (20/1/2020) berlangsung rusuh. Rapat paripurna…

Foto

Megawati: KPK Itu Saya yang Buat, Tugasnya Pokoknya Awasi Polri dan Kejaksaan

RIAUBOOK.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dirinya yang membentuk, dan tugas serta fungsi…

Foto

Bagus Santoso Resmi Kantongi Rekom DPP PAN untuk Pilkada Bengkalis

RIAUBOOK.COM - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Jakarta telah resmi mengeluarkan surat rekomendasi untuk Pilkada Kabupaten Bengkalis. Terdapat 3…

Foto

Sandiaga Uno Presiden 2024, Ini Kode Keras Jokowi

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi isyarat yang mengejutkan, dihadapan publik, dia menyampaikan 'kode keras' terkait Sandiaga Uno…

foto

Pendidikan