Kepala Dinas Kebudayaan, Raja Yoserizal Zein. (MC)

Jumat, 14 Juli 2017 - 09:45 WIB 1310000

Cara Yoserizal Ramaikan Museum Riau

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Pihak Dinas Kebudayaan Provinsi Riau menggelar lomba cerdas cermat kebudayaan tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) se Riau 2017 untuk memperkenalkan kepada generasi muda terkait dengan kebudayaan.

"Hakikat terpenting bukan lomba, tapi bagaimana bisa datang ke museum. Kemudian mengenal kebudayaan itu sendiri," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Raja Yoserizal Zein, saat membuka acara lomba cerdas cermat kebudayaan, di Hotel Alfa, Kamis (13/7/17).

Kebudayaan menurut Yoserizal adalah identitas suatu daerah. Adanya kebudayaan menunjukan berkembangnya peradaban. Termasuk Riau yang jika berkunjung ke museum Riau bernama Sang Nila Utama terletak di komplek perkantoran Dinas Kebudayaan Riau banyak mengoleksi benda-benda bersejarah.

Menurut Yose, sejauh mana pentingnya berkunjung ke museum. Karena dari sanalah masyarakat dapat mengenal peradaban yang ada dimasa lampau.

"Adanya kebudayaan adalah bukti suatu daerah tersebut memiliki peradaban. Peradaban yang ada dimasa lalu itu dapat dijumpai di museum. Karena itu, kenapa pentingnya generasi muda mengunjungi museum untuk belajar dan memahami suatu peradaban termasuk yang ada di Riau ini," ungkap Yoserizal.

Sementara Kepala UPT Museum Sang Nila Utama, yang juga ketua panitia acara, Sri Mekka menjelaskan jumlah tim peserta cerdas cermat kebudayaan sebanyak 12 kelompok yang terdiri dari utusan kabupaten kota di Riau.

Ada pun materi lomba terdiri dari sejarah kebudayaan Indonesia, sejarah perjuangan bangsa serta permuseum.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Dimana para pemenang lomba pertama akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp17 juta. Pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan Rp14 juta. Pemenang ketiga mendapatkan uang pembinaan Rp11 juta.

Selain itu, ada juga untuk pemenang harapan satu, akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp9 juta. Pemenang harapan kedua Rp7 juta serta pemenang harapan ketiga sebesar Rp5 juta.

Hadir juga pada kesempatan ini Kepala Museum Nasional diwakili Kabid Kemitraan Promosi Museum Nasional, Dedah. Dalam sambutannya, Dedah yang juga disebut-sebut calon kuat pengganti Kepala Museum Nasional menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Dedah juga berharap melalui kegiatan cerdas cermat ini pengetahuan masyarakat khususnya pelajar yang ikut semakin bertambah dalam hal kebudayaan.(RB/MC)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Ini Cara Unik Gubri Kenalkan Pasar Bawah

Jumat, 07 Juli 2017 - 09:32 WIB

700 Peserta OSN Kunjungi Candi Muara Takus

Kamis, 06 Juli 2017 - 19:46 WIB

Pantai Muara Lasak Padang yang Kotor, Banyak Beling

Selasa, 04 Juli 2017 - 21:44 WIB

Maskapai ini akan Hilangkan Kursi Pesawat

Selasa, 04 Juli 2017 - 11:05 WIB

Pulang Kampung, Obama Piknik ke Bali dan Jogja

Sabtu, 24 Juni 2017 - 05:47 WIB

Balimau Kasai, Wisata Kampar Jelang Ramadan

Jumat, 09 Juni 2017 - 12:22 WIB

Danau Wisata Tanjung Putus Sunyi Inilah Penyebabnya

Senin, 05 Juni 2017 - 19:37 WIB

Pesawat JetBlue Terapkan Boarding dengan Scan Wajah

Senin, 05 Juni 2017 - 11:29 WIB

Cari Judul Berita





Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize