Wabup Siak alfedri saat mencoba sampan di danau naga sakti Dosan, Pusako Siak, Senin (14/8/17). (RB/Agus)

Senin, 14 Agustus 2017 - 20:54 WIB 1740000

Tinjau Danau Naga Sakti untuk Progres Pembenahan, Wabup Siak Beri Catatan yang Harus Dilakukan Pengelola

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Bermaksud meninjau progres pembenahan yang telah dilakukan Pemerintah Kecamatan Pusako bersama Pemerintah Kampung Dosan tersebut, Wakil Bupati Siak Alfedri mengunjungi Danau Naga Sakti, Senin (14/08/17) Siang.

Dalam kunjungan selama lebih kurang tiga jam tersebut, Alfedri yang tiba bersama rombongan Kwarcab 09 Pramuka Siak mensimulasikan kunjungan pelancong yang datang berwisata di danau yang lekat dengan cerita rakyat itu.

Satu persatu fasilitas yang tersedia di danau ia coba, mulai dari makan siang di peranginan pinang merah, berdayung sampan menyeberangi danau, mengunjungi rumah singgah, hingga mencoba fasilitas memanah di ujung danau. Hasilnya, beberapa masukan ia sampaikan kepada pengelola Danau Naga Sakti untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan berkunjung.

"Petugas keamanan yang berjaga perlu ditempatkan dibeberapa titik strategis, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan agar penanganannya langsung dan cepat," pesannya kepada Camat Andi Putra yang mendampingi.

Kata Alfedri, bila perlu pengelola belajar dari pola pengelolaan objek wisata lain diluar Riau sebagai perbandingan.

Penghulu Dosan Firdaus menanggapi masukan Alfedri tersebut, menurut dia saat ini petugas keamanan masih berkeliling dengan boat cepat berpatroli mengamanankan areal danau.

"Soal peningkatan kualitas kenyamanan pengunjung, kita juga perlu mempertimbangkan pengelolaan sampah non-organik yang kemungkinan dibawa pelancong atau pedagang sekitar, supaya tidak merusak alam yang masih asri," sebutnya.

Sementara itu Camat Pusako Andi Putra mengatakan, meskipun Danau Naga Sakti ini tergolong objek wisata yang masih terhitung baru dipopulerkan, besarnya antusiasme pelancong yang datang diluar dugaan Pemerintah Kecamatan Pusako dan pengelola danau.

"Selama tiga hari libur lebaran kemarin, jumlah pengunjung tercatat tembus 13 ribu orang. Bahkan wisatawan asing sudah ada yang menginap disini, mereka terkesan dengan suara daun pokok rasau yang bergesekan ditiup angin," sebutnya.

Andi juga menjelaskan, kedepan pengelolaan tasik kebanggaan masyarakat Kampung Dosan itu akan terus ditingkatkan. Saat ini pengelolaannya masih ditangani unit kecil kelompok sadar wisata yang dibentuk Pemerintah Kampung Dosan. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

395 Kamabigus Siak Ikuti Renungan Ulang Janji Pramuka

Senin, 14 Agustus 2017 - 13:31 WIB

Kwarcab Rohil Gelar Perkemahan HUT ke-56 Pramuka

Senin, 14 Agustus 2017 - 12:12 WIB

Seorang Pemburu Tewas Diinjak Gajah Liar

Senin, 14 Agustus 2017 - 11:52 WIB

Dua Perwira Berkelahi, Panglima TNI: Itu Tidak Etis!

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:00 WIB

Dua Mahasiswa Indonesia Ditahan Otoritas Mesir

Jumat, 11 Agustus 2017 - 21:18 WIB

Panglima TNI: Anggota yang Pukul Polisi Pasti Dihukum!

Jumat, 11 Agustus 2017 - 21:14 WIB

Harris Hebat, Kembali Terima Penghargaan

Jumat, 11 Agustus 2017 - 18:10 WIB

GP Anshor Gelar Silaturahmi Beserta TNI dan Polri

Jumat, 11 Agustus 2017 - 15:29 WIB

Wabup Zardewan Pimpin Apel HUT Provinsi Riau Ke-60

Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:40 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia