Syamsuar saat memaparkan materi seminar, Selsa (15/8/17). (RB/Agus)

Selasa, 15 Agustus 2017 - 15:13 WIB 3570000

Syamsuar Sebut Ada 5 Kunci Reformasi Birokrasi untuk Kesuksesan Suatu Daerah

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak Syamsuar mengatakan, sebagai Daerah yang sukses dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi , ada 5 kunci dari keberhasilan reformasi birokrasi dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik.

"Yang pertama, komitmen kepala Daerah, kedua, dasar hukum yang kuat dalam melaksanakan kebijakan perubahan sistem tata kelola pemerintahan yang baik berupa Peraturan Daerah maupun Peraturan Kepala Daerah," kata Syamsuar, saat menjadi narasumber seminar Internasional, dengan Tema "Penguatan Kapasitas Birokrasi Administrasi Publik dalam Penyelenggaraan Lembaga Lokal" di Ballroom, Grand Suka Hotel Pekanbaru, Selasa (15/8/17).

Yang ketiga lanjut Syamsuar, dukungan dari pihak internal dan masyarakat atas kebijakan perubahan tata kelola pemerintahan.

"Keempat, inisiatif internal berupa kebijakan dan inovasi perubahan sistem tata kelola pemerintahan dan yang terahir pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas staff," katanya.

Syamsuar juga mengatakan, ada 3 prioritas Nasional Reformasi Birokrasi, pertama Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019, kedua penerapan standar pelayanan publik dan sistem informasi perizinan, dan ketiga peningkatan disiplin dan pengawasan kinerja dan administrasi keuangan.

Lanjutnya, sistem pelayanan perizinan yang ada di Kabupaten Siak adanya pemberian perizinan Online (bisa menandatangani berkas perizinan dimana saja melalui Sistem Online).

"Untuk saat ini baru ada 2 Kabupaten yang melaksanakan sistim perizinan ini, Kabupaten Siak dan Kabupaten Sidoarjo. Dan juga sistem perbaiki jalan hanya melalui SMS, jadi masyarakat cukup mengirim SMS yang berisi lokasi jalan yang rusak ke dinas terkait dan akan langsung diperbaiki," kata Syamsuar.

Intinya kata Syamsuar, jika ingin mewujudkan sistim Pemerintahan yang baik, harus di dukung oleh Reformasi Birokrasi yang baik pula.

Sementara itu, Ketua Indonesiaan Association for Publik Administrasion (IAPA) Sumatera Tengah Prof. H. Sujianto Mengatakan, alasan isu itu yang di ambil karena saat ini masyarakat disuguhkan oleh birokrasi asing, meskipun birokrasi itu sudah ada sejak zaman belanda.

"Mari kita lihat di Provinsi Riau, Indonesia kita memliki sistem adminiatrasi yang unik, contoh nya Kerajaan Siak memilik struktur demokrasi yang sangat sederhana. Kenapa begitu, karena sampai hari ini struktur demokrasi kita sangat panjang, mulai dari Presiden, Bupati, Walikota, Camat dan Kepala Desa dan lain-lain," katanya.

Sedangkan di Kerajaan Siak lanjutnya, memiliki struktur demokrasi Sultan, Datuk bendahara dan penghulu. Jadi struktur demokrasi pada masa Pemerintahan kerajaan Siak itu singkat dan tidak bertele. Dan di dalam Pemerintahan Kerajaan Siak itu hanya memiliki tiga unsur yakni unsur pemerintahan, unsur agama dan unsur budaya.

"Seminar ini bisa memberikan manfaat seperti apa sebenarnya administrasi Birokrasi di Daerah kita, supaya tidak ada pertentangan untuk kedepannya," terangnya.

Dalam kesempatan ini, juga dihadiri ketua IAPA Pusat Prof. Eko, Ketua Iapa Sumatera Tengah Prof. H. Sujianto dan koordinator Prodi ilmu administrasi Publik Fisip Universitas Riau Dadang Manshur.

Dan juga diikuti oleh pewakilan dari 5 Negara Malaysia Prof Datuk Zainal Abidin Burhan (University Malaya, Malaysia), Dr. Gemal Zakaria (Senior Lecturer University of Brunei Darussalam), Nola fibtiyanti, M.Pd (Head Muamalat School Muhammadiyah Islamic College Singapore). (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Polisi Apresiasi Laporan Wartawan Terkait Dugaan Penipuan

Selasa, 15 Agustus 2017 - 09:54 WIB

Bupati Harris Terima Lencana Melati dari Adhyaksa Dault

Senin, 14 Agustus 2017 - 22:21 WIB

Hari Pramuka Ke 56, Bupati Harris Terima Lencana Melati

Senin, 14 Agustus 2017 - 21:24 WIB

Wow! ini Istana Megah Milik Bos First Travel

Senin, 14 Agustus 2017 - 21:12 WIB

395 Kamabigus Siak Ikuti Renungan Ulang Janji Pramuka

Senin, 14 Agustus 2017 - 13:31 WIB

Kwarcab Rohil Gelar Perkemahan HUT ke-56 Pramuka

Senin, 14 Agustus 2017 - 12:12 WIB

Seorang Pemburu Tewas Diinjak Gajah Liar

Senin, 14 Agustus 2017 - 11:52 WIB

Dua Perwira Berkelahi, Panglima TNI: Itu Tidak Etis!

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:00 WIB

Dua Mahasiswa Indonesia Ditahan Otoritas Mesir

Jumat, 11 Agustus 2017 - 21:18 WIB

Panglima TNI: Anggota yang Pukul Polisi Pasti Dihukum!

Jumat, 11 Agustus 2017 - 21:14 WIB

Harris Hebat, Kembali Terima Penghargaan

Jumat, 11 Agustus 2017 - 18:10 WIB

GP Anshor Gelar Silaturahmi Beserta TNI dan Polri

Jumat, 11 Agustus 2017 - 15:29 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia