Pacu Jalur 2017. (dok)

Senin, 28 Agustus 2017 - 10:57 WIB 3240000

Siposan Rimbo RAPP Pertahankan Gelar Juara Pacu Jalur, Gubri: Pemprov Bersinergi Majukan Pacu Jalur

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Jalur Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuansing berhasil keluar sebagai juara I setelah di putaran final sukses mendahului haluan jalur Panglimo Olang Putie Raja Ponsel dari Desa Sungai Ala, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing yang hanya puas diposisi kedua.

Dengan demikian, tropi juara di Tepian Narosa masih belum berpindah tangan karena di tahun 2016 lalu, jalur Siposan Rimbo RAPP juga sukses meraih gelar juara.

"Alhamdulillah, dengan kerja keras dan perjuangan yang cukup melelahkan selama empat hari bertarung di tepian narosa ini, kami mampu mempertahankan gelar juara,"ujar salah seorang warga Pangean kepada Wartawan usai diumumkannya pemenang pada putaran final yang berlangsung Sabtu (26/8/2017) sore.

Sementara posisi ketiga diraih jalur Toduang Biso Rimbo Piako dari desa Peboun, Kecamatan Kuantan Mudik, setelah pada saat perebutan juara tiga dan empat, jalur utusan dari Kabupaten Indragiri Hulu, Buaye Kuning menolak untuk berpacu tanpa tahu alasannya. Sehingga Toduang Biso Rimbo Piako dinyatakan menang WO. Dengan demikian Buaye Kuning dari desa Redang Inhu menempati posisi ke 4.Sedangkan posisi ke lima hingga 13 dilakukan pencabutan undian.

Partai final disaksikan ratusan ribu pengunjung yang tumpah ruah di sepanjang bantaran Sungai Batang Kuantan tepatnya di Gelanggang Pacu Tepian Narosa, Taluk Kuantan.

Bersinergi

Sebelumnya, saat pembukaan Pacu Jalur 2017 pada Rabu (23/8/2017) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman secara resmi membuka Festival Pacu Jalur Tahun 2017 di Lapangan Limuno, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Dalam sambutannya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, Festival Pacu Jalur menjadi salah satu tradisi pariwisata di Riau. Bahkan dari iven yang sudah masuk kalender pariwisata nasional ini telah meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Kuansing. Untuk itu Pemprov Riau akan bersinergi dengan sejumlah stakeholder untuk memajukan event wisata Pacu Jalur.

Pada tahun 2017 ini, Festival Pacu Jalur diikuti sebanyak 193 jalur, yang terdiri dari 156 jalur dari tuan rumah Kuantan Singingi, 33 jalur dari Kabupaten Indragiri Hulu, dan masing-masing satu jalur.

"Pacu Jalur sebuah bentuk festival akbar turun temurun lebih dari satu abad. Setiap tahun dibuat semakin baik, dan menarik para wisatawan untuk datang ke Kuansing," ungkap gubri.

Ditambahkan Gubri, Pacu Jalur juga telah masuk dalam salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Indonesia. Pacu jalur sebagai warisan budaya dan nilai budaya mengandung kearifan lokal. Melalui iven pariwisata ini dapat mengangkat multiplier effect.

"Pacu jalur masuk sebagai salah satu tradisi yang dipertahankan yang masuk dalam iven nasional dengan keunikan dan kekhasan jalur. Jalur yang diiringi tabuhan gendang yang mengandung unsur seni, dan mampu menghibur masyarakat. Pacu jalur bukan tidak mungkin dilirik para wisatawan baik dalam dan luar negri," kata Gubri.

Festival Pacu Jalur ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Riau, dan diampingi oleh Bupati Kuansing Mursini, perwakilan Kementrian Pariwisata, anggota DPRD Riau, Supriati dan Wakil Bupati Kuansing Halim. (advertorial)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
redaksi riaubook

Berita Terkini

Info Pacu Jalur 2017: Kuansing Mendominasi atas Inhu

Jumat, 25 Agustus 2017 - 11:34 WIB

Pemkab Siak dan Kuansing Teken MoU Pariwisata

Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:16 WIB

Pemkab Inhil Gelar Iven Menongkah Heritage 2017

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 19:48 WIB

Ini Jawaban Tantangan Pengelolaan Pariwisata Alam

Selasa, 08 Agustus 2017 - 12:12 WIB

Vote and Share for Riau The Homeland of Melayu...

Senin, 07 Agustus 2017 - 08:36 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia