HM Wardan bersama peserta FKI. (Diskominfo)

Senin, 11 September 2017 - 10:46 WIB 1050000

Field Trip, Bupati Inhil Dan Delegasi APCC

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Pada Field Trip yang dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dalam Festival Kelapa Internasional (FKI) Tahun 2017, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan dan para delegasi Asian Pacific Coconut Community (APCC) mengikuti kegiatan panen kelapa bersama warga di Parit Tanjung Pasir, Kelurahan Tanjung Pidada, Kecamatan Tempuling, Senin (11/9/2017) pagi.

Sebelum proses memanen di mulai, Bupati Wardan tidak lupa mengajak peserta masyarakat dan para delegasi untuk memperagakan salam khas, salam lima jari, 'salam kelapa'.

"Salam kelapa, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kelapa yang ada disana langsung kita hanyutkan," ujar Bupati Inhil memulai proses menghilirkan kelapa yang disambut riuh meriah delegasi dan masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan.

Setelah kelapa hanyut dari hulu ke hilir menuju tempat yang telah dipersiapkan, kelapa yang berada di dalam kanal selanjutnya dinaikkan ke darat dengan cara ditombak untuk dimasukkan kedalam ambung atau keranjang yang biasanya di sandang di punggung.

Dalam proses menikkan kelapa dari kanal, Bupati Inhil pun tak mau ketinggalan mencoba proses menombak kelapa tersebut, bersama Direktur Eksekutif APCC Mr. Uron N. Salum dan delegasi negara lainnya, Bupati Inhil dengan cekatan menombak kelapa di permukaan kanal.

Setelah ambung terisi penuh, selanjutnya kelapa dibawa ke tempat proses menyalak atau mengupas untuk kemudian diolah dengan dibawa ke pabrik.

Hampir seluruh delegasi dari berbagai negara tampak mencoba proses menyalak tersebut, seperti delegasi dari India yang tampak mahir dalam menyalak, begitu juga Edy Hariyanto Sindrang yang turut hadir dan tampak mahir melakukan proses tersebut.

Dalam kesempatan ini, dikatakan Wardan, dibawanya para tamu dari luar ini ditujukan untuk melihat langsung perkebunan kelapa dan menyaksikan kehidupan masyarakat yang bertani kelapa.

"itulah kehidupan masyarakat kita, tempat yang kita kunjungi ini bukan tempat yang baik, masih ada yang lebih baik, kita bisa ke pulau nurung, disana perkebunan sudah tertata dengan baik,"katanya

Namun demikian, tamu yang dibawa Bupati Wardan itu merasa sangat puas dan senang telah berada dan menyaksikan langsung proses panen kelapa, seperti yang diungkapkan delegasi dari Belanda, Sjaak Dekleen, yang merasa sangat senang dengan perjalanan menuju kebun kelapa masyarakat serta bisa mengikuti dan mencoba setiap tahapan memanen kelapa.

"Saya sangat bahagia melihat antusias masyarajat disini, mungkin saya akan kembali, dan saya akan menceritakan kepada orang - orang di negara saya,"ujarnya

Usai mengikuti serangkaian kegiatan memanen kelapa, Bupati Inhil bersama para delegasi dan rombongan lainnya pun beranjak menuju Perusahaan Industri Kelapa, PT Inhil Sarimas Kelapa di Kecamatan Kempas. (Adv/Diskominfo)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | BeritaRiau

Share ke BBM

100000000
habibie

Berita Terkini

Pemprov Riau Siapkan Anggaran untuk Tes Urin ASN

Kamis, 05 Oktober 2017 - 01:35 WIB

Panglima TNI Akui juga Berpolitik, Kontras Sayangkan

Rabu, 04 Oktober 2017 - 15:28 WIB

Pemprov Riau Usulkan 80 UPT Baru

Selasa, 03 Oktober 2017 - 01:01 WIB

RAPP Komit Dukung Program Advokasi di Indonesia

Selasa, 03 Oktober 2017 - 21:28 WIB

Jangan Lupa Bawa Mantel, Riau Masih akan Diguyur Hujan

Selasa, 03 Oktober 2017 - 11:09 WIB

Hari Ini ASN Pemprov Riau Diminta Pakai Batik

Senin, 02 Oktober 2017 - 10:46 WIB

Awas, Media Sosial Bisa Buat Suami Isteri Cerai

Minggu, 01 Oktober 2017 - 19:14 WIB

TNI Lanud Pekanbaru Nonton Bareng Film G30.S/PKI

Minggu, 01 Oktober 2017 - 10:42 WIB

Kejanggalan Foto Setya Novanto yang Sakit

Sabtu, 30 September 2017 - 20:01 WIB

Kesaktian Setya Novanto

Sabtu, 30 September 2017 - 11:12 WIB

Gubri Sudah Wawancara Tiga Pejabat Hasil Assessment

Jumat, 29 September 2017 - 00:11 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia