Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Asisten Deputi (Asdep) Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Oneng Setya. (MC)

Minggu, 05 November 2017 - 10:15 WIB 2900000

Dari Riau untuk Pariwisata Nasional, Ini Orangnya

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Seorang perwakilan dari Riau diminta menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bidang tata kelola destinasi pariwisata dan asistensi tata kelola destinasi pariwisata khusus cluster Tanjung Puting.

Permintaan itu tidak lain dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Asisten Deputi (Asdep) Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Oneng Setya.

Adalah Osvian Putra, yang sehari-hari selaku Pembina DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Riau.

Osvian menjadi pembicara penerapan standar kepariwisataan serta bagaimana pengelolaan desa wisata di Riau.

Osvian sendiri menjadi narasumber di luar Riau ini bukanlah kali pertama.

Di antaranya, pernah diundang ke Kaltim, Gorontalo, Bengkulu, Aceh, Kepri juga Jawa Barat dan Pernah juga menguji (sertifikasi) di Papua, NTT, DIY, Sumbar, Sumut, Aceh, Kepri, Jambi dan Wakatobi-Baubau, Sulawesi Utara.

"Kami bicara panjang lebar dan diskusi cukup lama dengan ibu Oneng Setya Harini, tentang apa dan bagaimana pengelolaan Desa Wisata di Riau berikut standarisasi penilaian yang diterapkan," kata Osvian Putra, Sabtu (4/11/17).

Kegiatan ini digelar oleh Kementerian Pariwisata Republilk Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dilaksanakan selama dua hari di Hotel Swiss Bellin Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dimulai Rabu (1-2/11/17) lalu. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kemampuan para pemandu wisata khususnya di Kabupaten Kobar.

Adalah Kadis Pariwisata Kobar Gusti Imansyah, yang membuka acara. Turut hadir jajaran Dinas Pariwisata tempatan, serta berbagai undangan lainnya.

"Pada bulan oktober lalu, saya diberikan kehormatan menjadi ketua dewan juri pada acara lomba Sapta Pesona 2017 di Pekanbaru, yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Riau. Pada acara itulah saya bertemu dengan Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar, lalu diberikan kepercayaan menjadi pembicara," ujarnya.

Menurutnya, kehormatan itu tidak hanya dia secara pribadi. Tetapi lebih dari itu juga bisa mempromosikan bagaimana kepariwisataan di Riau. Karena, di Riau sendiri banyak destinasi wisata yang tak kalah hebat dibanding daerah lainnya.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami diminta oleh Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar untuk menjadi narasumber kegiatan ini Pelatihan di Pangkalan Bun," ungkap Osvian yang juga menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Himpunan Pramuwisata Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau Fahmizal, merespon positip akan hal itu. Menurutnya, hal itu menjadi momentum untuk berbagi pengalaman sektor pariwisata antar daerah yang difasilitasi oleh pihak Kementerian Pariwisata RI.

Diharapkan, Osvian juga dapat mempromosikan destinasi wisata di Riau. Dengan begitu, nama Riau terangkat dan lebih dikenal sebagaimana usaha yang dilakukan Dinas Pariwisata Riau selama ini.

Turut hadir saat Osvian menjadi narasumber tersebut, yakni Kepala Bidang Tata Kelola Destinasi Pariwisata Khusus Kemenpar, Kusnoto, DPD HPI kalteng Yomie Kamale, Ketua DPC HPI kobar Muhammad Yusuf dan pelaku industri wisata di Kobar yang terdiri dari 42 peserta, berasal dari pokdarwis dari Kabupaten Kobar dan Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. (RB/MC)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Menyusuri Jejak Sejarah Raja Rambah di Rohul

Rabu, 01 November 2017 - 13:46 WIB

Bupati Suyatno Minta APBD Riau untuk Pulau Jemur

Senin, 16 Oktober 2017 - 20:20 WIB

Tabuik Piaman Merupakan Budaya, Bukan Ritual Agama

Senin, 16 Oktober 2017 - 19:40 WIB

Walikota akan Membuat Pesta Budaya di Kota Dumai

Senin, 16 Oktober 2017 - 18:09 WIB

Makanan Khas Melayu Ada di Riau Expo

Senin, 16 Oktober 2017 - 07:38 WIB

Sadar, Fotografi itu Penting Dukung Pariwisata Riau

Minggu, 15 Oktober 2017 - 23:48 WIB

Produk Kampar Banyak Dicari Orang Jawa, Kata Azis Zaenal

Minggu, 15 Oktober 2017 - 17:16 WIB

Tabuik di Dumai Merupakan yang Termegah di Dunia

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 14:55 WIB

Riau Juara di Batam

Senin, 02 Oktober 2017 - 09:51 WIB

Taman Putri Kaca Mayang Berubah Jadi Waterboom Dadakan

Minggu, 01 Oktober 2017 - 14:36 WIB

Bandar Bakau Dumai Bisa Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Senin, 18 September 2017 - 22:25 WIB

Vote Bujang Dara 2017 Pilihan Anda, Ini Caranya

Senin, 18 September 2017 - 18:02 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia