Ciri Taubat Diterima Allah SWT

RIAUBOOK.COM - Taubat adalah upaya untuk mengakhiri segala perbuatan dosa serta bersyukur dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Lalu bagaimana caranya kita mengetahui apakah taubat yang kita lakukan tersebut diterima atau tidak oleh Allah Ta'ala sedangkan mungkin dosa yang kita perbuat sangat besar dan terasa sangat sulit untuk diampuni?

Berikut akan dijelaskan mengenai Tanda Taubat Diterima Oleh Allah SWT:

1. Hati Lebih Tenteram dan Tenang

Di antara tanda-tanda taubat seseorang yang diterima oleh Allah Subhana Hua Ta'ala salah satunya adalah kondisi hati yang terasa lebih tentram dan tenang.

Hal ini dikarenakan ia lebih banyak beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhana Hua Ta'ala sehinga hal tersebut sangat mempengaruhi keadaan jiwa seseorang.

Seseorang yang selalu bermaksiat dan berlumur dosa, akan senantiasa merasa gelisah walaupun hidupnya bergelimang kenikmatan duniawi karena kenikmatan tersebut hanyalah fana yang tercipta dari bisikan-bisikan setan.

2. Lebih Suka Berkumpul Dengan Orang-Orang Sholeh atau Sholehah

Kemudian tanda taubat seseorang diterima oleh Allah adalah mulai banyaknya teman-teman yang sholeh dan sholehah di sekitarnya, artinya ia sudah tidak lagi nyaman untuk berteman dengan teman-temannya yang dahulu saat ia melakukan banyak dosa dan maksiat.

Dengan jauhnya ia dari teman-teman yang banyak dosa dan maksiat, maka akan semakin jauh juga ia dari perbuatan terkutuk tersebut.

Selain itu, dengan semakin sering dan semakin banyak ia berkumpul dengan orang – orang sholeh maka akan semakin dekat ia dengan Allah Subhana Hua Ta'ala karena sifat alami manusia salah satunya adalah mudah dipengaruhi oleh lingkungan atau teman-temannya.

Allah Berfirman:

Artinya: "Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku´, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma´ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu." (QS at-Taubah : 112)

3. Lebih Menyibukkan Diri dengan Kewajiban dan Ibadah Terhadap Allah SWT

Ketika taubat seseorang diterima oleh Allah maka Allah akan terus menggerakkan hatinya untuk selalu beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. Ia akan meninggalkan perbuatan dosa dan maksiat karena sudah lebih nyaman dengan kegiatan ibadah yang bisa mendekatkan ia dengan Tuhannya.

4. Lebih Banyak Bersyukur

Bersyukur adalah kunci utama dari kebahagiaan serta ketakwaan seseorang.

Oleh karena itu semakin Allah menerima taubat yang dilakukan manusia maka akan semakin besar kesadaran diri akan kebesaran Allah dan akan semakin besar pula rasa syukur atas nikmat-nikmat yang senantiasa Allah berikan kepadanya.

Allah berfirman:

Artinya: "Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang ke luar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati; maka Allah berfirman kepada mereka: "Matilah kamu", kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur" (Al-Baqarah : 243)

5. Akhlaknya lebih baik

Seseorang yang bertaubat pastinya bera berupaya untuk memperbaiki akhlaknya dan Allah akan senantiasa meringankan hati hamba-Nya yang bertakwa sehingga akhlaknya terus-menerus menjadi lebih baik di setiap waktunya.

Allah berfirman :

Artinya: Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat. (QS. Sad : 46)

6. Senang Bersedekah

Sedekah adalah amal wajib yang terkadang sangat sulit dilakukan oleh manusia karena sifat alami manusia yang selalu merasa kurang dan sayang untuk membagikan hal-hal yang ia miliki kepada orang lain walaupun ia sendiri menyadari bahwa apa yang ia miliki bukanlah milik dirinya sendiri akan tetapi juga sebagiannya adalah miliki orang lain yang membutuhkan.

Allah berfirman:

Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah : 271)

7. Menjaga Penampilan / Aurat

Bentuk taubat yang paling mudah terlihat secara kasat mata adalah dari penampilannya, baik dari hal aurat dan dari kesesuaian penampilan yang telah di atur oleh syariat Islam.

Allah akan senantiasa membimbing hati hamba-Nya yang benar-benar ikhlas dalam bertaubat sehingga semakin istiqomah dalam menjaga penampilan dan auratnya maka semakin besar pula kemungkinan bahwa taubatnya telah diterima oleh Allah SWT Karena untuk istiqomah menjaga penampilan sebagai seorang muslim yang taat tidaklah mudah.

Allah Berfirman:

Artinya: "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka".

Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Al-Ahzab : 59)

8. Menjaga Sikap Dan Ucapannya

Sikap dan ucapan seseorang yang telah bertaubat tentu akan berbeda dengan seseorang yang belum menempuh taubat.

Seseorang yang telah bertaubat akan senantiasa menjaga sikap dan ucapannya menjadi lebih santun dan lembut agar tidak menyakiti perasaan orang lain.

Berbeda dengan orang yang masih belum menempuh taubat, cara komunikasinya akan lebih kasar dan semaunya sendiri tanpa memikirkan perasaan orang lain.

Kemudian salah satu tanda diterimanya taubat seseorang adalah dengan Allah yang selalu membimbing ia agar senantiasa menjaga sikap dan ucapannya saat berkomunikasi dengan orang lain.

9. Masih Merasa Penuh Dosa Dan Terus Berupaya Memperbaiki Diri

Syarat utama untuk bertaubat adalah menyadari dan menyesali dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.

Kemudian setelah ia memperbaiki diri dan terus bertaubat ia tidak akan pernah merasa cukup akan ibadah yang telah ia lakukan seakan dosanya masih terus ada, entah itu adalah dosa yang telah lalu ataupun dosa yang baru dilakukan.

Oleh karenanya ia akan terus berupaya meningkatkan keimanan diri untuk menebus dosa-dosa yang melekat dalam dirinya.

Sumber muslima.com

foto

Terkait

Foto

Begitu Mulianya Nabi Muhammad SAW, Jangankan dengan Sesama, Hewan pun Beliau Sayang

RIAUBOOK.COM - Nabi Muhammad SAW, semua hal darinya menjadi panutan miliaran umat di bumi, ajarannya mendatangkan rahmat dan kasih yang…

Foto

Sebagian JCH akan Menginap di Hotel Pekanbaru Sehari Sebelum Masuk Asrama

RIAUBOOK.COM - Sebagian besar Jemaah Calon Haji (JCH) di wilayah Riau yang akan berangkat ke tanah suci dibolehkan untuk menginap…

Foto

Deddy Corbuzier Resmi Mualaf, Masuk Islam Tanpa Paksaan

RIAUBOOK.COM - Deddy Corbuzier secara resmi telah memeluk agama Islam, Jumat (21/6/2019) siang, dirinya bersama rombongan mendatangi Mesjid Al Mbejaji…

Foto

Riau Selenggarakan EHA Perdana, Sekda: Mari Kita Sukseskan

RIAUBOOK.COM - Provinsi Riau mulai tahun ini telah dipercaya oleh Kementerian Agama untuk menyelenggarakan Embarkasi Haji Antara (EHA) secara mandiri,…

Foto

Prabowo Punya Masjid di Bogor, Warga Berbondong Shalat Ied di Sana

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Sebuah masjid di dalam hakaman kediaman Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto didatangi banyak warga, mereka menjakankan…

Foto

Kepada Siapa Saja Idul Fitri Memohon Maaf? Utama Orang yang Berdarah-darah Melahirkan

RIAUBOOK.COM - Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah adalah hari perayaan kemanangan bagi muslim di seluruh dunia setelah sebulan berpuasa…

Foto

Zakat Profesi Pegawai Dinkes Riau Tembus Rp36,5 Juta Tiap Bulan

RIAUBOOK.COM - Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau telah dua kali menyalurkan zakat penghasilan (profesi) kepada Badan Amil…

Foto

Sudah Tahun Ketiga, Dinkes Provinsi Riau Tebar Kebaikan Ramadhan dengan Cara Ini

RIAUBOOK.COM - Sejak tiga tahun terakhir selama bulan suci Ramadhan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau terus menebar kebaikan dengan melaksanakan…

Foto

MUI: Kerusuhan 22 Mei Nodai Kesucian Ramadan

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Pascapilpres 2019 terjadi kerusuhan di Ibu Kota Jakarta, hal itu disayangkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI…

Foto

WOM Finance Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan 1440 H

RIAUBOOK.COM - Pada Ramadhan 1440 H kali ini, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya dengan menggelar…

Foto

Wisata Religi di Pekanbaru Menunggu Beduk Buka Puasa, Dijamin Berkesan dan Menyenangkan

RIAUBOOK.COM - Ngabuburit memang menjadi tradisi tahunan saat Ramadan, umat muslim berjalan-jalan sore sambil mencari bukaan jelang beduk Magrib berkumandang.…

Foto

Launching ATM Beras Kandis, Alfedri Sebut Itu Upaya Peningkatan Kesejahteraan Kaum Dhuafa

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak Alfedri meresmikan penggunaan ATM Beras Baznas Kabupaten Siak, di Masjid Nurul Hijrah Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan…

Foto

Bulan Penuh Berkah, PKK Siak Bagikan Sembako ke Kaum Dhuafa di Sunga Apit

Bulan Penuh Berkah, PKK Siak Bagikan Sembako ke Kaum Dhuafa di Sunga ApitRIAUBOOK.COM - Sebagai wujud kepedulian kepada kaum dhuafa,…

Foto

Safari Ramadhan Perdana, Alfedri Sampaikan Pemimpin dan Masyarakat tidak Zaman Lagi Menjaga Jarak

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak Alfedri beserta jajaran mengawali rangkaian kegiatan Safari Ramadhan perdana Tahun 2019 di Mesjid Nurul Huda Kampung…

Foto

Buka Puasa Bersama UNRI dan PT RAPP, Bangun Sinergitas Pentahelix yang Kuat

RIAUBOOK.COM - Keluarga besar Civitas Akademika Universitas Riau (UNRI) menggelar kegiatan Berbuka Puasa Bersama dengan Manajemen dan Ikatan Keluarga Alumni…

Foto

Gelar Safari Ramadhan 1440 H, SKK Migas Sumbagut Santuni 100 Anak Yatim Piatu di Siak

RIAUBOOK.COM - KKKS BOB PT.BSP-Pertamina Hulu menggelar acara safari Ramadhan 1440 H, di Multipurpose Zamrud, Kamis (9/5/19), Kecamatan Dayun Kabupaten…

Foto

Beberapa Poin Himbauan Bupati Siak Selama Bulan Ramadhan yang Harus Dipatuhi

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten Siak mengeluarkan surat himbauan kepada masyarakat selama bulan Ramadhan yang harus dipatuhi dan ditaati masyarakat, himbauan…

Foto

Agar Puasa Berjalan Lancar, ini 5 Tips Jitunya

RIAUBOOK.COM - Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam yang secara berjemaah melaksanakan puasa, menahan haus dan lapar selama seharian…

Foto

Tunaikan Sholat Tarawih Malam Pertama di Mesjid Kantor Gubri, Ini Pesan Syamsuar

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Syamsuar memilih menunaikan ibadah Sholat Tharawih pada malam pertama bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah di Mesjid…

Foto

'Balimau Kasai', Melestarikan Tradisi Turun Temurun Masyarakat Kampung Rempak Menyambut Bulan Ramadhan

RIAUBOOK.COM - Tradisi turun temurun terus dilakukan masyarakat Kampung Rempak Kecamatan Sabak Auh kabupaten Siak, Riau menyambut bulan suci Ramadhan…

foto

Pendidikan