foto

Melalui Prestasi Gerakan Pramuka, Inhil Semakin Maju, Bermarwah dan Bermartabat

Siapakah Yang Layak Memimpin Riau 5 Tahun Ke Depan?

Firdaus-Rusli
Syamsuar-Edy Nasution
Arsyadjuliandi Rahman-Suyatno
Lukman Edy-Hardianto

RIAUBOOK - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan, torehan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil sangat berguna untuk mewujudkan Visi Kabupaten Inhil menjadi Kabupaten yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Wardan saat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) ke - XI (Sebelas) Kwartir Cabang 04. 02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil di Hotel Puri Cendana, Jalan Lingkar I (Satu), Tembilahan, Jum'at (14/7/2017) malam. Kegiatan ini diagendakan akan berlangsung selama 3 hari hingga Minggu, 14 Juli 2017.

Pernyatan tersebut juga didasarkan pada pernyataan Ketua Kwartir Cabang 04.02 Kabupaten Inhil, H Alimuddin yang sebelumnya mengatakan, Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil saat ini menyandang gelar sebagai Dewan Kerja Cabang Tergiat se - Provinsi Riau. Sedangkan, secara umum, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil merupakan Gerakan Pramuka Tergiat Kelima setelah sebelumnya berada pada posisi kesebelas.

"Tentunya, ini merupakan suatu hal yang membanggakan, mengingat Gerakan Pramuka di Provinsi Riau, tidak hanya ada di Kabupaten Inhil, melainkan juga terdapat di seluruh Kabupaten dan Kota Se - Provinsi Riau," puji Bupati.

Bupati Kabupaten Inhil yang merangkap sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil tersebut pun mengatakan, sejak tahun 2014, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil telah melaksanakan kegiatan - kegiatan positif bahkan telah mencapai keberhasilan dan menorehkan prestasi yang membanggakan.

"Ini akan menjadi semangat dan stimulan bagi para adik - adik penerus dalam meningkatkan mobilitas dan torehan - torehan prestasi berikutnya dari Gerakan Pramuka," tukas Bupati.

Bupati Wardan, selaku Pimpinan Daerah pada pelaksanaan Muscab ini menyampaikan komitmen dukungan Pemerintah Daerah terhadap Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, khususnya dukungan dalam bentuk alokasi dana anggaran.

"Kami menyadari, jalannya suatu organisasi memang membutuhkan dukungan material berupa alokasi dana anggaran agar kedepan kegiatan dari organisasi, dalam hal ini Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Bahkan, guna merealisasikan komitmen tersebut, Bupati Wardan langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Inhil yang juga merupakan salah seorang peserta pada pelaksanaan Muscab, Junaidi untuk menambahkan alokasi dana anggaran penunjang kegiatan pramuka yang sebelumnya bernilai Rp. 500 juta menjadi Rp. 1 Milyar.

Kontan saja, kebijakan instan Bupati Wardan ini menuai tepuk tangan dan sorak - sorai ratusan peserta Muscab yang berada dilokasi. Betapa tidak, tanpa harus menunggu lama, Gerakan Pramuka dapat memperoleh dana penunjang kegiatan yang bagi sebagian kalangan organisasi begitu sulit untuk diperoleh.

"Sebelumnya, satu Kwartir Ranting hanya memperoleh alokasi sebesar Rp. 5 juta, dengan begini satu Kwartir Ranting akan mendapat alokasi anggaran penunjang kegiatan sebesar Rp. 10 juta per tahunnya. Saya tantang Kepala Disporabudpar yang hadir untuk hal ini," kata Bupati.

Bupati Wardan berharap dengan adanya penambahan alokasi dana anggaran ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat mempertahankan kinerja positif dan menorehkan beragam prestasi di masa mendatang. Sebab, dulu, sepengetahuan Bupati, Kabupaten Inhil pernah mendapat julukan sebagai Kabupaten Pramuka dikarenakan aktifitas dan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Dengan adanya dana ini, prestasi Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil jangan malah stagnan atau bahkan menurun. Jangan mau berada di posisi 5 tergiat, tapi posisi 1. Bagi kepengurusan yang baru dibentuk, nantinya dorong terus mobilitas Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, kami (Pemerintah Kabupaten Inhil, red) akan senantiasa mendukung," imbau Bupati Wardan.

Ketua Kwaran Cabang 04. 02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, H Alimuddin dalam pidatonya mengatakan, kehadiran para pengurus gerakan pramuka Kabupaten Inhil telah banyak memberikan kontribusi di kalangan masyarakat melalui kegiatan yang ditaja selama ini.

"Bahkan, eksistensi gerakan Pramuka Inhil yang telah dirasa manfaat positifnya ini kerap diundang oleh pihak sekolah dari segala jenjang pendidikan untuk mengisi kegiatan - kegiatan ekstra kurikuler bagi para siswa," ujar Alimuddin.

Dalam perjalanannya, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, diakui Alimuddin, senantiasa menemukan halangan dan rintangan. Namun, hal tersebut, sambungnya, tidak melunturkan semangat Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil untuk terus memberikan kontribusi, baik bagi masyarakat maupun bagi daerah dan negara.

Pada pelaksanaan Muscab kali ini, Alimuddin berharap, agar terjadi proses regenerasi di tubuh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dengan menempatkan para pengurus muda di dalam struktur Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada para kakak - kakak pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil agar memberikan kesempatan bagi generasi muda pramuka kita untuk mengembangkan diri. Jangan lagi masuk ke dalam struktur kepengurusan, biarkan lah yang muda, yang enerjik ini yang meneruskan," imbau Alimuddin.

Ketua Kwartir Daerah 04 Gerakan Pramuka Provinsi Riau, Azaly Djohan yang diwakili oleh salah seorang perwakilan, dalam sambutan yang disampaikan, menyebut sebagai lembaga pendidikan non - formil, Gerakan Pramuka idealnya dapat bergerak demi kepentingan dan perkembangan bangsa Indonesia.

"Maka itu, kontribusi melalui kegiatan - kegiatan kepramukaan yang selama ini dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil haruslah terus dilaksanakan dan dipertahankan bahkan lebuh ditingkatkan lagi guna mencapai salah satu tujuan berdirinya Gerakan Pramuka itu," ucap Azaly Djohan.

Realisasi tujuan tersebut, diungkapkan Azaly Djohan, semestinya diawali dari pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada tingkat Gugus Depan hingga Kwartir Cabang dan dilanjutkan pada tingkat Kwartir Daerah sampai kepada tingkat Kwartir Nasional.

"Ini wujud kolaborasi dari setiap jenjang kepramukaan untuk merealisasikan tujuan Gerakan Pramuka. Hal ini perlu dilakukan secara berkesinambungan," katanya.

Salah satu instrumen dalam menjalin kolaborasi yang apik demi mencapai tujuan yang ada ini, dikatakan Azaly Djohan, adalah melalui pelaksanaan Muscab seperti halnya yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Inhil saat ini.

"Dalam Muscab, disusun lah kepengurusan yang baru, dipilih dari para pengurus terbaik Gerakan Pramuka. Pada pelaksanaan Muscab, hendaknya dilaksanakan demi mencapai mufakat, bukan malah memecah - belah," imbau Azaly Djohan.

Selanjutnya, Azaly Djohan mengimbau, agar para pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat senantiasa menjunjung tinggi rasa persatuan dan persaudaraan serta dapat berlaku kritis yang bersifat membangun untuk kemajuan bersama.

"Selama ini, diketahui kehadiran Gerakan Pramuka dan serangkaian kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan akan selalu mendapatkan support dari pihak Pemerintah Kabupaten Inhil, baik dari segi moril maupun materiil. Telah banyak sekali dukungan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil setiap tahunnya, terutama dukungan berbentuk alokasi dana anggaran untuk menunjang kegiatan Pramuka," katanya.

Disamping penyampaian - penyampaian itu, Azaly Djohan mengajak, segenap pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil bersama - sama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Riau untuk mensosialisasikan Undang - Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

"Mari kita bahu - membahu menegakkan UU tentang Gerakan Pramuka ini, karena UU ini disahkan guna memberikan landasan hukum bagi semua untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan sehingga kegiatan Pramuka dapat lebuh tertib dan terarah," tandas Azaly Djohan (Adv/Diskominfo).

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Terkait

Foto

Heboh! Sejoli di Bawah Umur Menikah di Bulukumba

RIAUBOOK.COM - Jika sebelumnya, warganet dihebohkan dengan pasangan beda usia yang cukup jauh dari Lampung. Kini kembali lagi heboh, pasangan…

Foto

PKS Inhu Gelar Acara Halal Bihalal di Kecamatan Peranap

RIAUBOOK.COM - Dewan pengurus daerah partai keadilan sejahtera (DPD PKS) Indragiri Hulu mengadakan acara halal bi halal di kecamatan Peranap.Silaturrahmi…

Foto

Kemeriahan Halal Bihalal IKPBR Riau, Begini Serunya

RIAUBOOK.COM- Halal bihalal yang digelar Ikatan Keluarga Pasaman dan Pasaman Barat Riau (IKPPBR) Jumat (13/7) malam berlangsung sukses dan meriah.Sekitar…

Foto

Merusak Aset yang Ada, Proyek Pipanisasi Persawahan di Bungaraya Dapat Sorotan DPRD Siak

RIAUBOOK.COM - Proyek Pipanisasi untuk persawahan Desa Bungaraya Kecamatan Bungaraya mendapat keluhan dari masyarakat setempat, Pasalnya, proyek tersebut terkesan merusak…

Foto

Ini Isi Pidato Perdana Zulmansyah Setelah Terpilih Menjadi Ketua PWI Riau

RIAUBOOK.COM - Pasca terpilihnya Zulmansyah Sekedang sebagai ketua PWI Riau periode 2017-2022, maka visi misi yang ia janjikan sewaktu sebelum…

Foto

Alamak! Jumlah 'WNI ISIS' yang Tertangkap Peringkat Kedua Terbanyak di Dunia

RIAUBOOK.COM - Data ini cukup mengkhawatirkan. Indonesia ternyata menempati peringkat kedua di dunia dalam daftar jumlah militan asing ISIS yang…

Foto

Sosmed Telegram Diblokir, ini Penjelasan Menteri Rudiantara...

RIAUBOOK.COM - Baru-baru ini, netizen tengah heboh dengan keputusan pemerintah untuk menutup media sosial Telegram. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara…

Foto

Ini Perolehan Suara Penjaringan Sebelum Zulmansyah Menang Aklamasi

RIAUBOOK.COM - Pemilihan Calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau mengurucut menjadi dua calon, Zulmansyah Sekedang dan Raja Isyam Azwar…

Foto

247 Suara Akan Diperebut 4 Calon Ketua PWI Riau

RIAUBOOK.COM - Pada Konferensi Provinsi (Konferprof) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan memperebutkan 247 suara, yang mana sebelumnya berjumlah 250…

Foto

Masuki Pencalonan Ketua, Konferprov PWI Riau Mulai Memanas

RIAUBOOK.COM - Konferensi Provinsi (Konferprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau 2017 memasuki pleno IV, yakni pemilihan calon ketua, Sabtu (15/7/17).Saat…

Foto

Pertarungan Akan Semakin Seru, Senior Wartawan PWI Riau Turun Gunung Amankan Jagoannya

RIAUBOOK.COM - Konferensi Provinsi Riau (Konferprov Riau) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Rapat Kerja ke-XIV Tahun 2017 resmi dibuka Jumat…

Foto

Bursa Ketua PWI Riau Makin Panas, Tengah Malam Timses Mulai Bergerak

RIAUBOOK.COM - Mendekati saat-saat pendaftaran bakal calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, yang digelar di Gedung Daerah Datuk Laksamana…

Foto

Halal Bihalal Pemkab dengan Masyarakat Siak Pekanbaru Penuh Nuansa Melayu

RIAUBOOK.COM - Dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Siak, dengan masyarakat Siak yang tinggal di Pekanbaru. Pemerintah Kabupaten…

Foto

Konferensi PWI Riau XIV Ini Pesan Gubri Arsyadjuliandi Rachman

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman berharap agar para insan pers dapat lebih mengedepankan pemberitaan yang bersifat membangun daripada…

Foto

Pelalawan Tuan Rumah Konferensi PWI Riau XIV, Bupati Harris Harapkan Berjalan Lancar

RIAUBOOK.COM - Rapat Kerja dan Konferensi Daerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau XIV Tahun 2017 dibuka dengan resmi oleh Ketua…

Foto

Genjot PAD, Bupati Azis Tata Ulang Kawasan Stanum

RIAUBOOK.COM - Untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kampar di bawah kepemimpinan Azis Zaenal tampaknya…

Foto

Alamak! Karena Kecelakaan, Jempol Kaki Pria ini Gantikan Jempol Tangan

RIAUBOOK.COM - Apa yang Anda bayangkan jika jempol tangan kita berukuran sebesar jempol kaki? Ini sungguh-sungguh dialami pria Australia bernama…

Foto

Menteri Rudiantara: Maaf Kalau FB, Twitter dan Youtube Ditutup

RIAUBOOK.COM - Pemerintah RI tengah giat-giatnya membasmi paham radikalisme yang tersebar di tengah masyarakat. Mengingat faham ini dengan mudah disebabkan…

Foto

Kemenlu Upayakan Pemulangan ABG Indonesia yang Dinikahi Militan ISIS

RIAUBOOK.COM - Kedutaan Besar RI di Turki akhirnya berhasil menemui T, remaja 15 tahun asal Indonesia yang dijual dan dinikahi…

Foto

Bangun Wisata Waterfront City, Bupati Azis Minta Izin ke Ninik Mamak

RIAUBOOK.COM - Untuk membangun kawasan wisata Waterfront City, Bupati Kampar, Azis Zaenal meminta izin dan membuat kesepakatan dengan 12 datuk…

foto

Pendidikan