Foto bersama usai pengukuhan paskibraka Siak, Selasa (15/8/17) malam di gedung tengku mahratu siak. (RB/Agus)

Rabu, 16 Agustus 2017 - 08:26 WIB 9030000

Cinta Tanah Air, Paskibra Siak Teladani Sikap Kepahlawanan

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak H Syamsuar meminta kepada anggota Paskibraka Siak untuk mencontoh sikap pahlawan nasional Sultan Syarif Kasim II yang bersikap cinta tanah air dan bela negara.

"Di tanah jantan Siak Sri Indrapura sendiri misalnya mempunyai pahlawan nasional, yang bernama Sultan Syarif Kasim II sudah terkenal sikap cinta tanah air rakyat dan bangsanya melalui keteladanan dan iklasnya pengorbanannya," kata Syamsuar, saat mengukuhkan Paskibraka Siak, Selasa (15/8/17) malam di Gedung Tengku Mahratu Siak.

Syamsuar mengatakan, para pemuda dahulu tugas mereka lebih berat dari sekarang, dulu pemuda berusaha untuk mengusir penjajah, kalau pemuda sekarang hanya diberi tugas untuk memelihara negara NKRI.

"Namun, banyak yang kita lihat, saat ini ada segilitir pemuda yang tidak berusaha menjaga NkRI. Fenomena tersebut mejadikan semangat pemuda yang luntur, yang langsung atau pun yang tidak langsung dapat memengaruhi ketahanan nasional," kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, mudahnya sikap bela negara secara langsung maupun secara tidak langsung mempengaruhi kehidupan masyarakat, ideologi, politik, sosial dan budaya. Untuk menumbuhkan sikap bela negara kepada para pemuda indonesia diperlukan wadah kepemudaan yang selalu berusaha untuk menanamkan nilai-nilai bela negara dan nasionalisme, melalui nila-nilai tersebut maka ketahanan wilayah yang tangguh dapat terwujud.

Lanjut Syamsuar, pengukuhan Paskibraka Kabupaten Siak ini merupakan wadah yang di maksud bagi para pemuda yang berkategori pelajar untuk mengaktulisasinya terhadap rasa cinta tanah air dan bela negara.

"Sebagai pengibar bendera merah putih, adik-adik semua akan dikembang, dikemblen, dibina baik fisik maupun mental agar semakin tangguh, disiplin dan berkarakter," kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, para pembina Paskibraka berusaha untuk menanamkan nilai nasionalisme dan bela negara kepada para pelajar, sehingga dengan pengemblengan ini dapat terwujud pelajar-pelajar yang prima fisiknya, disiplin dan cinta tanah air.

"Karena itu, Paskibaraka ini tidak berhenti di tugas negara mengibarkan sang saka saja. Tetapi adik-adik harus mampu menjadi panutan bagi generasi muda lainnya, karena adik-adik semua dalam tatanan berbangsa dan bernegara khususnya dalam sikap cinta tanah air dan bela negara," ujar Bupati dua periode itu.

"Saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang telah melewati pola pelatihan yang disiplin, dan pembekalan wawasan dan pengetahuan sebagai anggota Paskibraka. Laksanakan tugas mulia yang adik-adik lakukan saat kenaikan bendera nantinya, di lapangan Tugu depan istana Siak yang kita cintai ini. Sekaligus penurunan bendera nantinya," pesanya.

Selain itu, Bupati Syamsuar juga berpesan kepada anggota Paskibra, agar selalu menjaga kesehatan dan tetap fokus pada persiapan pengibaran bendera sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

"Dalam melaksanakan tugas tersebut, kenanglah jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara ini, resapi nilai-nilai perjuangannya dengan khidmat dan penuh penghayatan, pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan NKRI dari Sabang sampai Meraoke," tambahnya. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Malam Ini, Paskibraka Siak Dilantik Bupati Syamsuar

Selasa, 15 Agustus 2017 - 20:40 WIB

DPR Bangun Apartemen, ini Kata Wapres JK

Selasa, 15 Agustus 2017 - 18:14 WIB

68 Paskibraka Resmi Dilantik Presiden Jokowi

Selasa, 15 Agustus 2017 - 17:22 WIB

Polisi Apresiasi Laporan Wartawan Terkait Dugaan Penipuan

Selasa, 15 Agustus 2017 - 09:54 WIB

Bupati Harris Terima Lencana Melati dari Adhyaksa Dault

Senin, 14 Agustus 2017 - 22:21 WIB

Hari Pramuka Ke 56, Bupati Harris Terima Lencana Melati

Senin, 14 Agustus 2017 - 21:24 WIB

Wow! ini Istana Megah Milik Bos First Travel

Senin, 14 Agustus 2017 - 21:12 WIB

395 Kamabigus Siak Ikuti Renungan Ulang Janji Pramuka

Senin, 14 Agustus 2017 - 13:31 WIB

Kwarcab Rohil Gelar Perkemahan HUT ke-56 Pramuka

Senin, 14 Agustus 2017 - 12:12 WIB

Seorang Pemburu Tewas Diinjak Gajah Liar

Senin, 14 Agustus 2017 - 11:52 WIB

Dua Perwira Berkelahi, Panglima TNI: Itu Tidak Etis!

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:00 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia