Sosialisasi Persandian yang ditaja oleh dinas komunikasi, Informasi dan statistika Prov. Riau dan Balai Sertivikasi Elektronik. (RB)

Kamis, 07 Desember 2017 - 13:41 WIB 7660000

Tahun 2018 Tanda Tangan Elektronik Sudah Mulai Diksanakanan Secara Optimal di Lingkungan Pemprov Riau

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Gubernur yang diwakilkan oleh seketaris daerah (Sekda) Provinsi Riau Ahmad Hizaji, membuka acara Sosialisasi Persandian yang ditaja oleh dinas komunikasi, Informasi dan statistika Prov. Riau dan Balai Sertivikasi Elektronik, lembaga Persandian Negara di Kantor Gubernur Riau, Kamis (7/12/2017).

Acara tersebut dimaksudkan untuk memberikan jaminan keamanan dalam autentivikasi dan keaslian data transaksi dokumen elektronik serta memenuhi kebutuhan dalam pelayanan publik.

Diskominfo dan statistika Provinsi Riau mengatakan dalam laporannya, bahwa Balai Sertivikasi Elektronik, Lembaga Persandian Negara telah melakukan assesment dan sertifikasi terhadap dua aplikasi elektronik yang digunakan di lingkungan Pemprov Riau, yakni Aplikasi Office dan Perizinan.

Sementara, tanda tangan digital yang telah terdaftar di Balai Sertivikasi Elektonik Persandian Negara sebagai operasional pengamanan aplikasi adalah tanda tangan Gubernur Riau, Sekda Provinsi Riau, Kadisfominfo dan bagian perizinan.

Sekda menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dalam penerapannya, tanda tangan digital dalam transaksi dokumen elektronik memiliki tantangan tersendiri sehingga memerlukan jaminan keamanan agar mudah dirusak (dihack).

"Penerapan ini adalah salah satu cara memberikan jaminan keamanan transaksi elektronik dalam mendukung tata pemerintahan," kata Sekda kepada peserta sosialisasi.

Sekda juga mengatakan dalam penerapan tanda tangan digital tersebut mafaat yang diperoleh adalah bahwa keaslian dokumen dapat diverivikasi dengan mudah serta menghemat waktu dalam persetujuan para pejabat, dimanapun dan kapan pun.

Usai pembukaan acara tersebut, saat wawancara dengan RiauBook.com Sekda mengatakan hal tersebut akan membantu dalam banyak hal.

"Sertifikat dan tanda tangan elektronik memudahkan pelayanan dan mempercepat proses, jadi menghemat kertas, paperless," kata Sekda.

Sekda juga mengatakan bahwa hal tersebut bukan pekerjaan yang mudah, namun perlu untuk disosialisasikan serta diperlukan pemahaman kepada seluruh stakeholder yang ada di Pemprov Riau, terutama pada level pimpinan.

"tahun 2018 mudah-mudahan sudah berjalan secara efektiv dan optimal," demikian Sekda. (RB/Dwi)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Redaksi

Berita Terkini

Wakil Bupati Alfedri Apresiasi Atas Eksistensi PWI Siak

Kamis, 07 Desember 2017 - 13:18 WIB

BPBD Riau Mengklaim saat ini Riau Aman dari Banjir

Rabu, 06 Desember 2017 - 20:22 WIB

Bonek Mania Ancam Bhayangkara FC

Rabu, 06 Desember 2017 - 17:52 WIB

Polda Riau, Irjen Pol Nandang: Narkoba Merusak Negara

Rabu, 06 Desember 2017 - 12:02 WIB

9 Media Ini Diklaim sebagai Agen Asing CIA

Rabu, 06 Desember 2017 - 09:12 WIB

Duh, Pilot Lion Air Isap Sabu dan Konsumsi Miras

Selasa, 05 Desember 2017 - 23:59 WIB

Mutasi Pejabat Kampar, Katanya Bebas Suap

Selasa, 05 Desember 2017 - 16:32 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia