Ternyata Nasi Goreng Masuk Makanan Terenak di Dunia, Padu dengan Rendang

RIAUBOOK.COM -Dunia kuliner nusantara menjadi kebanggaan hingga hari ini, selain rendang, makanan terbaik asal Indonesia yakni nasi goreng juga dinobatkan sebagai salah satu nasi khas terenak di dunia.

Hampir seluruh negara di dunia memiliki berbagai ragam menu khas berbahan baku beras atau nasi. Ada 20 macam olahan menu nasi di dunia yang dinilai paling lezat dan paling disukai oleh para wistawan mancanegara.

Dari 20 daftar menu olahan nasi terenak dunia, ada satu olahan nasi asal Indonesia yang juga ternyata paling disukai para pelancong, yakni nasi goreng.

Melansir CNN Travel, berikut 20 menu olahan nasi terenak di dunia yang bisa jadi referensi Anda jika sedang mampir atau hendak menuju negara tujuan:

1. Jollof, Afrika Barat

Jollof adalah hidangan nasi dalam wadah panci yang dibuat dengan cara ditanak, dicampur bawang tomat, daging, dan rempah-rempah dalam satu wadah.

Jollof khas Ghana memasukkan lebih banyak rempah-rempah daripada jollof Nigeria dan juga biasanya menggunakan nasi aromatik, seperti basmati, bukan beras berbiji panjang yang lebih khas di jollof Nigeria. Tapi resep jollof juga bisa bervariasi di negara yang sama.

Biasanya hidangan nasi Jollof disajikan untuk acara-acara khusus di Afrika Barat, seperti pernikahan, ulang tahu, dan ketika ada kerabat yang meninggal dunia.

2. Zongzi, Tiongkok

Ditemukan dalam berbagai literasi di seluruh China, zongzi mengacu pada pangsit beras ketan yang dibungkus daun bambu sebelum direbus yang dapat diisi dengan isian gurih atau manis.

Tambalan zongzi yang khas di Cina selatan termasuk telur bebek asin dan perut babi, sedangkan isian yang lebih manis seperti pasta kacang merah dan tapioka lebih umum di utara negara itu.

3. Milchreis, Jerman

Makanan pokok kompor di banyak rumah oma Jerman, milchreis (terjemahan: nasi susu), adalah puding beras krim yang terbuat dari arborio, nasi putih berbiji sedang atau panjang yang dimaniskan dengan kayu manis dan gula dan disiram dengan ekstrak vanila.

Hidangan ini dapat dinikmati dengan hangat, langsung dari kompor, atau saat dingin.

4. Paela, Spanyol

Nasi utama Spanyol dinamakan paella, hidangan terkenal dari Valencia yang berasal dari makanan petani dan biasanya dibuat menggunakan nasi bomba, yang mempertahankan kekenyalan sambil menyerap kaldu saat dimasak.

Hidangan ini awalnya ditemukan di pedesaan dan memanfaatkan bahan apa pun yang tersedia, termasuk nasi, ayam, kelinci, dan siput yang dicampurkan dengan kunyit, minyak zaitun, dan sayuran.

5. Risotto, Italia

Risotto adalah hidangan nasi yang berasal dari Italia. Olahan ini memiliki tekstur yang cukup bergelombang untuk jatuh dari sendok. Orang Italia mana pun akan memberi tahu Anda bahwa risotto harusall'onda.

Dengan kandungan pati yang tinggi, nasi arborio paling sering digunakan untuk membuat hidangan ini, dan biasanya disajikan sebagai hidangan pertama di Italia.

6. Arancini, Italia

Arancini pada dasarnya adalah bola nasi isi yang dilapisi tepung roti dan digoreng.

Anda dapat menemukan hidangan ini di seluruh Sisilia dan juga di daratan Italia, tetapi arancini secara khusus dikaitkan dengan Festa di Santa Lucia (Hari Pesta St. Lucia) di Siracusa, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 13 Desember.

Bola nasi tersebut biasanya diisi dengan saus daging, dan isian lainnya, mungkin termasuk kacang polong, mozzarella, prosciutto, bayam, dan terong dalam saus tomat.

7. Biryani, India

Dicintai di seluruh anak benua India dan dikatakan berasal dari Iran (birinj biriyan berarti "nasi goreng" dalam bahasa Persia), biryani hampir selalu ada dalam menu untuk acara-acara khusus di India.

Nasi Biryani dibuat menggunakan beras basmati yang dimasak atau dicampur dengan berbagai olahan pelengkap seperti sayuran, daging domba, daging ayam, atau daging ikan, menggunakan saus yang dimbumbui dengan rempah-rempah aromatik.

Bumbu biryani yang khas di antaranya biji adas, bunga pala, kapulaga, daun salam, ketumbar, dan bawang putih.

8. Kabuli pulao, Afganistan

Hidangan nasi paling terkenal di Afghanistan, Kabuli pulao adalah makanan khas bergaya pilaf. Disajikan di banyak negara, nasi pilaf adalah hidangan biji-bijian yang sering dimasak dengan bumbu, bawang, dan bahan lainnya.

Kabuli pulao disajikan ditumpuk tinggi di atas piring dan harum dengan daging domba yang dimasak lambat dan campuran rempah-rempah (di antaranya kapulaga, cengkeh, kayu manis dan jintan), dicampur dengan nasi berbiji panjang seperti basmati.

Sajian ini biasanya dihidangkan dengan ditaburi irisan wortel, kismis, dan almond panggang. Kabuli pulao mengambil namanya dari ibu kota Afghanistan, Kabul, tetapi juga dinikmati di negara tetangga Pakistan.

9. Onigiri, Jepang

Bukan hanya sushi olahan nasi populer asal Jepang, ada juga olahan nasi yang dinilai nikmat untuk disantap, yakni onigiri. Onigiri merupakan camilan nasi berbentuk padat, biasanya disuguhkan dalam kotak bento atau dijual satuan.

Olahan ini terbuat dari nasi Jepang yang dikukus, dan dibentuk padat berbentuk segitiga, dibungkus dengan rumput laut atau nori, diisi dengan berbagai daging seperti tuna, salmon, dan biasanya ditambahkan perasa seperti mayonaise.

10. Nasi Goreng, Indonesia

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, sudah tak asing dengan hidangan ini. Makanan pokok yang murah dan mengeyangkan, dapat ditemui di warung pinggir jalan hingga di restoran.

Nasi goreng terbuat dari nasi yang dibumbui dengan campuran rempah-rempah, seperti kemiri, bawang, kecap manis, jahe, dan bahan lainnya sesuai selera, yang dicampur jadi satu dan dihaluskan.

Makanan khas rumahan ini biasnaya disuguhkan dengan dicampur telur, daging ayam, atau udang, dan disertai kerupuk. Bisa dinikmati pedas atau tidak.

11. Tahdig, Iran

Penggemar nasi renyah akan menikmati makanan khas Persia ini yang biasanya dibuat dengan nasi basmati, yogurt, kunyit, dan terkadang kuning telur.

Tahdig berarti 'bagian bawah panci', mengacu pada bagian bawah nasi yang renyah berwarna emas yang berpadu sempurna dengan bagian dalamnya yang lembut.

12. Kedgeree, India/Inggris

Konon menjadi favorit Ratu Victoria, hidangan Anglo-India yang disebut kedgeree berasal dari hidangan India berbumbu khichiri, bumbu yang ada sejak abad ke-14.

Makanan yang populer di Inggris ini, kedgeree memadukan fillet haddock asap dengan nasi basmati, telur rebus, dan rempah-rempah seperti jinten, ketumbar, dan kunyit ((ikan dan telur mencerminkan preferensi rasa Raj Inggris, yang menyesuaikan khichiri dengan selera mereka).

13. Arroz, Kuba

Salah satu hidangan nasi kenyamanan klasik Kuba, arroz imperial disiapkan untuk acara-acara khusus di pulau itu dan di antara diaspora di Miami dan di tempat lain juga. Itu dirangkai berlapis-lapis, sama seperti lasagna.

Menu ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama, biasnaya dilapisi dengan nasi kuning, ayam suwir, mayones (untuk membantu mengikatnya dan untuk rasa) dan keju dan terkadang dipanggang sebelum disajikan untuk efek meleleh. Zaitun, tomat, dan paprika adalah tambahan yang populer.

14. Ayam pelau dan kacang polong, Trinidad dan Tobago

Ayam pelau adalah hidangan sehari-hari yang biasanya disajikan bersama teman dan keluarga. Menu ini diolah dengan campuran Nasi, kacang polong, dan protein hewani (biasanya ayam) dikaramelisasi lalu dimasak dengan kaldu, santan, dan rempah-remah.

Hidangan ini sering menjadi pusat perhatian pada pertemuan sosial karena sangat mengenyangkan. Orang-orang memakannya sambil nongkrong di pantai, sambil menonton pertandingan kriket, atau bahkan di pesta makan malam.

15. Louisiana dirty rice, Amerika Serikat

Hidangan klasik ini lebih disukai terbuat dari beras berbiji panjang dari rawa-rawa Louisiana selatan yang dinikmati di seluruh negara bagian.

Ini adalah lauk khas di Amerika Serikat. Dalam resep tradisional, hati atau ampela ayam cincang memberi warna pada nasi putih. Biasanya ini juga dilengkapi dengan daging giling.

16. Wali wa kukaanga, Kenya

Wali wa kukaanga adalah 'nasi goreng' khas Kenya. Menu ini biasnaya disajikan bersama daging atau tanpa apapun.

Olahan ni adalah makanan sederhana yang mudah disiapkan dari bahan-bahan umum dan terdiri dari nasi yang digoreng bersama dalam minyak, dicampur dengan kunyit dan campuran sayuran cincang yang mungkin termasuk bawang bombay, wortel, kacang polong, dan jagung.

17. Chicken perloo, California Selatan

Nasi emas Carolina adalah biji-bijian yang disukai untuk menyiapkan perloo ayam, hidangan klasik South Carolina Lowcountry yang berasal dari Afrika Barat.

Hidangan ini terdiri dari protein yang direbus dengan nasi, tomat, bawang merah, bawang putih, seledri, paprika, dan rempah-rempah.

18. Alaisa fa'apopo, Samoa

Kelapa berperan besar dalam masakan Samoa tropis, mulai dari gulungan kelapa dan roti hingga kue kelapa serta hidangan daging dan sayur yang mengandung susu.

Jadi, tak mengherankan lagi jika hidangan nasi paling populer di negara pulau Polinesia, alaisa fa'apopo ini sangat khas dengan kelapa.

19. Bibimbap, Korea Selatan

Hidangan Korea yang sangat populer ini namanya diterjemahkan menjadi nasi campur, dan telah terkenal di selurun dunia. Bibimbap sendiri terdiri dari nasi yang disajikan dalam mangkuk dan atasnya disusun daging dan sayuran yang diiris.

Nasi dimasak dalam kaldu yang terbuat dari daging sapi, merupakan pilihan yang paling pas untuk mencobanya. Hidangan ini sering disajikan dengan bumbu cabai Korea yang disebut Yak-gochujang.

20. Khao pad, Thailand

Nasi goreng versi Thailand atau khao pad juga banyak mendapat perhatian para turis asing. Nasi ini merupakan makanan pokok di negara tersebut. Hom mali, nasi melati Thailand yang dianggap sebagai nasi sampanye, berfungsi sebagai bahan dasar hidangannya. (cnbc)

foto

Terkait

Foto

Paket Wisata di Riau Kunjungi Masjid-masjid Bersejarah

RIAUBOOK.COM - Pihak Pemerintah Provinsi Riau menggiatkan program paket destinasi wisata religi berbasis masjid bersejarah."Untuk itu Pemprov Riau dan pemerintah…

Foto

Batik Seikijang, Produk UMKM BRK Syariah Diminati Sejumlah Menteri dan Artis Ibukota

RIAUBOOK.COM - Memberi nama 'Batik Seikijang' pada usaha kerajinan batik yang digelutinya sejak tahun 2021 membawa berkah bagi Kemiliana warga…

Foto

Ekspedisi SMSI-HPN 2023: Geosite Sipinsur Panorama Eksotis Danau Toba

RIAUBOOK.COM, DOLOK SANGGUL - Geosite Sipinsur yang terletak di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara, memang sebuah…

Foto

Ekspedisi Danau Toba, Energi Baru Mempertahankan UGG

RIAUBOOK.COM, SAMOSIR - Bupati Samosir, Sumatera Utara, Vandiko Gultom, menyambut baik daerahnya dipilih Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai salah…

Foto

7 Agenda Pariwisata Riau Masuk KEN

RIAUBOOK.COM - Tujuh agenda pariwisata Provinsi Riau lulus kurasi akhir atau masuk nominasi Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2023. …

Foto

Tips Promosikan Objek Wisata Riau, Syamsuar: Butuh Inovasi dan Sejarah

RIAUBOOK.COM - Mempromosikan objek wisata daerah perlu dengan cara yang inovatif dan kreatif termasuk menjual legenda atau sejarah tempat tersebut,…

Foto

Orang Melayu Thailand Datang, Masrul Kasmy Perkenalkan Objek Wisata Riau

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyambut baik kedatangan rombongan tamu Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang berasal dari Pattani…

Foto

Setelah Dudung, Giliran Sandiaga Uno Bakal ke Kampar

RIAUBOOK.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Batalyon Infantri 132/ Bima Sakti Salo pada Selasa…

Foto

Ribuan Masyarakat Antusiastis Hadiri Bandar Serai Festival

RIAUBOOK.COM - Ribuan masyarakat antusiastis menyaksikan acara Bandar Serai Festival 2022 yang menyajikan berbagai suguhan kesenian modern dan tradisional menakjubkan.…

Foto

Hanya Modal Rp100 Ribu Bisa Makan Durian Sepuasnya, Ini Cuma di Bengkalis

RIAUBOOK.COM - Gebyar Makan Durian digelar di Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau, dengan hanya merogoh kocek  seratus ribu rupiah, pengunjung yang…

Foto

Masuk Hari ke 3, Bandar Serai Festival Dihadiri Musisi Internasional

RIAUBOOK.COM - Memasuki hari ke -3 Event Bandar Serai Festival 2022 dihadiri 10 musisi besar lokal yang tampil mengisi acara…

Foto

DKR Gelar Pingat Kejohanan Tari 2022, 13 Koreografer Muda Riau Bertarung

RIAUBOOK.COM - Dewan Kesenian Riau (DKR) menggelar Pingat Kejohanan Tari 2022 yang akan dilaksanakan mulai dari 14 Maret hingga 21…

Foto

Gubernur Syamsuar Ungkap Keunggulan Pulau Rupat

RIAUBOOK.COM - Sektor pariwisata di Provinsi Riau sangat menjanjikan dan akan mampu mendongkrak perekonomian daerah, demikian Gubernur Riau Syamsuar mengungkap.…

Foto

Puncak Perayaan HPI Riau Ditandai dengan Bincang Sastra dan Baca Puisi Lintas Generasi

RIAUBOOK.COM - Puncak perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) Riau ditandai dengan kegiatan Bincang Puisi dengan tema 'Puisi Menyatukan' dan Baca…

Foto

Provinsi Riau Masuk 8 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

RIAUBOOK.COM - Sebanyak 5 destinasi objek wisata, 2 jenis kuliner dan 1 kebudayaan yang ada di Provinsi Riau masuk nominasi…

Foto

Aklamasi, Atan Lasak Ketum Dewan Kesenian Riau

RIAUBOOK.COM - Taufik Hidayat atau yang akrab disapa Atan Lasak terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Kesenian Riau (DKR)…

Foto

Sumec untuk Wisata Halal Riau, Wagub: Kami Apresiasi Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru melauching Sumatera Halal Destination and Invesment Promotion Center (Sumec) dalam…

Foto

Sunatan Massal Berbalut Budaya Melayu, Acara Ini Didukung RAPP

RIAUBOOK.COM, PANGKALAN KERINCI - Puluhan anak di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan mengikuti sunatan massal yang dilaksanakan di Lembaga Adat Melayu…

Foto

Semalam dengan Pial dan Barjanzi, Rudi Fajar: Ini Pelestarian Budaya

RIAUBOOK.COM, PANGKALAN KERINCI - Takkan Melayu Hilang di Bumi, begitulah ungkapan yang dapat menggambarkan kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Keluarga…

Foto

Festival Teater Dunia Digelar di Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - Festival perdana teater Islam dunia akan berlangsung 13 hingga 17 Desember 2019 di Pekanbaru, Riau, sejumlah kelompok teater…

Pendidikan