foto

Paripurna Istimewa DPRD Kota Dumai sempena Peringatan Hari Ulang Tahun ke-18 Kota Dumai

RIAUBOOK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai menggelar sidang paripurna istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kota Dumai, Kamis (27/4/2017).

Ketua DPRD Dumai Gusri Effendi memimpin langsung paripurna istimewa didampingi Wakil Ketua Idrus dan Zainal Abiddin. Sementara dari eksekutif hadir Wali Kota Dumai, Zulkifli AS.

Teks foto: Para anggota DPRD Kota Dumai serius mengikuti Sidang Paripurna Istimewa sempena HUT ke-18 Kota Dumai.

Selain dihadiri para anggota DPRD Kota Dumai, tampak pula para tamu undangan dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Dumai, para pejabat dan ASN di lingkup Pemko Dumai, tokoh masyarakat, tokoh adat dan alim ulama.

Sidang paripurna istimewa berlangsung sukses dan meriah. Dalam ruangan sidang terasa kental semangat pembangunan dan perjuangan.

"Kami berharap seluruh masyarakat agar menjadikan peringatan hari jadi kota Dumai sebagai momentum serta wahana penguatan daerah dengan menilik sejarah terbentuknya Kota Dumai hingga maju saat ini, dan kita semua perlu menghargai perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang pendiri kota yang kita cintai ini," kata Gusri Effendi dalam kata pengantarnya.

Teks Foto: Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Dumai.

Gusri Effendi dalam pidato pengantarnya menegaskan Kota Dumai yang mempunyai julukan Mutiara di Pantai Timur Sumatera ini telah menunjukkan kemandiriannya sebagai daerah otonomi. Pencapaian ini tak lepas dari perjuangan Komite Reformasi Masyarakat Dumai.

Gusri menambahkan, bakti dan perjuangan para pendiri daerah ini patut mendapat penghargaan. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk mengenang jasa pelaku sejarah tersebut dengan cara menanamkan nilai luhur kecintaan mendalam demi kemajuan Dumai dimasa yang akan mendatang.

"Saya atas nama lembaga DPRD Kota Dumai beserta seluruh anggota mengucapkan tahniah atas hari jadi ke-18 Kota Dumai dan semoga ke depannya pembangunan semakin maju dan masyarakat makmur sejahtera," katanya lagi.

Sebelumnya, Walikota Dumai Zulkifli AS menyampaikan, Pemerintah Kota Dumai berharap hari jadi Dumai ke 18 tahun 2017 ini dijadikan sebagai momen penting bagi masyarakat untuk mengembalikan ingatan kepada amal bakti dan jasa para pejuang otonomi.

"Kita harus menyatukan visi dan persepsi serta meningkatkan persatuan dan kesatuan, sehingga menjadikan suatu penuntun dan kekuatan agar daerah ini lebih baik dan lebih maju," kata Wali Kota.

Selain itu, memberikan motivasi kepada masyarakat Dumai untuk terus bertekad memajukan dalam setiap aspek kehidupan di masa kini dan mendatang, dan usia 18 tahun dalam laju ruang dan waktu menandakan bahwa daerah ini berada dalam tahap menuju kedewasaan.

Karena itu, patutlah semuanya menyadari bahwa dalam masa aktif mengembangkan kota ke depan harus ada energi bersama untuk mampu mendorong performa dan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Sebagai kota baru berkembang, wajar jika Kota Dumai dihadapkan pada berbagai persoalan, sehingga harus ada kejelian dalam mengelola persoalan menjadi suatu kesempatan dan salah satu barometer kemajuan di berbagai bidang dengan mengedepankan kebersamaan.

Pemerintah akan terus melaksanakan program pembangunan di berbagai bidang, misalnya sektor pendidikan, infrastruktur, kesehatan hingga pengembangan sektor ekonomi kecil dan menengah.

"Kita mengajak seluruh aparatur untuk meningkatkan kebersamaan dan kegotongroyongan, fungsi koordinasi; mensinergikan organisasi perangkat daerah agar program pembangunan disusun dapat terlaksana baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," sebutnya.

Asal Muasal Kota Dumai

Setiap perayaan HUT Kota Dumai, pemerintah setempat senantiasan ingin mengenang asal muasal berdirinya daerah ini sebagai modal penanaman sejarah pada masyarakat di daerah ini.

Bak cerita rakyat, bahwa legenda putri tujuh begitu dekat dengan asal-muasal Kota Dumai, Provinsi Riau.

Legenda itu berkembang secara lisan di masyarakat Dumai. Bukti dari legenda itu adalah adanya makam Putri Tujuh di dalam kompleks kilang minyak Pertamina Unit Pengolahan (UP) II Dumai.

Teks foto:Anggota Ikatan Keluarga DPRD (IKD) Kota Dumai dan juga Tim Penggerak PKK Kota Dumai serta tamu undangan.

Konon pada zaman dahulu, berdiri sebuah kerajaan bernama Seri Bunga Tanjung di daerah Dumai yang dipimpin seorang ratu bernama Cik Sima.

Ratu itu memiliki tujuh putri yang rupawan yang dikenal dengan sebutan Putri Tujuh. Mayang Sari, merupakan anak bungsu dari Cik Sima dan paling cantik di antara tujuh putrinya.

Kulitnya lembut diibaratkan sutra, wajahnya elok bagai bulan purnama, bibirnya merah bak delima, dan alisnya bagai semut beriring. Rambutnya yang panjang dan ikal digambarkan seperti terurai bagai mayang. Putri bungsu itu juga dikenal dengan Mayang Mengurai.

Suatu ketika, tujuh putri itu dikisahkan sedang mandi di Lubuk Sarang Umai. Kegiatan mereka tanpa disengaja dilihat oleh Pangeran Empang Kuala. Sang pangeran begitu takjub dengan kecantikan Mayang Mengurai.

Saking terpesonanya, sang pangeran bergumam, "Gadis cantik di Lubuk Umai, cantik di Umai. Ya..ya.. Dumai, Dumai." Penyebutan itulah yang kemudian diyakini menjadi asal-muasal kata Dumai.

Pangeran yang kasmaran itu kemudian mengirim utusan ke Kerajaan Seri Bunga Tanjung untuk meminang Putri Mayang Sari. Namun pinangan tersebut ditolak oleh Ratu Cik Sima. Alasannya, sang pangeran hanya berhak meminang putri tertua dari tujuh bersaudara itu. Sementara itu, putri paling bungsu, yakni Mayang Sari hanya berhak dipinang bila keenam saudara tertuanya sudah disunting.

Penolakan atas alasan adat tersebut membuat Pangeran Empang Kuala murka. Ia pun mengerahkan pasukan untuk menyerang Kerajaan Seri Bunga Tanjung. Ratu Cik Sima pun tidak takut tantangan perang tersebut. Sebelum berperang, ratu mengungsikan tujuh putrinya ke hutan di sebuah lubang tertutup kayu dan berlapis tanah serta terlindungi pepohonan. Ratu juga membekali putrinya makanan yang cukup untuk tiga bulan.

Perang yang berkecamuk membuat Ratu lupa dengan kondisi anaknya. Setelah empat bulan perang dan berakhir damai, Ratu baru ingat dengan tujuh putrinya.

Sayangnya mereka didapati sudah meninggal di dalam lubang persembunyainnya karena tidak makan dan minum. Lubang tempat persembunyian tersebut kemudian jadi tempat peristirahatan terakhir tujuh putri.

Legenda Putri Tujuh tersebut kemudian diabadikan sebagai nama Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina UP II Dumai, Riau. (advertorial)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Rapat Paripurna DPRD Riau, Agenda Pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau

RIAUBOOK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau Selasa (25/4/2017) menggelar rapat paripurna dengan agenda Pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi…

Foto

Pekanbaru Menuju Ketahanan Pangan Rumah Tangga

Kota Pekanbaru sebagai kota jasa dan perdagangan sudah dipastikan hampir separuh dari kebutuhan pokok sehari-hari baik beras, sayuran, protein, buah…

Foto

Gubernur: 50 Ribu Warga Riau Sasaran BRK, Irvandi Siap Bidik Proyek Nasional

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Jakarta dapat meraih pasar potensial, termasuk 50 ribu…

Foto

Dirut Irvandi Gustari: Teknologi BRK Kini Sangat Mumpuni

RIAUBOOK.COM - Pejabat (Pj) Bupati Kampar, Riau, Syahrial Abdi, menandatangani perjanjian kerja sama Pengembangan dan Penggunaan Aplikasi Kasda Online Interface…

Foto

BRK Satu-satunya BPD Penerima Anugerah TOP CSR 2017, Irvandi: Kita Sinergikan

RIAUBOOK.COM - Bank Riau Kepri (BRK) menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) satu-satunya penerima Anugerah TOP Corporate Social Responsibility (CSR) 2017.Kegiatan…

Foto

Pesan Gubernur Riau untuk Bank Riau Kepri dan SDM di Dalamnya

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menjadi Pembina saat penyelenggaraan upacara sempena Hari Ulang Tahun Bank Riau Kepri ke 51…

Foto

Ribuan Anak Yatim Hadiri Tabligh Akbar Bank Riau Kepri, Irvandi: Ini Wujud Syukur

RIAUBOOK.COM - Tabligh Akbar yang merupakan salah satu rangkaian acara sempena hari jadi Bank Riau Kepri ke 51 digelar di…

Foto

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017

RIAUBOOK.COM - PT. Bank Riau Kepri menerima penghargaan pada ajang The 2nd Public Relations Indonesia Awards (PRIA) di Ballroom Hotel…

Foto

Bupati Irwan: Dua Tahun Kedepan, Persoalan Infrastruktur dan Listrik Harus Tuntas

RIAUBOOK.COM- Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tahun 2018, yang digelar di Gedung Afifa Sport Centre Selatpanjang…

Foto

DPRD Riau Setujui Prakarsa Ranperda Komisi E tentang Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan

Riau Book - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menggelar rapat paripurna tentang jawaban Komisi E DPRD Riau terhadap…

Foto

CSR Dana Kemitraan, Bupati Rohil Harapkan Perusahaan Lain Ikuti Langkah BRK

Riaubook - Bupati Rokan Hilir H. Suyatno menyampaikan apresiasi kepada Bank Riau Kepri (BRK), atas diserahkannya Program Kemitraan Corporate Social…

Foto

Kampar Banjir, BRK Salurkan Bantuan 1.200 Paket Sembako

Riaubook - Bank Riau Kepri kembali salurkan paket sembako bagi masyarakat Kabupaten Kampar yang tertimpa bencana banjir. Kali ini Direktur…

Foto

Peduli Banjir Inhu, BRK Serahkan Paket Sembako untuk Korban Banjir

Riau Book - Bank Riau Kepri menyalurkan bantuan untuk masyarakat korban banjir di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau pada…

Foto

Andi Rachman: Pemprov Siap Bersinergi dengan Pemkab Membangun Daerah

Riaubook - Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rachman, Rabu (08/03/2017), membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Rokan Hulu tahun…

Foto

Ketua Umum PDUI Riau Gandeng Bank Riau Kepri untuk Co Branding

Riau Book - Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK) DR. Irvandi Gustari menandatangani MoU atau perjanjian kerjasama Co Branding dengan…

Foto

BRK Taja Workshop Kesiapan Penerbitan Obligasi

Riau Book - Bank Riau Kepri (BRK) menggelar workshop di Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang bertajuk Penerbitan Obligasi PT. Bank…

Foto

BRK Dipercaya Pemkab Lingga Kelola PBB-P2

Riau Book - Bupati Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Alias Wello S.IP yang diwakilkan Sekda Drs. Abu Hasim, MM, menandatangani…

Foto

BRK Dikunjungi Deputi Pemberantasan PPATK, Lihat Pekanbaru dari Lantai 15

Riau Book - Dirut Bank Riau Kepri (BRK) DR. Irvandi Gustari di dampingi Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Eka Afriadi…

Foto

PKPU Pekanbaru Terus Berkarya Membangun Masyarakat Riau

Riaubook - PKPU atau Pos Keadilan Peduli Umat Pekanbaru telah memberikan karyanya kepada masyarakat Riau sebanyak kurang lebih 10.000 penerima…

Foto

Terapkan Transparansi Rekrutmen Pegawai, Gubernur Riau Meresmikan e-recruitment BRK

Riaubook - Guna menerapkan prinsip God Corporate Governance (GCG) dalam proses perekrutan pegawainya, PT. Bank Riau Kepri secara resmi meluncurkan…

foto

Pendidikan