Stanum Bangkinang (RB/RI)

Rabu, 12 Juli 2017 - 18:36 WIB 6830000

Tahun 1990-an Sempat Menjadi Lokasi Wisata Favorit, Sekarang Stanum Bangkinang Seakan Tak Terawat dan Terbengkalai

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Taman Rekreasi Stanum Bangkinang yang pernah menjadi salah satu tempat wisata favorit pada dekade tahun 1990an terkesan tak terawat. Kini lokasi wisata yang telah berubah nama menjadi Kampung Stanum itu kondisinya memprihatinkan dan terbengkalai.

Beberapa warga Kabupaten Kampar pun sangat menyayangkan kondisi Taman Rekreasi Stanum yang kini tidak lagi dilirik oleh masyarakat sebagai tempat berwisata.

Menanggapi hal itu, Bupati Kampar Azis Zaenal meminta dinas terkait untuk meninjau ulang Peraturan Daerah (Perda) pengelolaan objek wisata stanum Bangkinang.

"Tolong dikaji ulang Perdanya, siapkan tim kecil, jika perlu cabut perda lamanya dan tarik lagi asetnya biar kita terbitkan lagi Perda baru," ujarnya saat melakukan rapat dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (11-7-17) malam.

Dikatakannya, ia sangat menyayangkan pengelolaan stanum Bangkinang yang sampai saat ini tidak maksimal. Kemudian nya ia juga berharap agar nantinya kegiatan Pemda dilaksanakan di stanum.

"Disana kan sudah ada penginapannya, ada ruang pertemuan, ada tempat pemandian, kenapa tidak kita maksimalkan pengelolaannya. Untuk itu kita tata kembali dan bangkitkan lagi stanum itu," katanya.

Nah, Rabu (12-7-17) pagi, Asisten II Setda Kampar Nurbit didampingi beberapa orang kepala OPD langsung turun ke lapangan guna meninjau kondisi terkini stanum bangkinang.

Untuk bulan Oktober mendatang, stanum bangkinang ini juga akan dimanfaatkan untuk salah satu venues dari Cabang Olahraga (Cabor) renang pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Target tahun ini pengelolaan stanum ini dapat diselesaikan, namun pemerintah memfokuskan dalam waktu 2 sampai 3 bulan kedepan minimal upaya — upaya penyelematan dahulu karena akan dipergunakan untuk venues cabang renang," kata Nurbit.

Ia berharap, stanum bangkinang yang dahulunya sempat jadi destinasi wisata favorit bisa kembali menghadirkan dan memberikan nilai citra yang positif untuk teman-teman 12 Kabupaten Kota pada perhelatan Porprov nanti.

Langkah kedepan pun, pihak Pemerintah Daerah Kampar juga tengah melakukan evaluasi manajemen secara menyeluruh begitu juga dengan aset yang ada. Sehingga dapat menemukan solusi yang dianggap tepat.

Dirinya juga yakin, dengan kepemimpinan Azis — Catur saat ini optimis dapat mengembalikan masa kejayaan Stanum seperti sediakala secara bertahap.

Ditambahkannya, Stanum ini agak komprehensif dalam penyelesaiannya, apalagi ini adalah perusahaan daerah. Terkait soal ada tidaknya kedepan melibatkan pihak swasta dalam pengelolaan Stanum dirinya belum mau memberikan gambarannya.

"Kita susun skenarionya dahulu, karena Stanum ini bagian dari salah satu unit perusahaan daerah Aneka Karya. Sehingga evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh," Bebernya.

"Yang jelas, untuk saat ini pemerintah Kabupaten Kampar sudah mengambil langkah cepat, keadaan ini tidak bisa dibiarkan lagi karena Kondisinya sudah sangat memprihatinkan," pungkasnya. (RB/RI)

Share ke BBM

100000000
Mashari

Berita Terkini

PM Irak Umumkan Kemenangan Atas ISIS di Mosul

Rabu, 12 Juli 2017 - 17:15 WIB

2 TKW Asal Cianjur Hilang Kontak Selama 6 Tahun

Rabu, 12 Juli 2017 - 15:34 WIB

Catat, Harga TBS Minggu Ini

Selasa, 11 Juli 2017 - 13:17 WIB

Bripka Ilham Raih Bhabinkamtibmas Terbaik se-Riau

Senin, 10 Juli 2017 - 15:42 WIB

Ratusan Dosen UGM Tolak Pansus Angket KPK

Senin, 10 Juli 2017 - 10:39 WIB

Pimpin Apel Senin Pagi, Ini Kata Wabup CSS

Senin, 10 Juli 2017 - 09:05 WIB

Bangun Kekompakan Agar Kampar Lebih Maju

Senin, 10 Juli 2017 - 07:57 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia