Wabup Kampar Catur Sugeng membacakan pemenang undian jalan santai sempena Hari Kesehatan Nasional di Kampar, Minggu (12/11/2017).

Minggu, 12 November 2017 - 22:35 WIB 1180000

Wajib Hukumnya Jaga Kesehatan, kata Wabup Kampar

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Kesehatan sangat penting dalam menunjang segala aktivitas kehidupan manusia, maka wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan pada tubuh.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar mengucapkan selamat merayakan Hari Kesehatan Nasional, selamat hidup sehat, dan juga memberikan penghargaan Kepada Dinas Kesehatan Kampar yang telah melaksanakan kegiatan jalan santai dan senam bersama," kata Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto ketika memberikan sambutan pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2017 di Taman Kota Bangkinang, Minggu (12/11/2017) pagi.

Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan bahwa pentingnya kesehatan yang juga merupakan salah satu cara umat Islam beribadah kepada Allah SWT.

"Apabila kita tidak sehat, maka ibadah kita kurang sempurna. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula, ini memiliki makna bahwa jika tubuh kita sehat, maka jiwa kita juga sehat dan kuat, dengan demikian seluruh aktivitas yang kita lakukan tanpa kesehatan mustahil bisa dilakukan dengan baik," kata Catur Sugeng.

Pada tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 12 November, demikian Sugeng, Dinas Kesehatan Kampar memeringati HKN yang ke 53.

Tema HKN kali ini adalah "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" yang tentunya sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Catur Sugeng menambahkan, saat ini pemda setempat sedang giat-giatnya mempromosikan adipura menjadi milik Kabupaten Kampar, sebab itu pada kesempatan ini dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, karena kebersihan dan kesehatan faktor penentu keberhasilan kita meraih adipura pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dr Muhammad Harris menyampaikan komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, yakni perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu.

Kata dia, keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang.

"Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya dilingkungan keluarga," katanya.

Peringatan HKN ke-53 ini katanya menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia.

"Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan," kata dia.

Peringatan HKN ke-53 ini dilaksanakan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Oktober dan akan berakhir pada November 2017.

Sekretaris Dedy Sambudi, menambahkan HKN ke-53 tahun 2017 ini banyak sekali kegiatan yang dilakukan di antaranya Lomba penyuluhan yang diikuti perwakilan kader seluruh wilayah puskesmas se Kabupaten Kampar dan lomba mading bagi siswa SLTA perwakilan seluruh kecamatan. (RB/MC)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Kasiat Kunyit Bisa Jadi Obat Kanker

Jumat, 10 November 2017 - 06:57 WIB

Eka Hospital Layani Pasien Gangguan Irama Jantung

Sabtu, 04 November 2017 - 19:15 WIB

Gempar, Remaja Pria 'Hamil' Anak Laki-laki

Kamis, 26 Oktober 2017 - 07:04 WIB

Pusing Enggak Punya Uang, Ternyata Bukan Mitos

Selasa, 17 Oktober 2017 - 07:23 WIB

Awas Obat Berbahaya Ini Bisa Mematikan

Minggu, 08 Oktober 2017 - 11:06 WIB

Bahan-bahan Alami Hilangkan Jerawat

Minggu, 08 Oktober 2017 - 10:32 WIB

Tips Kendalikan Emosi

Kamis, 05 Oktober 2017 - 07:29 WIB

Gubri Kunjungi Pasien Bakti Sosial di RS Ibnu Sina

Rabu, 27 September 2017 - 18:02 WIB

Udara Riau Kotor, Kawasan Bersih Incaran Warga

Minggu, 24 September 2017 - 14:56 WIB

Kalau Pasien Datang, Tanya Keluhannya Bukan Uangnya

Sabtu, 16 September 2017 - 13:32 WIB

Usia Bertambah Tua, Begini Cara Mengusir Galau

Rabu, 13 September 2017 - 13:27 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia