Ilustrasi kebakaran lahan di Riau. (RB)

Rabu, 08 Januari 2020 - 11:41 WIB 11450000

Titik Panas Mulai Bermunculan di Riau, Kemarin Bengkalis Terbanyak

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Sebanyak sembilan titik panas (hotspot) diindikasi sebagai kebakaran lahan mulai bermunculan di sejumlah wilayah di Provinsi Riau, demikian hasil deteksi Satelit Terra, Aqua dan SNPP yang diuraikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

"Hotspot ini ditersebar di Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingu (Kuansing), sejak Selasa (7/1/2020) kemarin," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno.

Dia mengatakan, sembilan titik panas yang berada di level confidence di atas 50 persen ini terdapat di Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil, dan Rupat Bengkalis yang masing-masing ada satu titik, satu titik di Kecamatan Sungai Apit di Siak, empat titik di Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan, dan satu titik di Kecamatan Kuantan Mudik (Kuansing).

"Kemarin Bengkalis yang terbanyak, hari ini jumlah titik panasnya juga masih tetap ada tiga titik. Namun di Pelalawan hari ini meningkat titik panasnya jadi empat titik menjadi yang terbanyak titik panasnya," kata Sukisno di Pekanbaru, Rabu (8/1/2020).

Ia juga menjelaskan, bahwa tingkat kepercayaan atau level confidence dua hotspot ini bervariasi. Di mana dari sembilan hotspot tersebut, ada enam titik panas berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api.

"Enam titik tersebut berada di Kuala Kampar tiga titik dengan level confidence 99 persen, 76 persen, 72 persen. Lalu, Siak Kecil dengan level confidence 88 persen, Rupat di level confidence 79 persen, dan Sungai Apit di level confidence 73 persen," kata dia. (Mcr/rat)

Sumber mediacenterriau

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Bencana Asap Riau, Pawang Hujan Siap Bantu Syamsuar

Senin, 09 September 2019 - 10:55 WIB

Riau Berasap, Syamsuar Berharap Hujan

Minggu, 11 Agustus 2019 - 15:16 WIB

Riau Belum Ekspor Asap ke Malaysia

Jumat, 09 Agustus 2019 - 14:03 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize