Wakil Gubernur Riau Edy Natar dan Rektor Unri Aras Mulyadi mencicipi Lopek Bugih, Selasa (6/8/2019).

Selasa, 06 Agustus 2019 - 22:32 WIB 8750000

BEM UnRi Cetak Rekor MURI, Lopek Bugih Terbanyak

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Prestasi unik dicetak oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UnRi) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Kelompok ini berhasih meraih piagam dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), untuk kategori penyajian Lopek Bugih terbanyak, yakni 10 ribu buah.

Piagam rekor MURI tersebut diserahkan perwakilan dari MURI Andre Purwandono kepada Wakil Gubernur, Edy Natar Nasution, kepada Staf ahli bidang Hukum dan Pemrintahan Pemkab Kampar Ir Nurhasani, MM, dan Kepada Ketua BEM Unri, Selasa (6/8/2019), di lapangan open space, kampus Bina Widya Unri, Panam, Pekanbaru.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar  mengatakan, pemberian piagam rekor MURI atas penyajian Lopek Bugih terbanyak ini diharapkan bisa semakin memperkenalkan kuliner khas Kabupaten Kampar tersebut di tengah masyarakat Indonesia dan juga nantinya diharapkan bisa dikenal sampai ke manca negara.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada BEM Universitas Riau (Unri) yang telah mempelopori kegiatan ini, tentu apa yang menjadi capaian hari ini, kita harapkan dapat memberi dampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat pembuat Lopek Bugih," harap Edy.

Edy saat itu juga berpesan agar kuliner khas Riau terlebih dahulu harus menjadi tuan rumah dinegerinya sendiri, baru nantinya bisa menjadi idola bagi masyarakat di luar Riau, dan masyarakar luar negeri.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi peluang bagi Mahasiswa khususnya yang berjiwa entreprenuer, untuk dijadikan salah satu kuliner yang bisa dijual dan akan bernilai ekonomi.

"Mahasiswa zaman ini harus mampu menjadi mahasiswa yang tidak hanya cakap dalam bidang ilmu pengetahuan dalam mata kuliah, Mahasiswa juga harus memiliki jiwa wirausaha, hingga nantinya bisa membuka lapangan pekerjaan, dan ini akan mampu meningkatkan ekonomi," ujar dia.

Edy juga menyebut bahwa kegiatan ini juga sangat sejalan dengan upaya pemerintah Provinsi Riau yang tengah giat mengembangkan berbagai potonsi wisata, yang salah satunya adalah dukungan dari berbagai kuliner khas di provinsi Riau.

"Ini adalah bagian dari dukungan pihak Universitas dalam mendukung program pemerintah, sekali lagi kami ucapkan terimakasih, semoga kuliner-kuliner khas Riau ini akan semakin dikenal dan digemari oleh berbagai kalangan," pungkasnya.

Staf ahli bidang Hukum dan Pemerintahan Pemkab Kampar Ir Nurhasani, MM, mengatakan, Lopek Bugih merupakan makanan khas Kabupaten Kampar, dimana selama ini yang menjadi kendala bagi pengusaha kuliner Lopek Bugih ini adalah dibagian memesarkan produk.

"Mudah-mudahan melalui raihan sertifikat MURI ini, akan semakin memperkenalkan Lopek Bugih ditengah masyarakat Indonesia, dan juga diharapkan dikenal dan digemari masyarakat dunia," ujarnya.

 

Sementara Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyebut kalau piagam rekor MURI yang diperoleh hari ini adalah yang kedua bagi BEM Unri, karena beberapa tahun lalu, BEM Unri juga juga telah mencatatakan rekor Muri untuk penyajian mie sagu terbanyak.

Aras menerangkan, lopek bugih ini merupakan kuliner khas masyarakat kabupten kampar, mudah-mudahan ini akan mampu memberi manfaat dalam hal pembaikan ekonomi masyarakat, 

Mengangkat, meningkat dan menggiatkan sektor wisata di Provinsi Riau melalui kuliner.

"Mudah-mudahan pencatatan rekor muri ini dapat bermanfaat dari berbagai sisi bagi masyarakat Riau. Terimakasih kepada pemerintah Provinsi Riau, Pemkab Kampar dan Yayasan MURI, yang telah melaksanakan kegiatan ini," ungkapnya. (MC Riau/mad)

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Listrik Jawa Padam, Jokowi Semprot PLN, Begini Ceritanya

Selasa, 06 Agustus 2019 - 13:31 WIB

Akibat Demo, Bandara Ini Batalkan 105 Penerbangan

Senin, 05 Agustus 2019 - 14:10 WIB

Komsos jadi Sarana Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Senin, 05 Agustus 2019 - 12:33 WIB

Sedikitnya Rp204,7 Miliar DAK Fisik 2019 Riau Hangus

Senin, 05 Agustus 2019 - 11:00 WIB

Hari ini Pelalawan Nihil Hotspot

Senin, 05 Agustus 2019 - 09:39 WIB

GNPF Kembali Gelar Ijtima Ulama, Apa Agendanya?

Senin, 05 Agustus 2019 - 09:18 WIB

Sabtu Sore Jumlah Hotspot di Pelalawan Menurun

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 20:18 WIB

Mau Tahu Berapa Banyak Pengangguran di Indonesia?

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 20:16 WIB

Begini Runutan Sejarah Gempa di Pulau Jawa

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 20:10 WIB

Waspada! Gempa Lebih Besar Bakal Guncang Banten

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 19:49 WIB

OTK Lempari Batu Kediaman Menteri Susi

Jumat, 02 Agustus 2019 - 16:07 WIB

Karhutla di Riau, Syamsuar: Kami Tingkatkan Perhatian

Jumat, 02 Agustus 2019 - 13:53 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize