Gubernur Riau, Syamsuar. (ist)

Rabu, 28 April 2021 - 12:39 WIB 17890000

Lawan Rentenir, Gubri Launching Program Pembiayaan untuk UMKM

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Rabu (28/4/2021) melauching program pembiayaan Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR).

Melalui program tersebut, diharapkan dapat membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) keluar dari jerat dan perilaku picik dari para "Lintah Darat".

Gubri menyampaikan, keberadaan rentenir seringkali meresahkan masyarakat karena memberikan pinjaman dana dengan bunga yang sangat tinggi dengan berbagai kemudahan yang diberikan untuk menjerat masyarakat khususnya pelaku UMKM atau pedagang kecil

Dengan adanya KPMR ini, kata Gubri, diharapkan dapat membantu menggerakkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan, sekaligus menekan aktvitas rentenir di kalangan masyarakat.

"Agenda hari ini adalah launching kredit melawan rentenir, kita tahu bahwa di daerah kita ini banyak rentenir yang memanfaatkan kredit kepada masyarakat kita yang ada di daerah, baik petani, pedagang termasuk UKM," Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru.

Syamsuar menerangkan, kredit melawan rentenir ini adalah kredit pembiayaan yang diberikan lembaga jasa keuangan formal kepada pelaku UMKM dengan proses cepat, mudah dan biaya rendah, untuk mengurangi ketergantungan entitas kredit informal dan ilegal.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mengurangi kecenderungan masyarakat khususnya UMKM meminjam dari entitas kredit informal atau rentenir serta mendorong peran dan fungsi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dalam pengembangan sektor UMKM di daerah melalui penyediaan dana dengan proses cepat, mudah dan berbiaya rendah.

"KPMR juga bertujuan meningkatkan pengetahuan UKM terkait produk dan layanan keuangan, khususnya produk kredit," ujarnya.

Saat ini BRI menjadi bank utama penyaluran program KPMR di Provinsi Riau, untuk itu Gubernur Riau berharap kedepannya bank lainnya termasuk bank daerah juga turut berkontribusi dalam hal ini.

Sehingga dengan demikian diharapkan dapat memberikan manfaat dan mempermudah masyarakat Riau dalam memperoleh biaya permodalan tanpa memberatkan masyarakat.

"Harapan saya juga bank yang ada di daerah kita ini bisa juga memanfaatkan program pemerintah ini, agar nanti rentenir berkurang atau rentenir hilang dari daerah kita karena rentenir ini jelas bunganya besar," ujarnya.

Dalam launching itu, turut hadir Asisten II Setda Provinsi Riau, Evarefita, Karo Ekonomi Pemprov Riau, John Armedi Pinem, Kepala OJK Riau, Yusri, Pimpinan Kantor Wilayah BRI Pekanbaru, Mochamad Suratin, serta tamu undangan lainnya.

Sumber: MCR

Share ke BBM

100000000
Dwi Anggera

Berita Terkini

6 Calon Sekdaprov Riau Lolos Seleksi Administrasi

Senin, 12 April 2021 - 12:17 WIB

Ini Wilayah yang Boleh Mudik Lokal 6-17 Mei 2021

Sabtu, 10 April 2021 - 12:50 WIB

BI Komit Dukung Keuangan Digital Indonesia

Selasa, 06 April 2021 - 16:19 WIB

Asessment Jabatan Sekdaprov Riau Dibuka Hari Ini

Senin, 05 April 2021 - 12:26 WIB

BI Sinergi dengan Pemprov Riau Bentuk TP2DD

Rabu, 31 Maret 2021 - 13:36 WIB

Banyak Komplain Soal ELTE, Ini Penjelasan Polisi

Rabu, 31 Maret 2021 - 09:44 WIB

Hakim dan Pegawai PN Pekanbaru Jalani Vaksinasi

Selasa, 30 Maret 2021 - 11:01 WIB

BPBD Riau Siapkan Logistik Antisipasi Korban Banjir

Senin, 29 Maret 2021 - 13:34 WIB

Nasabah Non Muslim Dukung Konversi BRK ke Syariah

Minggu, 28 Maret 2021 - 13:13 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize