Mie Rebus Mak Nyus. (ist)

Minggu, 16 September 2018 - 12:55 WIB 22880000

Mie Rebus Mak Nyus Pekanbaru, Rasa Beda yang Nikmat Buat Lida Bergoyang

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Pecinta kuliner tentu ingin mencoba makanan khas yang berbeda dengan cita rasa tinggi yang mampu menbuat lidah bergoyang karena rasa nikmat yang hangat.

Berikut ulasan mie rebus Mak Nyus buatan Bu Nila yang begitu banyak digemari berbahai kalangan meski baru diluncurkan baru-baru ini.

Berbeda dengan kuliner yang biasa dijumpai di Pekanbaru, Mie Rebus Khas Medan atau lebih dikenal dengan sebutan 'Mie Rebus Mak Myus di kawasan 'Car Free Day' menawarkan cita rasa unik bagi pecinta kuliner 'anti mainstream' di Bumi Lancang Kuning, Riau.

Bagi anda yang menetap si Sumatera mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner tersebut, mie yang menjadi salah satu icon kuliner di daerah berjulukan 'Kota Melayu Deli' ini juga dapat anda temui setiap minggunya di Area Car Free Day, Pekanbaru.

Disitu anda bisa bernostalgia mengenang cita rasa masakan yang sebelumnya hanya bisa ditemui ketika pulang ke kampung halaman.

Bahkan terdapat rasa yang khas, berbeda dari hidangan yang pernah Anda coba sebelumnya.

Keunikan Mie Rebus tersebut terletak pada kuahnya. Sebagai penikmat, anda akan bertanya-tanya dalam hati, bumbu apa yang dipadukan si Juru Masak dalam membuat racikan kuliner tersebut.

Gurih, sedikit manis dan yang pastinya lezat menjadi sensasi yang mengejutkan lidah anda.

Rasa ini pula membuat orang yang belum pernah mencobanya menjadi ketagihan.

Di tempat asalnya kuliner tersebut juga dikenal dengan nama 'Mie Keling'. Makanan ini semula diadopsi dari masyarakat etnis India yang bermukim di sana, setelah mengalami penyesuaian dengan lidah berbagai etnis, Mie Rebus tersebut kemudian digemari oleh berbagai kalangan.

Ibu Anila, warga Pekanbaru yang menjadi koki dalam meracik bumbu dan memasak Mie Rebus Mak Nyus tersebut memiliki inovasi resep tersendiri agar kuliner buatannya mampu menggugah selera pengunjung.

Inovasi tersebut juga yang menjadikan mie rebus buatannya eksklusif dan berbebeda dengan mie rebus lainnya yang pernah ditemukan.

"Kita punya cara senidiri dalam memasak Mie Rebus ini, khususnya pada bahan dan bumbu kuahnya, banyak yang jualan Mie Rebus dengan menggunakan tepung untuk mengentalkan kuah, tapi saya tidak, saya berinovasi dengan bahan lain yang tetap tidak merubah kualitas rasa, karena kalau pakai tepung, apa lagi kalau sudah dingin dia itu mencair kuahnya," kata Bu Anila.

Sedikit mengulik resep yang dipakainya, Bu Anila menuturkan, yang membuat aroma dan rasa kuah Mie Rebus buatannya adalah udang giling yang dimasukkan dalam pembuatan kuah Mie Rebus buatannya.

Mengaku memiliki antusias dalam berdagang ditambah pengalaman memasak puluhan tahun, Bu Anila merintis usahanya kuliner Mie Rebusnya sejak September 2017 lalu di Area Car Free Day, Pekanbaru setiap minggu pagi.

Awalnya Bu Anila hanya memasak untuk 30 porsi, seiring banyaknya pengunjung yang antusias dengan kuliner buatannya, sekarang dia sudah memasak hingga ratusan porsi setiap kali berjualan.

"Sekarang ini ramai terus, bahkan sebelum jam 8.30 wib sudah habis, banyak juga etnis Tionghoa yang datang membawa keluarganya untuk makan di tempat saya, ada juga ibu-ibu yang memesan untuk acara Arisan dirumahnya," demikian Bu Anila.

Saat ini, Kuliner Mie Rebus Khas Mak Nyus buatan Bu Anila hanya bisa dinikmati setiap hari Minggu karena dirinya belum membuka usaha kuliner menetap di tempat lain.

Namun Bu Nila menerima pesanan untuk berbahai kegiatan seperti arisan, pesta pernikahan, ulang tahun, dan lainnya.

Bagi yang penasaran dengan cita rasa baru ini bisa memesan mie rebus Mak Nyus Bu Nila lewat nomor 085374989974.

Catatan, pemesanan harus di atas 40 porsi.

(RB/Dwi)

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Bersepeda Melintasi Sejumlah Destinasi Wisata di Riau

Jumat, 14 September 2018 - 10:31 WIB

Dari Makasar Sampai Teluk Jering

Senin, 03 September 2018 - 12:52 WIB

Ajakan Tyas Mirasih ke Pulau Cinta Kampar

Senin, 03 September 2018 - 12:07 WIB

Lewat Instagram Tyas Mirasih Promosikan Teluk Jering

Sabtu, 01 September 2018 - 10:00 WIB

Ada Artis Mau Berkunjung ke Teluk 'Jengkol' Kampar

Jumat, 31 Agustus 2018 - 09:48 WIB

Pesta Masyarakat Desa Pulau Gadang ala Zaman Kuno

Kamis, 30 Agustus 2018 - 10:05 WIB

Pertama di Kampar, Pacu Sampan Sei Tarap Berdayung

Minggu, 26 Agustus 2018 - 10:53 WIB

Pilihan Nyaman Hotel Dekat Candi Borobudur

Selasa, 07 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Unik, Festival Sampan Leper di Kuala Getek

Minggu, 29 Juli 2018 - 12:56 WIB

Haus Hiburan Saat Lebaran, Alam Mayang Jadi Sasaran

Senin, 18 Juni 2018 - 20:37 WIB

Dinas Pariwisata Siak Pasang Target Rp1,2 Miliar

Minggu, 27 Mei 2018 - 13:51 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize