Ilustrasi songket Kampar. (net)

Rabu, 26 September 2018 - 22:18 WIB 17060000

Songket Kampar Jadi Primadona di Jakarta, Bagaimana Pembinaan Pengrajinnya?

Share ke BBM

RAUBOOK.COM - Dewan Kerajinan Nasioanal Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar, Riau, menampilkan produk kerajinan songket Kampar pada Pameran Kerajinan Dewan Kerajinan Nasioanl Tahun 2018 dengan nama Pameran Kriya Nusa tahun 2018.

Kain songket Kampar bahkan menjadi primadona pada ajang yang digelar setiap tahunnya tersebut.

"Kita berupaya untuk terus lebih bak lagi, dan Dekranasda Kampar telah melakukan pembinaan kepada para pengrajin di Kampar," kata Ketua Dekranasda Kampar Hj, Nur'aini Azis pada saat Pembukaan Pameran Kriya Nusa Tahun 2018 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada hari Rabu (26/9/2018).

Selain songket yang banyak diminati pengunjung, kata dia, stand juga menghadirkan kerajinan khas dari Kampar lainnya dan juga mendapat perhatian dan minat pengunjung.

Kedepan, kata dia, pihaknya akan lebih tingkatkan lagi keikut sertaan dengan produk-produk kerajinan khas Kampar lainnya tentunya dengan pembinaan.

"Mari kita bertekad untuk selalu meningkatkan kreativitas dan menyesuaikan dengan tekhnologi saat ini, karena sesuai dengan tema yang diangkat yakni meningkatkan sinergitas dan kreativitas Wirausaha Millenial," kata Nur'aini lagi.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya juga akan sampaikan terhadap program pembinaan Dekranasda Kampar pada Forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas yang diadakan bersempena Pameran Kriya Nusa ini.

Sementara itu Ketua Harian Dekranasda Kampar Syamsul Bahri dalam pernyataannya menyampaikan bahwa Dalam acara Pameran Dekranasda Nasional di Jakarta Kampar mempromosikan produk asli Kampar.

"Ini untuk memotifasi pengrajin kita yang berorientasi daerah, tak lain bukan hanya menampilkan punya kita dan mencari tau kerajinan dari daerah," kata Syamsul Bahri.

Kata dia, pihaknya sudah punya Tenun Kampar dan Batik Kampar Muara Takus produk ini terus kita sosialisasikan kepada masyarakat Kampar dan masyarakat luas.

"Namun untuk lebih efektifnya kita dapat kerjasamakan dengan pihak sekolah dan perusahaan dengan memakai Batik Kampar ini," kata Syamsul Bahri yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar.

Dengan memproduksi barang sendiri, kata dia akan ada efek untuk Kampar ini peluang yang menjanjikan dapat membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat.

Selain itu kata Syamsul ini juga akan menjadikan usaha bagi keluarga dengan membuka Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bagi masyarakat," kata Syamsul. (RB/MCR)

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Bersepeda Melintasi Sejumlah Destinasi Wisata di Riau

Jumat, 14 September 2018 - 10:31 WIB

Dari Makasar Sampai Teluk Jering

Senin, 03 September 2018 - 12:52 WIB

Ajakan Tyas Mirasih ke Pulau Cinta Kampar

Senin, 03 September 2018 - 12:07 WIB

Lewat Instagram Tyas Mirasih Promosikan Teluk Jering

Sabtu, 01 September 2018 - 10:00 WIB

Ada Artis Mau Berkunjung ke Teluk 'Jengkol' Kampar

Jumat, 31 Agustus 2018 - 09:48 WIB

Pesta Masyarakat Desa Pulau Gadang ala Zaman Kuno

Kamis, 30 Agustus 2018 - 10:05 WIB

Pertama di Kampar, Pacu Sampan Sei Tarap Berdayung

Minggu, 26 Agustus 2018 - 10:53 WIB

Pilihan Nyaman Hotel Dekat Candi Borobudur

Selasa, 07 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Unik, Festival Sampan Leper di Kuala Getek

Minggu, 29 Juli 2018 - 12:56 WIB

Haus Hiburan Saat Lebaran, Alam Mayang Jadi Sasaran

Senin, 18 Juni 2018 - 20:37 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize